Selasa, 17/09/2024 01:53 WIB

Berdalih Bahas Catatan Ekonomi Harris, Konferensi Pers Trump hanya Berisi Hinaan

Berdalih Bahas Catatan Ekonomi Harris, Konferensi Pers Trump hanya Berisi Hinaan

Donald Trump menghadiri debat presiden pertama yang diselenggarakan oleh CNN di Atlanta, Georgia, AS, 27 Juni 2024. REUTERS

BEDMINSTER - Calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump berusaha mengaitkan saingannya dari Partai Demokrat Kamala Harris dengan catatan ekonomi pemerintahan Biden pada hari Kamis. Dia melakukan konferensi pers berdurasi 80 menit di klub golfnya di New Jersey, dalam upaya terbarunya untuk melemahkan momentumnya.

Diapit oleh meja-meja yang dipenuhi berbagai macam barang kebutuhan pokok, Trump menyalahkan Harris, wakil presiden AS, atas inflasi yang menyebabkan harga barang-barang kebutuhan sehari-hari naik selama masa jabatan Presiden Joe Biden.

"Harris baru saja menyatakan bahwa mengatasi inflasi akan menjadi prioritas hari pertama baginya," katanya. "Tetapi hari pertama bagi Kamala adalah 3-1/2 tahun yang lalu. Ke mana saja dia?"

Acara tersebut ditujukan untuk membedakannya dengan Harris, yang jarang menjawab pertanyaan dari wartawan sejak menggantikan Biden di puncak tiket Demokrat pada akhir Juli.

Namun konferensi pers tersebut dengan cepat mengingatkan kita pada rapat umum Trump, dengan mantan presiden tersebut melontarkan banyak klaim palsu yang sama yang biasanya ia lontarkan di jalur kampanye dan berbicara selama 45 menit sebelum menjawab pertanyaan pertamanya.

Ia menghina Harris berulang kali, dengan mengatakan bahwa Harris "tidak pintar." Ketika seorang reporter mencatat bahwa beberapa anggota Partai Republik mendesaknya untuk fokus pada kebijakan, daripada serangan pribadi, ia berkata, "Saya rasa saya berhak atas serangan pribadi." "Ia jelas menyerang saya secara pribadi," kata Trump.

Trump mencatat bahwa Harris telah memanggilnya dan pasangannya JD Vance "aneh," sebuah kritik yang disebarkan oleh calon wakil presiden dari Partai Demokrat Tim Walz. Ia juga menepis anggapan bahwa ia harus mengubah pendekatannya, dengan mengatakan kepada wartawan, "Saya harus melakukannya dengan cara saya sendiri."

Masuknya Harris ke dalam persaingan telah menggembleng Partai Demokrat, dan jajak pendapat menunjukkan bahwa ia telah menghapus keunggulan yang dinikmati Trump atas Biden.

Tim kampanye Harris mengirimkan "peringatan media" tiruan menjelang konferensi pers Trump dengan tajuk utama, "Donald Trump Akan Berbicara Tidak Jelas dan Menyebarkan Kebohongan Berbahaya di Depan Umum, tetapi di Rumah yang Berbeda," yang merujuk pada tanah miliknya di Bedminster.

Harris dijadwalkan menyampaikan pidato tentang kebijakan ekonomi pada hari Jumat di North Carolina. Bahan pokok yang digunakan Trump sebagai alat peraga termasuk merek rumah tangga seperti Wonder Bread, kue Oreo, kopi Folgers, dan sup Campbell.

Harga roti dan kopi sebenarnya telah turun selama setahun terakhir, menurut Indeks Harga Konsumen bulanan Biro Statistik Tenaga Kerja. Biaya makanan secara lebih luas sekarang mengalami tingkat inflasi yang sebanding dengan saat Trump menjadi presiden - antara nol dan 2% per tahun.

Namun, kenaikan harga yang substansial pada tahun 2022 dan 2023 telah mendorongnya sekitar 20% hingga 30% di atas level saat Trump meninggalkan jabatannya.

SEKUTU TRUMP KEMBALI BERKAMPANYE
Sebelumnya pada hari Kamis, kampanye Trump mengumumkan lima perekrutan, termasuk Corey Lewandowski, yang menjabat sebagai manajer kampanye pertama Trump selama kampanyenya yang sukses tahun 2016. Lewandowski menyuarakan kegembiraannya, dengan memposting di X: "Biarkan Trump, Jadilah Trump!"

Seorang pejabat kampanye, yang meminta identitasnya dirahasiakan untuk membahas masalah personel internal, mengatakan kampanye membutuhkan lebih banyak "tentara" di bulan-bulan terakhir pemilihan dan bahwa perekrutan tersebut tidak menunjukkan adanya perubahan yang lebih luas.

Selain Lewandowski, yang akan menjadi bagian dari tim kepemimpinan senior, perekrutan tersebut sebagian besar akan bekerja di bidang komunikasi dan respons cepat, menurut orang lain yang mengetahui operasi kampanye. Orang tersebut menambahkan bahwa kampanye tersebut sangat kekurangan staf di bidang tersebut.

Lewandowski dipaksa keluar dari pencalonan Trump tahun 2016 beberapa bulan sebelum pemilihan, meskipun Trump kemudian mengatakan bahwa ia menyesalinya. Lewandowski kemudian dipaksa keluar dari super PAC pro-Trump pada tahun 2021 setelah istri seorang donor menuduhnya melakukan pelecehan seksual yang tidak diinginkan.

Pada konferensi pers, Trump mengatakan bahwa perekrutan baru tersebut tidak menandakan adanya perubahan strategi dan memuji rekan manajer kampanyenya, Chris LaCivita dan Susie Wiles.
"Itu pertanda bahwa kami ingin mengakhirinya," katanya.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Kamala Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :