Jum'at, 13/09/2024 01:04 WIB

Langkah Jitu Atasi Gugup Jelang Interview

Langkah Jitu Atasi Gugup Jelang Interview

Langkah Jitu Atasi Gugup Jelang Interview (foto:pojoknulis)

Jakarta, Jurnas.com – Interview menjadi salah satu tahap yang harus dilalui bagi seorang pelamar pekerjaan. Di tahap fase ini sering kali pelamar mengalami kegagalan disebabkan gugup ketika di wawancara.

Jelang memasuki ruangan interview, biasanya pelamar mulai timbul rasa nervous, tak nyaman dan bahkan stres. Sebab itu, perlunya Kamu mempersiapkan diri untuk mengatasi gugup tersebut.

Cek barang yang akan dibawa

Pagi hari sebelum wawancara, sebaiknya cek barang-barang yang perlu dibawa. Jangan sampai karena malas memeriksa kembali akhirnya barang tersebut tertinggal.

Busana bersih dan rapi

Perusahaan tidak akan respek bagi calon karyawan yang tidak dapat menjaga penampilannya. Tidak perlu mengenakan pakaian dengan merk mahal, yang penting pantas dan rapi.

Wangi

Sangat dianjurkan tubuhmu wangi alias tidak bau keringat. Gunakan parfum agar wangi bisa tahan lama. Memang sih habis mandi kamu harum sabun, tapi itu tidak cukup dan mudah hilang wanginya. Semprotkan parfum secukupnya yah, jangan berlebihan!

Sarapan

Tidak asik kan saat di interview mendadak perutmu bunyi karena keroncongan. Wah, bisa menganggu sesi wawancaramu karena rasa malu dan gugup, apalagi kalu sampai masuk angin. Sebab itu, walau sedikit yang tertelan tetaplah dipaksakan untuk sarapan.

Datang lebih awal

Setelah kamu sudah selesai mempersiapkan diri tahap-tahap diatas, maka jangan menunda berangkat. Lebih baik datang lebih awal untuk antisipasi resiko terjebak kemacetan.

Keuntungan lainnya, jika kamu gugup maka dapat duduk saja di kafe dekat-dekat lokasi wawancara sambil menunggu jam wawancara dapat kamu akan lebih tenang. Terkadang menunggu di tempat yang netral bisa membuatmu merasa lebih tenang, ketimbang kalau kamu menunggu di lobby resepsionis kantor tujuan wawancara.

Cek penampilan sebelum masuk ruangan

Ingat! Kesan pertama sangat penting. Sebab itu, sebelum masuk ruangan wawancara, sebaiknya kamu cek kembali penampilan. Perhatikan dengan seksama dari pucuk rambut hingga ke ujung kaki. Pastikan tak ada noda di bajumu, juga tak ada sisa makanan atau lipstik yang masih menempel di gigi. Semprotkan kembali parfum agar tetap wangi. 

Bayangkan kesuksesan dalam karir

Yakinkan diri kalau kamu dapat melalui tahap interview dengan baik. Mendapatkan pekerjaan tersebut lalu berkarir sesuai dengan passionmu. Dengan demikian rasa percaya dirimu akan meningkat. Intinya, enyahkan segala keraguan dan pikiran negatif untuk menghilangkan rasa gugup.

Senyum manis

Berikan senyuman yang hangat kepada siapapun. Perlihatkan kesan kalau kamu seorang yang ramah, percaya diri dan bisa bekerjasama dalam pekerjaaan dengan siapapun. Selain itu, dengan tersenyum akan menghilangkan raut wajah yang kaku sehingga tidak menimbulkan prasangka jika kamu pribadi yang angkuh.

KEYWORD :

Interview Wawancara Gugup Karir Perusahaan Pekerjaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :