Selasa, 17/09/2024 02:14 WIB

Puan Maharani Singgung Pemilu Berkualitas di Sidang Tahunan MPR

Menurut Puan semua masyarakat memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan demokrasi yang berkualitas.

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengenakan Kebaya dengan nuansa warna Gold, dalam rangkaian Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI tahun 2024.

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR Puan Maharani menyebut pemilu berkualitas tidak hanya dilihat dari partisipasi masyarakat dalam memilih. Namun, kualitas pemilu juga harus dilihat dari kebenaran rakyat dalam memilih.

"Pemilu yang berkualitas tidak dapat hanya dilihat dari partisipasi rakyat dalam memilih. Akan tetapi harus dilihat dan dinilai juga dari Kebebasan rakyat untuk memilih," kata Puan dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2024, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2024.

"Yaitu apakah rakyat dapat memilih dengan bebas, jujur, adil, tanpa paksaan, tanpa dikendalikan, dan tanpa rasa takut," imbuhnya.

Puan mengatakan bahwa Indonesia telah memiliki pengalaman demokrasi yang Panjang, serta telah berkali-kali melaksanakan pemilu.

Dalam kesempatan itu, ia pun melontarkan pertanyaan kepada para peserta sidang, apakah pemilu tahun ini telah memenuhi syarat-syarat jujur, bebas, dan adil.

Menurut Politikus PDIP itu, semua masyarakat memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan demokrasi yang berkualitas.

"Menang kalah selalu ada dalam pemilu; Kita dituntut untuk memiliki etika politik siap kalah dan siap menang. Siap bertanding, siap juga untuk bersanding. Etika politik yang sama juga menuntut pemilu dilaksanakan dengan memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menjalankan kedaulatannya," katanya.

"Dalam Pemilu, seharusnya rakyatlah yang jadi pemenang. Sehingga berlaku adagium, suara rakyat adalah suara Tuhan (Vox Populi, Vox Dei)," imbuh Puan.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Maju yang terdiri atas Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024—2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024—2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta nota keuangannya.

 

KEYWORD :

Sidang Tahunan MPR DPR RI Presiden Jokowi Joko Widodo Ketua DPR Puan Maharani Pemilu Berkualitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :