Selasa, 17/09/2024 00:48 WIB

Jokowi: Inflasi Terkendali di Kisaran 2-3 Persen

Inflasi juga terkendali di kisaran 2-3 persen saat banyak negara mengalami kenaikan yang luar biasa, bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 persen.

Tangkapan layar Presiden RI, Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR. (TVR Parlemen)

 

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas.

“Patut kita syukuri, alhamdulillah, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih ebih cepat, bahkan terus bertumbuh. Pertumbuhan ekonomi kita terjaga di atas 5 persen, walau banyak negara tidak tumbuh, bahkan melambat,” katanya dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR yang berlangsung di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan bahwa wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku justru mampu tumbuh di atas 6 persen dan Maluku Utara mampu tumbuh di atas 20 persen.

“Inflasi juga terkendali di kisaran 2-3 persen saat banyak negara mengalami kenaikan yang luar biasa, bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 persen,” katanya.

Dalam pidatonya, Jokowi juga menyebutkan angka kemiskinan ekstrem mampu kita turunkan dari sebelumnya 6,1 persen menjadi 0,8 persen di tahun 2024.

“Angka stunting mampu kita kurangi dari sebelumnya 37,2 persen menjadi 21,5 persen di tahun 2023. Tingkat pengangguran juga mampu kita tekan dari sebelumnya 5,7 persen menjadi 4,8 persen di tahun 2024,” katanya.

 

KEYWORD :

Joko Widodo Jokowi Presiden RI Sidang Tahunan MPR inflasi ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :