Selasa, 17/09/2024 02:05 WIB

Pemukim Yahudi Serang Warga di Tepi Barat, Rumah Dibakar dan Diancam Dibunuh

Pemukim Yahudi Serang Warga di Tepi Barat, Rumah Dibakar dan Diancam Dibunuh

Para pelayat bereaksi selama pemakaman Rashid Al-Sadeh, yang tewas dalam serangan pemukim Israel di desa Jeit, di Tepi Barat yang diduduki Israel, 16 Agustus 2024. REUTERS

TEPI BARAT - Muawiya Sedeh, seorang Seorang ayah berusia 38 tahun dengan lima anak berada di rumahnya di desa Jit, Tepi Barat, ketika rumahnya dibakar oleh sekelompok pemukim Yahudi. Beberapa bertopeng dan membawa bom molotov, yang menyerbu masuk pada Kamis malam.

Dia mengatakan bahwa dia melarikan diri bersama keluarganya hanya dalam beberapa menit. Ketika dia kembali, dia mengatakan para pemukim mengejeknya, dengan mengatakan "Kami akan kembali dan membunuhmu!" dan menyuruhnya pergi ke Yordania atau Suriah.

Penduduk setempat mengatakan lebih dari 100 orang ikut serta dalam serangan itu, banyak yang mengenakan topeng dan berpakaian hitam, dan tampak terkoordinasi dengan baik, terbagi menjadi beberapa kelompok yang bersenjatakan senjata api dan yang lainnya melemparkan batu dan bom molotov.
"Saya beruntung, itu hanya masalah beberapa menit antara hidup dan mati," kata Sedeh.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan mobil dan rumah terbakar dan layanan darurat Palestina melaporkan bahwa seorang pria berusia 22 tahun tewas oleh tembakan dari para pemukim.

Serangan Jit lebih besar dari serangan baru-baru ini oleh para pemukim Tepi Barat, tetapi bukan hal yang unik, dengan kekerasan terhadap desa-desa Palestina yang sudah meningkat karena pembangunan permukiman telah menyebar tanpa terkendali di seluruh Tepi Barat.

Sejak dimulainya perang Gaza, kekerasan meningkat lebih cepat. Antara 7 Oktober, ketika pejuang yang dipimpin Hamas menyerang Israel, dan minggu ini, badan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa OCHA mencatat sekitar 1.250 serangan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina, atau sekitar empat serangan per hari.

Dari jumlah tersebut, sekitar 120 mengakibatkan kematian atau cedera warga Palestina dan sekitar 1.000 merusak properti Palestina.

Serangan hari Kamis terjadi ketika para negosiator bertemu di Doha untuk pembicaraan terakhir yang bertujuan menghentikan pertempuran di Gaza dan mencegah ancaman perang regional yang lebih luas yang melibatkan Iran dan proksinya.

Ada kecaman keras dari politisi senior Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menjanjikan penyelidikan, Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan bahkan Bezalel Smotrich, kepala garis keras partai pro-pemukim, yang telah mengabaikan insiden semacam itu di masa lalu.

Pimpinan dua asosiasi pemukim Tepi Barat, Dewan Samaria dan Dewan Kedumim juga mengutuk serangan itu, yang, seperti Smotrich, yang menyalahkan "para penjahat", mereka sarankan dilakukan oleh kelompok-kelompok dari luar daerah itu.

"Mereka yang datang untuk menciptakan kekacauan dan kekerasan - jangan datang ke Samaria, kalian tidak diterima di sini," kata mereka, menggunakan nama Alkitab yang digunakan oleh orang Israel untuk sebagian wilayah Tepi Barat.

TANGGAPAN YANG TERLAMBAT
Jit, yang terletak di antara kota-kota titik api Nablus dan Qalqilyah, di Tepi Barat utara, belum pernah melihat serangan pemukim dalam skala yang sebanding di masa lalu, kata penduduk, tetapi mereka mengatakan ada ketegangan karena pemukiman di dekatnya telah tumbuh dan berkembang.

Warga Palestina di Tepi Barat secara teratur mengeluhkan meningkatnya kekerasan dan kekuatan serangan pemukim di wilayah Palestina seperti Huwara atau Burqa, yang telah mengalami serangan berulang kali dan ada perasaan terkejut di desa tersebut.

"Kami telah melihat serangan sebelumnya tetapi tidak dengan cara yang brutal dan terorganisasi seperti ini," kata Hassan Orman, seorang warga yang melihat serangan tersebut. "Apa yang terjadi bukanlah tentang empat atau lima pemukim yang hanya ingin melakukan serangan. Apa yang terjadi adalah sesuatu yang terorganisasi, mereka merencanakannya selama berhari-hari, mereka memiliki senjata, gas air mata, semprotan merica, pisau, semua jenis senjata."

Meskipun militer Israel mengutuk serangan tersebut, dan mengatakan telah menangkap satu orang, penduduk setempat mengatakan butuh waktu sekitar satu jam bagi pasukan keamanan pertama untuk tiba di tempat kejadian.

"Jika ada orang dari desa yang pergi ke permukiman, mereka akan sampai di sana dalam hitungan menit," kata Saddam Kahder yang berusia 40 tahun.

Warga Palestina dan kelompok hak asasi manusia secara teratur menuduh pasukan Israel hanya berdiam diri saat serangan terjadi dan bahkan ikut campur dalam serangan itu sendiri dan tindakan hukum terhadap pemukim yang melakukan kekerasan sangat jarang terjadi.

"Bagaimana mungkin geng-geng teroris ini memobilisasi 100 anggotanya ... dan menyerang sebuah desa Palestina jika mereka tidak merasa terlindungi," kata Kementerian Luar Negeri Palestina dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah laporan dari bulan Januari, Yesh Din, sebuah kelompok hak asasi manusia Israel yang memantau kekerasan pemukim, mengatakan sebuah analisis terhadap 1.664 berkas investigasi antara tahun 2005-23 menunjukkan hampir 94% ditutup tanpa dakwaan.

Namun karena tekanan global telah meningkat terhadap Israel atas perang Gaza, kini diBulan ke-11, kesabaran sekutu Israel, termasuk Amerika Serikat, semakin terkuras oleh berbagai insiden yang menimbulkan kemarahan mendalam di negara asal mereka.

Banyak pihak, termasuk Amerika Serikat, telah mulai menjatuhkan sanksi kepada individu dan menghadapi tekanan untuk berbuat lebih banyak dan mengekang perluasan permukiman di tanah yang diinginkan Palestina sebagai inti negara merdeka di masa depan, bagian penting dari solusi dua negara yang didukung oleh negara-negara Barat.

Sebagian besar negara menganggap permukiman, yang dibangun di tanah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967, sebagai ilegal.

Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy dan mitranya dari Prancis Stephane Sejourne, yang berbicara dengan mitranya dari Israel selama kunjungan bersama ke Yerusalem pada hari Jumat, keduanya mengutuk serangan tersebut.

"Perdana Menteri Netanyahu telah mengatakan akan ada penyelidikan cepat. Saya berharap penyelidikan itu dapat memastikan bahwa mereka yang terlibat dalam kekerasan pemukim ini selama 24 jam terakhir diadili," kata Lammy.

KEYWORD :

Israel Palestina Tepi Barat Serangan Pemukim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :