Sabtu, 21/09/2024 10:10 WIB

Lakukan Ini Sebelum Hari Interview

Segera mempersiapkan diri sebaik mungkin ketika dapat panggilan untuk interview pekerjaan. Apa saja?

Merancang jawaban yang akan diberikan dari pertanyaan yang mungkin diajukan dalam interview (foto:orami)

Jakarta, Jurnas.com – Ketika dapat panggilan untuk wawancara pekerjaan dari perusahaan yang diincar, segera kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Seseorang yang telah berpengalaman sekalipun bisa alami gugup dan terbata-bata saat interview.

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan begitu diminta datang untuk melakukan interview sebuah pekerjaan yang menantang, diantaranya :

Persiapkan diri dengan matang

Malam sebelumnya, sebaiknya membaca kembali catatan-catatan yang kamu punya. Perlu juga kamu mengetahui profil perusahaan tersebut. Rancang juga jawaban yang akan kamu berikan dari pertanyaan yang mungkin akan diajukan dalam wawancara.

Pilih busana yang tepat

Pilih busana yang bersih dan sopan sesuai dengan wawancara. Siapkan semuanya di satu hari sebelumnya supaya di esok paginya kamu tak perlu terburu-buru mencocokkan pakaian. Carilah pakaian yang dapat mencerminkan dirimu sebagai seorang yang profesional. Pakaian tidak perlu yang mahal, yang penting kamu nyaman saat mengenakannya. Tidak mau kan saat interview dengan pihak perusahaan, kamu malah disibukkan dengan busanamu sendiri?

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan dalam satu tempat

Semua dokumen penting dan surat-surat yang mungkin kamu butuhkan saat wawancara, seperti CV, fotokopi KTP, ijazah, SKCK / surat kelakuan baik dan lain-lain dimasukan dalam satu map besar. Jangan lupa bawa serta alat tulis dan notes yang mungkin saja diperlukan. Jadi, jika dibutuhkan tidak panik karena tertinggal atau tercecer dalam tas. Selain itu, dokumen itu kamu serahkan dalam keadaan rapi alias lecek dan tidak sobek.

Rencanakan, mau menggunakan kendaraan apa serta rute mana

Jika kamu akan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya dipastikan mobil atau motor dalam kondisi tidak ngadat alias rusak. Cek dan pastikan rute jalan yang akan kamu ambil untuk pergi ke tempat wawancara. Berangkatlah lebih awal, supaya ada cukup waktu lebih untuk hindari keterlambatan bila ada kemacetan yang tak terduga di jalan.

Tidur yang berkualitas

Hindari bergadang agar esok hari dapat lebih segar dan siap untuk imnterview. Jika sulit tidur, tetaplah berbaring di tempat tidur dan coba menenangkan pikiran agar dapat istirahat dengan nyenyak. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas akan memudahkanmu dalam menghadapi persaingan dan tantangan dalam wawancara.

KEYWORD :

Interview Wawancara Persiapan Pekerjaan Perusahaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :