Selasa, 17/09/2024 18:18 WIB

Raih Kemenangan dalam Seminggu Serangan Rusia, Ukraina Hadapi Tantangan Pertahankan Wilayah

Raih Kemenangan dalam Seminggu Serangan Rusia, Ukraina Hadapi Tantangan Pertahankan Wilayah

Seorang prajurit Ukraina mengoperasikan tank, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, dekat perbatasan Rusia di wilayah Sumy, Ukraina 15 Agustus 2024. REUTERS

KYIV - Ukraina telah menorehkan serangkaian kemenangan lebih dari seminggu sejak mengejutkan Rusia dengan serangan lintas perbatasan kilat. Tetapi risikonya menumpuk saat pasukannya membuat rencana untuk mempertahankan wilayah dan Rusia memulihkan pijakannya.

Ukraina mengerahkan ribuan pasukan ke wilayah Rusia barat Kursk minggu lalu, menurunkan bendera Rusia di kota-kota yang direbut oleh tentaranya dan merebut inisiatif perang dari Moskow untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan.

Pada hari Rabu, pejabat di Kyiv mengatakan Ukraina akan menggunakan wilayah Rusia yang direbut sebagai "zona penyangga" untuk melindungi wilayah utaranya dari serangan Rusia.

Oleksandr Syrskyi, kepala angkatan bersenjata Ukraina, mengatakan pada hari Kamis bahwa Kyiv telah mendirikan kantor komandan militer di wilayah Kursk yang diduduki, yang menunjukkan ambisi untuk bertahan.

Wilayah yang diduduki melebihi 1.150 km persegi, kata Syrskyi.
Tujuan Ukraina di Kursk termasuk mengalihkan perhatian pasukan Rusia dari wilayah Ukraina timur Donbas, tempat Rusia telah membuat kemajuan yang stabil selama berbulan-bulan dan yang ingin direbut sepenuhnya, kata mantan menteri pertahanan Ukraina Andriy Zagorodnyuk dalam sebuah wawancara.

Namun, tidak ada tanda-tanda hal itu akan terjadi untuk saat ini. Selain pukulan reputasi bagi Presiden Vladimir Putin, invasi terbesar Rusia sejak Perang Dunia Kedua telah menghancurkan pasukan Rusia, menangkap tentara yang dapat diperdagangkan, dan menimbulkan luka di sisi Rusia, kata analis militer Polandia Konrad Muzyka.

Kementerian pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar. Kementerian pertahanan Ukraina merujuk pertanyaan kepada angkatan bersenjata, yang tidak segera menanggapi.

Pejabat Rusia mengatakan serangan Ukraina di wilayah Rusia adalah "invasi teroris" dan bahwa infrastruktur sipil menjadi sasaran, yang dibantah Ukraina.

Putin mengatakan bahwa Rusia akan memberikan "respons yang layak" terhadap serangan itu tetapi tugas segera adalah mengusir semua pasukan Ukraina dari wilayah Rusia.

Ukraina, yang belum mengatakan berapa lama mereka akan bertahan, "tidak tertarik" untuk mengambil alih tanah Rusia secara permanen, kata juru bicara kementerian luar negeri minggu ini. Putin mengatakan Ukraina menginginkan wilayah itu sebagai alat tawar-menawar dalam pembicaraan damai pada akhirnya.

Serhiy Zgurets, analis militer yang bermarkas di Kyiv, memperkirakan Ukraina akan berusaha mempertahankan kendali atas wilayah antara kota Rylsk, Korenevoye, dan Sudzha serta perbatasan, sehingga Ukraina dapat menguasai wilayah Rusia selebar sekitar 20 km.

Daerah tersebut, katanya, dapat dipertahankan oleh pasukan kecil dengan menggunakan sistem artileri jarak jauh dan pertahanan udara.

"Garis ini tidak sulit dipertahankan, mengingat hanya ada sedikit jalan dan banyak sungai," kata Zgurets, seraya menambahkan bahwa wilayah tersebut dapat dengan mudah dipasok dari wilayah Ukraina, Sumy, di seberang perbatasan.
Dia mengatakan tidak menduga pasukan akan bergerak maju ke arah ibu kota regional Rusia, Kursk, yang dapat membuat mereka rentan terhadap serangan dari sisi sayap.

Muzyka lebih berhati-hati, memperingatkan bahwa upaya untuk mempertahankan sebagian besar wilayah Rusia dapat membuat pasukan Ukraina berpotensi mengalami kerugian besar, dengan menunjuk pada masalah sumber daya manusia yang telah mengganggu Ukraina selama berbulan-bulan dalam perangnya dengan musuh yang jauh lebih besar. Serangan balasan tersebut merupakan "perjudian besar" yang dalam jangka pendek membuahkan hasil, kata Muzyka.

"Namun, mungkin akan segera tiba saatnya ketika biaya yang terkait dengan serangan di wilayah Kursk akan lebih besar daripada manfaatnya, terutama mengingat laju kemajuan Rusia yang stabil di wilayah Donetsk," katanya.

TANGGAPAN RUSIA
Setelah tanggapan yang kacau terhadap hari-hari awal serangan Ukraina yang melibatkan tank dan kendaraan lapis baja yang dipasok Barat di antara konvoi yang membawa pasukan melintasi perbatasan, Rusia akhirnya tampaknya telah memperlambat kemajuan tersebut. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pasukan telah maju beberapa kilometer pada hari Rabu.

Seorang komandan senior Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukan Ukraina telah didorong keluar dari satu desa di wilayah perbatasan Rusia tetapi pasukan Kyiv masih menyelidiki di sepanjang garis depan.

Gambar satelit dari Planet Lab dan Maxar menunjukkan beberapa parit baru yang dibangun Rusia lebih jauh dari perbatasan di wilayah Kursk. Rusia sejauh ini mengandalkan unit militer dari dekat Kursk untuk mencoba memukul mundur pasukan Ukraina, kata Pasi Paroinen, seorang analis di Black Bird Group Finlandia, yang mempelajari rekaman yang tersedia untuk umum dari perang Rusia-Ukraina.

Dengan membawa perang dengan Rusia, Zelenskiy menghadapi risiko melemahnya pertahanan Kyiv di sepanjang garis depan di Ukraina sementara Rusia telah mengirim ribuan cadangan dalam upaya untuk mengusir tentara Ukraina.

Moskow seharusnya memiliki cukup cadangan, kata Paroinen, untuk menanggapi tanpa menarik pasukan dari garis depan perang yang paling aktif di wilayah Donbas.
Rusia telah maju perlahan di sana selama berbulan-bulan, mengerahkan bom luncur dalam jumlah besar serta kelompok penyerang yang mengalami kerugian besar tetapi membuat langkah maju kecil, kata mantan menteri pertahanan Zagorodnyuk.

Jauh dari meredanya pertempuran di timur, Ukraina pada hari Kamis melaporkan pertempuran terberat dalam beberapa minggu di dekat Pokrovsk dan mengatakan tidak ada tanda-tanda tekanan militer Rusia surut di sepanjang garis depan timur di dalam perbatasannya.

Dalam pengakuan diam-diam atas meningkatnya tekanan, Zelenskiy memerintahkan komandan tertingginya pada hari Rabu untuk mengirim lebih banyak senjata ke Pokrovsk dan Toretsk, kota lain yang diperangi yang sedang diupayakan Rusia untuk direbut.

Tentara Ukraina Dmytro, 36, yang dikerahkan ke sisi Ukraina di perbatasan Sudzha selama penyerbuan itu, mengatakan bahwa ia ingin perang segera berakhir, dan ia berharap serangan terhadap Rusia akan menempatkan Ukraina pada posisi yang lebih setara dalam negosiasi apa pun.

Ia mengatakan bahwa ia memandang penyerbuan itu sebagai langkah yang diperlukan untuk menangkal serangan Rusia di wilayah Ukraina di seberang perbatasan dari wilayah Kursk, tetapi ia juga merasa tidak nyaman dengan penyerbuan wilayah asing.
"Sejujurnya, rasanya tidak menyenangkan melakukan apa yang mereka (Rusia) lakukan," katanya.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :