Selasa, 17/09/2024 02:14 WIB

Diterjang Rudal Rusia, Rumah Sakit Kyiv Batal Direnovasi karena Terindikasi Tender Curang

Diterjang Rudal Rusia, Rumah Sakit Kyiv Batal Direnovasi karena Terindikasi Tender Curang

Seorang petugas layanan darurat menggantung di atas lokasi ledakan menyusul serangan rudal Rusia di Rumah Sakit Anak Okhmatdyt, Kyiv, Ukraina 9 Juli 2024. REUTERS

KYIV - Setelah rudal Rusia menghancurkan rumah sakit anak terbesar di Ukraina bulan lalu, penggalang dana Yevhen Vember segera bertindak. Mereka mengumpulkan lebih dari $9 juta untuk perbaikan cepat. Namun, tak lama kemudian, tender untuk pekerjaan konstruksi di rumah sakit Okhmatdyt di Kyiv yang diselenggarakan oleh organisasinya dibatalkan.Laporan investigasi seorang jurnalis terkemuka menunjukkan bahwa tender tersebut telah dicurangi, yang memicu protes.

Dalam wawancara dengan Reuters, Vember membantah melakukan kesalahan. Ia mengatakan bahwa dana amal Okhmatdyt yang dipimpinnya mengadakan tender tersebut agar transparan dan telah mempekerjakan ahli hukum dan teknis dari luar untuk memeriksa dan merekomendasikan calon pemenang agar rumah sakit dapat memilihnya.

Tidak ada uang yang dikeluarkan, tetapi kejadian tersebut merupakan tanda lain dari meningkatnya intoleransi publik terhadap dugaan korupsi di Ukraina di tengah invasi Rusia yang telah berlangsung selama 30 bulan yang menguras nyawa dan sumber daya.

Hal ini juga menyoroti tingkat pengawasan yang kemungkinan akan menyertai proyek rekonstruksi yang didanai donor saat Ukraina berupaya membangun kembali dari perang.

Menteri Kesehatan Viktor Lyashko mengatakan bahwa ia telah meminta polisi untuk meninjau tender rumah sakit tersebut untuk mencari tanda-tanda aktivitas ilegal. Belum ada investigasi yang diumumkan atau tuntutan yang diajukan. Lyashko juga mengumumkan tender baru akan dilaksanakan, dan memperketat pengawasan, meskipun penundaan tersebut dapat berarti pekerjaan tidak akan selesai sebelum musim dingin.

Serangan pada 8 Juli di Okhmatdyt, yang menewaskan dua orang, mengejutkan negara itu dengan gambar anak-anak yang terluka melarikan diri dari tempat kejadian dan dokter yang berlumuran darah menggali reruntuhan.

Sumbangan mengalir dari warga Ukraina biasa dan beberapa bisnis terkemuka di negara itu, termasuk ke badan amal Vember, yang telah mengumpulkan dana penting untuk anak-anak yang rentan sejak awal perang.

Tender swasta untuk membangun kembali bangunan kecil yang rusak di rumah sakit tampak menggembirakan karena mengumumkan ke-14 perusahaan yang mengajukan penawaran, kata reporter Yuriy Nikolov, dari outlet daring Nashi Hroshi (Uang Kita), yang menyelidiki dugaan korupsi.

Namun, ia mengatakan ia khawatir ketika pemenangnya, yang diumumkan oleh rumah sakit pada 31 Juli dengan perkiraan biaya sekitar $7 juta, adalah perusahaan dengan sedikit sumber daya yang dilaporkan dan perkiraan tertinggi ketiga. Ia mengatakan ia yakin perusahaan itu dipilih daripada penawaran yang lebih layak dalam proses tertutup. Sehari kemudian, Nikolov menerbitkan sebuah cerita yang mempertanyakan tindakan tersebut. Ia tidak menuduh adanya pelanggaran pidana tertentu.

Lyashko, menteri kesehatan, mengumumkan keesokan harinya bahwa tender tersebut akan dibatalkan setelah mendapat banyak kritik dari publik, termasuk dari tokoh-tokoh berpengaruh.

"Kami akan menindaklanjuti ini dengan sangat cermat, karena ini terlihat seperti penyalahgunaan total dan menganggap orang-orang sebagai orang bodoh," tulis Ihor Lachenkov, salah satu blogger paling populer di Ukraina.

Kementerian Kesehatan telah membentuk dewan penasihat yang terdiri dari para aktivis, donatur, dan tokoh masyarakat lainnya, yang katanya akan memantau proses rekonstruksi rumah sakit. Tender baru tersebut akan diselenggarakan di bawah platform pemerintah.

"Kami tidak hanya mencegah mereka mencuri dalam satu tindakan... tetapi kami menunjukkan bahwa secara umum berbahaya untuk berperilaku seperti itu," kata Nikolov.

Vember mengatakan tentang tendernya yang gagal bahwa uang tersebut akan dicairkan hanya setelah perkiraan biaya disetujui oleh penilaian pemerintah yang komprehensif, dan bahwa pesaing lainnya telah dikesampingkan karena secara hukum dipertanyakan.

"Kami mencoba melakukan sesuatu yang baik, dan dengan cepat," katanya. "Sayangnya, hasilnya berbeda."

Vember juga mengatakan bahwa ia tidak mengantisipasi reaksi publik yang keras, dan yakin reputasi lembaga tersebut telah ternoda oleh tuduhan tidak adil yang menyentuh hati publik.

"Secara moral, saya lelah dengan cerita ini," katanya, sambil membolak-balik tumpukan dokumen tender. "Namun, tugas kita... adalah mendengarkan masyarakat, dan melakukan hal-hal sesuai tuntutan masyarakat."

Pihak berwenang telah meningkatkan upaya mereka melawan korupsi sejak invasi Rusia, persyaratan utama bagi Kyiv untuk akhirnya bergabung dengan Uni Eropa. Ukraina berada di peringkat ke-104 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi terbaru dari Transparency International.

Nikolov mengatakan "masyarakat telah menunjukkan kesiapan tempurnya" dalam hal memantau tanda-tanda potensi pelanggaran. Penyelidikannya terhadap pengadaan Kementerian Pertahanan yang digelembungkan pada Januari 2023, yang dibantah oleh para pejabat saat itu, turut menyebabkan perombakan pemerintahan oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy.

Para donor internasional juga mengamati dengan seksama ketika mereka mengirimkan miliaran dolar dolar dalam bentuk bantuan dan dana pemulihan.
Okhmatdyt terus bekerja, dengan para dokter bedah yang telah melakukan lebih dari 400 operasi selama bulan lalu, kata direktur umum rumah sakit Volodymyr Zhovnir kepada Reuters.

Berbicara di dalam gedung utama rumah sakit, yang fasadnya penuh dengan jendela yang pecah, Zhovnir merasa bangga dengan ketangguhan staf dan menggambarkan laporan Nikolov sebagai "serangan informasi" yang membahayakan upaya rekonstruksi.

Zhovnir, yang mengatakan pemenang tender dipilih berdasarkan rekomendasi dana tersebut, juga menambahkan bahwa ia dapat memasang lebih banyak pembatas di awal untuk mencegah potensi kekhawatiran dari masyarakat.
"Mungkin saya perlu bersikap jauh lebih tegas dalam hal bersikap terbuka tentang apa yang kami lakukan."

KEYWORD :

Serangan Rusia Kyiv Ukraina RS Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :