Kamis, 03/10/2024 00:20 WIB

Jokowi Pamer Prestasi 10 Tahun, Berhasil Bangun Fondasi dan Peradaban Baru

Sampai saat ini kita telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru.

Tangkapan layar Presiden RI, Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR. (TVR Parlemen)

 

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan yang diberikan selama 10 tahun masa kepemimpinannya bersama Ma’ruf Amin.

Hal itu diutarakannya dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI yang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

“Kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini,” kata Jokowi.

Jokowi lalu menyampaikan sejumlah prestasi yang telah dilakukan oleh pemerintahannya selama 10 tahun. Salah satunya soal membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar.

“Sampai saat ini kita telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, dengan pembangunan itu, Indonesia berhasil menurun-kan biaya logistik dari sebelumnya 24 persen menjadi 14 persen di tahun 2023. Indonesia, lanjutnya, bisa meningkatkan daya saing dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024.

“Kita mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan,” tandasnya.

 

KEYWORD :

Joko Widodo Jokowi Presiden RI Sidang Tahunan MPR pembangunan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :