Selasa, 17/09/2024 00:52 WIB

Presiden Korsel Upayakan Dialog dan Jalan Penyatuan dengan Pyongyang yang Dianggap Terisolasi

Presiden Korsel Upayakan Dialog dan Jalan Penyatuan dengan Pyongyang yang Dianggap Terisolasi

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol dan istrinya Kim Keon-Hee mengibarkan bendera pada Hari Pembebasan Nasional ke-79 di Sejong Center for the Performing Arts, 15 Agustus 2024 di Seoul, Korea Selatan. Foto via REUTERS

SEOUL - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada hari Kamis menawarkan untuk membentuk badan konsultatif tingkat kerja dengan Korea Utara guna membahas cara-cara meredakan ketegangan dan melanjutkan kerja sama ekonomi. Yoon mengemukakan hal itu saat ia memaparkan visinya tentang penyatuan negara-negara tetangga.

Dalam pidato Hari Pembebasan Nasional yang menandai peringatan 79 tahun kemerdekaan dari penjajahan Jepang tahun 1910-45 setelah Perang Dunia Kedua, Yoon mengatakan ia siap untuk memulai kerja sama politik dan ekonomi jika Korea Utara "mengambil satu langkah saja" menuju denuklirisasi.

Yoon menggunakan pidato tersebut sebagai kesempatan untuk mengungkap cetak biru penyatuan dan melakukan pendekatan baru ke Pyongyang. Sebelumnya,Korsel menawarkan penyediaan pasokan bantuan untuk kerusakan akibat banjir di Korea Utara yang terisolasi yang katanya telah ditolak.

Namun, Korea yang bersatu tampaknya merupakan prospek yang jauh bagi sebagian besar orang di kedua sisi perbatasan. Hubungan antara kedua negara tetangga tersebut berada pada titik terendah dalam beberapa dekade karena Korea Utara berlomba untuk memajukan kemampuan nuklir dan misilnya. Korut juga mengambil langkah-langkah untuk memutus hubungan dengan Korea Selatan, mendefinisikannya kembali sebagai negara musuh yang terpisah dan bermusuhan.

Pada awal tahun, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut Korea Selatan sebagai "musuh utama" dan mengatakan penyatuan tidak mungkin lagi.

Yoon mengatakan peluncuran "kelompok kerja antar-Korea" dapat membantu meredakan ketegangan dan menangani berbagai masalah mulai dari kerja sama ekonomi hingga pertukaran antarmasyarakat hingga reuni keluarga yang terpisah oleh Perang Korea 1950-53.

"Kami akan memulai kerja sama politik dan ekonomi saat Korea Utara mengambil satu langkah menuju denuklirisasi," katanya dalam sebuah upacara di Seoul.

"Dialog dan kerja sama dapat menghasilkan kemajuan substantif dalam hubungan antar-Korea."

Pidato tersebut disampaikan di tengah pertikaian dengan anggota parlemen oposisi atas penunjukan Yoon atas apa yang mereka pandang sebagai mantan profesor revisionis pro-Jepang untuk mengawasi museum kemerdekaan nasional, tanda lain dari polarisasi politik dan pendapat yang terbagi atas upaya Yoon untuk meningkatkan hubungan keamanan dengan Tokyo.

Kelompok gerakan kemerdekaan utama yang selama beberapa dekade menjadi tuan rumah bersama acara tahunan Hari Pembebasan Nasional dengan pemerintah mengadakan upacara terpisah untuk pertama kalinya sebagai protes atas profesor tersebut, yang diikuti oleh anggota parlemen oposisi.

Kantor Yoon mengatakan ada "kesalahpahaman" tentang penunjukan tersebut, dan sedang mencari cara untuk menyelesaikannya.

Yoon, dalam pidatonya, juga mengemukakan gagasan tentang rencana untuk meluncurkan konferensi internasional tentang hak asasi manusia Korea Utara dan dana untuk meningkatkan kesadaran global tentang masalah tersebut, mendukung kelompok aktivis, dan memperluas akses penduduk Korea Utara ke informasi luar.

"Penting untuk membantu menyadarkan rakyat Korea Utara akan nilai kebebasan," katanya, sambil menyerukan agar kebebasan di Korea Selatan diperluas ke "kerajaan Korea Utara yang beku."

"Jika lebih banyak warga Korea Utara menyadari bahwa penyatuan melalui kebebasan adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kehidupan mereka dan yakin bahwa Republik Korea yang bersatu akan merangkul mereka, mereka akan menjadi kekuatan yang kuat dan bersahabat untuk penyatuan yang berbasis kebebasan."

KEYWORD :

Korea Selatan Presiden Yoon Kerjasama Korut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :