Selasa, 17/09/2024 02:23 WIB

Mahasiswa Bangladesh Berencana Bentuk Partai Baru untuk Cegah Pemerimtahan Otoriter Berulang

Mahasiswa Bangladesh Berencana Bentuk Partai Baru untuk Cegah Pemerimtahan Otoriter Berulang

Aktivis Gerakan Mahasiswa Antidiskriminasi berkumpul di Teacher Student Center Universitas Dhaka, di Dhaka, Bangladesh, 13 Agustus 2024. REUTERS

DHAKA - Demonstran mahasiswa yang menggulingkan Perdana Menteri Sheikh Hasina telah menolak seruan dari dua partai politik utama Bangladesh untuk pemilihan umum cepat. Mereka mempertimbangkan untuk membentuk partai mereka sendiri untuk memperkuat reformasi yang ada, menurut wawancara dengan empat pemimpin protes.

Harapan mereka: untuk menghindari terulangnya kejadian 15 tahun terakhir, di mana Hasina memerintah negara berpenduduk sekitar 170 juta jiwa itu dengan tangan besi.

Hingga bulan Juni, ketika segelintir mahasiswa – kebanyakan berusia awal hingga pertengahan 20-an – mulai mengorganisir demonstrasi menentang undang-undang yang memberikan pekerjaan pemerintah yang didambakan hanya untuk segmen populasi tertentu.

Dalam beberapa minggu, pemerintahan Hasina tersapu oleh gelombang kemarahan rakyat atas kebrutalan tindakan kerasnya terhadap pengunjuk rasa anti-kuota. Setidaknya 300 orang tewas dalam satu kali kekerasan terbesar sejak perang kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan pada tahun 1971.

Gerakan itu dipuji sebagai revolusi Gen Z, yang dipicu oleh kemarahan anak muda Bangladesh atas pertumbuhan pengangguran selama bertahun-tahun, tuduhan kleptokrasi, dan menyusutnya kebebasan sipil.

Pemerintah sementara yang dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus - yang mencakup dua pemimpin mahasiswa di posisi senior - sekarang menjalankan negara tersebut.

Selama hampir tiga dekade terakhir, Bangladesh telah diperintah oleh Liga Awami Hasina atau Partai Nasionalis Bangladesh milik saingannya Khaleda Zia, yang keduanya berusia 70-an.

Para pemimpin mahasiswa sedang mendiskusikan pembentukan partai politik untuk mengakhiri duopoli, kata Mahfuj Alam, yang mengepalai sebuah komite yang bertugas menjadi penghubung antara pemerintah dan kelompok sosial seperti guru dan aktivis.

Keputusan akan dibuat dalam waktu sekitar satu bulan, mahasiswa hukum berusia 26 tahun itu mengatakan kepada Reuters, menambahkan bahwa para pemimpin protes ingin berkonsultasi secara luas dengan para pemilih biasa sebelum memutuskan platform.

Rincian tentang rencana mahasiswa untuk masa depan politik gerakan mereka sebelumnya belum dilaporkan.

"Orang-orang benar-benar lelah dengan kedua partai politik itu. Mereka percaya pada kami," katanya, di gerbang Fakultas Seni Universitas Dhaka.

Tahmid Chowdhury, koordinator mahasiswa lain yang membantu menjatuhkan Hasina, mengatakan ada "kemungkinan besar" mereka akan membentuk partai politik. Mereka masih menyusun program, meskipun ia mengatakan program itu akan berakar pada sekularisme dan kebebasan berbicara.

"Kami tidak punya rencana lain yang dapat mematahkan biner tanpa membentuk partai," kata mahasiswa pascasarjana berusia 24 tahun di bidang agama dunia itu.

Para pemimpin mahasiswa dalam pemerintahan sementara belum menentukan kebijakan apa yang akan mereka kejar, selain perubahan kelembagaan yang menyeluruh - seperti mereformasi komisi pemilihan yang dipilih sendiri oleh Hasina - untuk menghindari periode pemerintahan otoriter lainnya.

"Semangat gerakan itu adalah untuk menciptakan Bangladesh baru, tempat tidak ada fasis atau otokrat yang dapat kembali," kata Nahid Islam, 26 tahun, seorang organisator protes utama yang duduk di kabinet Yunus. "Untuk memastikan itu, kami membutuhkan reformasi struktural, yang pasti akan memakan waktu."

Pemerintah tidak mempertimbangkan seruan dari Liga Awami dan BNP untuk mengadakan pemilihan umum baru paling cepat pada musim gugur, kata Islam, yang memegang portofolio telekomunikasi.

Perubahan rezim telah memaksa kepala hakim, gubernur bank sentral, dan kepala polisi yang mengawasi tindakan keras terhadap para mahasiswa, di antara pejabat lainnya, untuk turun jabatan. Seorang juru bicara Yunus, yang mengatakan bahwa ia tidak tertarik untuk menduduki jabatan terpilih, tidak menanggapi permintaan komentar.

Touhid Hossain, seorang diplomat karier yang menjabat sebagai menteri luar negeri de facto Yunus, mengatakan kepada Reuters bahwa para mahasiswa belum membahas rencana politik mereka dengan para teknokrat. Namun ia menambahkan: "skenario politik akan berubah karena pada dasarnya kita telah mengecualikan generasi muda dari politik."

Yunus, seorang ekonom berusia 84 tahun yang program kredit mikronya telah membantu mengangkat jutaan orang di seluruh dunia keluar dari kemiskinan, memegang otoritas moral tetapi ada keraguan atas apa yang dapat dicapai pemerintahannya. "Kita benar-benar berada di perairan yang belum dipetakan, baik secara hukum maupun politik," kata Shahdeen Malik, seorang ahli konstitusi.

"Kekuasaan pemerintahan sementara ini tidak didefinisikan karena tidak ada ketentuan konstitusional." Reuters mewawancarai lebih dari 30 orang, termasuk pemimpin mahasiswa utama, putra dan penasihat Hasina Sajeeb Wazed, politisi oposisi dan perwira militer untuk menilai Perpecahan yang terjadi setelah protes dan prospek pemerintahan baru.

Hasina, yang putranya mengatakan dia berharap untuk kembali ke Bangladesh, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

"Partai-partai politik tidak akan ke mana-mana. Anda tidak dapat menyingkirkan kami," kata Wazed kepada Reuters dari Amerika Serikat, tempat tinggalnya. "Cepat atau lambat, Liga Awami atau BNP akan kembali berkuasa. Tanpa bantuan kami, tanpa pendukung kami, Anda tidak akan dapat membawa stabilitas ke Bangladesh."

Protes-protes sebelumnya gagal setelah para pemimpinnya ditahan, tetapi kali ini demonstrasi terus berlanjut. Berharap akan ditangkap, inti dari sekitar dua lusin koordinator telah membentuk sebuah struktur yang didukung oleh lapisan-lapisan aktivis mahasiswa lainnya, kata Islam, seorang veteran protes sebelumnya.

Sementara itu, kesalahan langkah yang dilakukan Hasina memicu kemarahan publik terhadapnya.

Meskipun para mahasiswa telah melakukan protes selama lebih dari sebulan, mereka sebagian besar terbatas pada kampus-kampus universitas negeri. Kemudian, pada tanggal 14 Juli, Hasina mengadakan konferensi pers.

Setengah jam kemudian, dia setengah tersenyum menyebut para demonstran sebagai "razakars". Kata-kata yang merendahkan itu menggambarkan orang-orang yang bekerja sama dengan Pakistan selama perang tahun 1971, yang dia bandingkan dengan keturunan pejuang kemerdekaan yang seharusnya menduduki banyak jabatan di pemerintahan.

Komentar itu memicu protes massa yang marah. Di Universitas Dhaka, demonstran laki-laki bergabung dengan mahasiswi yang keluar dari lima asrama mereka, yang gerbangnya dikunci pada malam hari, kata Umama Fatema, 25 tahun, seorang koordinator mahasiswi.

Keesokan harinya, sayap mahasiswa Liga Awami bergerak untuk meredam demonstrasi dan bentrokan meletus, dengan tongkat, batang besi, dan batu sebagai senjata.

Meningkatnya kekerasan minggu itu memperluas demonstrasi dari kampus negeri ke lembaga swasta, kata Nayeem Abedin, seorang koordinator berusia 22 tahun di Universitas East-West. "Kami punya tanggung jawab untuk turun ke jalan demi saudara-saudara kami," katanya.

Mahasiswa di lembaga semacam itu biasanya berasal dari kelas menengah Bangladesh yang berkembang pesat selama pertumbuhan ekonomi yang kuat yang diawasi Hasina selama sebagian besar masa jabatannya.

"Rasanya seperti titik balik," kata Islam. "Mahasiswa universitas swasta ikut bergabung, dan tanpa diduga, begitu pula banyak orang tua." Setidaknya 114 orang tewas pada akhir minggu itu, dengan ratusan lainnya terluka. Skala tindakan keras itu bahkan mengejutkan beberapa elit Liga Awami.

"Saya juga memberi tahu ibu saya: `tidak, kita harus segera memberi tahu Liga Chhatra untuk tidak menyerang, hentikan kekerasan,`" kata Wazed, tanpa memberikan perincian lebih lanjut. "Kami menangguhkan petugas polisi yang menembaki mahasiswa."

Setidaknya dua petugas ditangguhkan pada awal Agustus setelah sebuah video yang menggambarkan pembunuhan seorang mahasiswa menjadi viral di internet. Para pemimpin mahasiswa berencana untuk mengadili polisi dan paramiliter yang dituduh melakukan pelecehan.

Pada tanggal 21 Juli, Mahkamah Agung Bangladesh, yang para hakimnya secara efektif ditunjuk oleh Hasina, memutuskan bahwa 93% pekerjaan negara harus terbuka untuk persaingan, memenuhi tuntutan utama para mahasiswa. Demonstrasi terus berkembang.

Hasina mengumumkan jam malam tanpa batas waktu pada tanggal 4 Agustus, sehari setelah setidaknya 91 orang tewas. Militer memberi tahu perdana menteri malam itu bahwa mereka tidak akan memberlakukan kuncitara.

"Panglima militer tidak menginginkan pertumpahan darah lagi," kata seorang perwira yang sedang bertugas, yang berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang berbicara kepada media. "Orang-orang dari semua lapisan masyarakat ikut bergabung." Keesokan harinya, saat massa berbaris menuju kediaman resminya, Hasina melarikan diri ke India.

KEYWORD :

Bangladesh Reformasi Mahasiswa Perdana Menteri Mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :