Selasa, 17/09/2024 02:19 WIB

Dalam Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Dorong TNI Bentuk Matra Angkatan Siber

Hal ini menyusul adanya peretasan di Indonesia, khususnya terkait pusat data nasional.

Ketua MPR Bambang Soesatyo membuka Sidang Tahunan MPR DPR DPD 2024.

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyatakan bahwa keamanan siber di Indonesia yang masih perlu ditingkatkan. Dia mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) membentuk matra baru, khusus membidangi keamanan siber.

Hal ini menyusul adanya peretasan di Indonesia, khususnya terkait pusat data nasional yang berdampak pada pelemahan kinerja lembaga negara.

“Ini terkait juga dengan kasus peretasan data nasional, yang mengisyaratkan urgensi ketersediaan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan siber, termasuk peraturan hukum,” kata Bamsoet saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2024.

Berdasarkan data National Cyber Security Index, Indonesia masih menempati posisi kelima di Asia Tenggara terkait keamanan siber. Padahal, dunia sudah memasuki era internet of military things/internet of battle-field things.

Di mana, dijelaskan Bamsoet, operasi militer semakin dapat dikendalikan dari jarak yang sangat jauh, dengan lebih cepat, tepat, dan akurat. Oleh karena itu, ia mendorong TNI membentuk angkat siber, sebagai matra keempat TNI.

“Untuk itu, sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber,” ucap Bamsoet.

Bamsoet meyakini, kehadiran matra Keamanan Siber akan mampu memperkuat tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

"Ini penting, mengingat posisi geopolitik Indonesia sangat rawan, lantaran berhadapan langsung dengan trisula negara persemakmuran Inggris yakni Malaysia, Singapura, dan Australia, yang tergabung dalam Five Power Defence Arrangement (FFDA) bersama Selandia Baru dan Britania Raya, dan di sisi lain, juga berada dalam arena pertarungan geopolitik Rusia, Tiongkok, dan Amerika,” pungkas Bamsoet.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

KEYWORD :

Sidang Tahunan MPR DPR RI Presiden Jokowi Joko Widodo Ketua MPR Bambang Soesatyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :