Senin, 16/09/2024 15:47 WIB

Perundingan Gencatan Senjata Gaza Dihentikan Sementara dan Dimulai Lagi Pekan Depan

Perundingan Gencatan Senjata Gaza Dihentikan Sementara dan Dimulai Lagi Pekan Depan

Asap mengepul menyusul serangan Israel terhadap sebuah bangunan tempat tinggal, di Khan Younis, di Jalur Gaza selatan, 16 Agustus 2024. REUTERS

DOHA - Perundingan gencatan senjata Gaza di Doha dihentikan sementara pada hari Jumat dengan para negosiator akan bertemu lagi minggu depan. Mereka akan mencari kesepakatan guna mengakhiri pertempuran antara Israel dan Hamas dan membebaskan para sandera yang tersisa, karena Presiden AS Joe Biden mengatakan "kita belum sampai di sana".

Dalam pernyataan bersama, AS, Qatar, dan Mesir mengatakan Washington telah mengajukan proposal baru yang didasarkan pada poin-poin kesepakatan selama seminggu terakhir, menutup kesenjangan dengan cara yang dapat memungkinkan implementasi kesepakatan yang cepat.

Para mediator akan terus mengerjakan proposal tersebut, kata mereka.
"Jalan menuju hasil itu kini telah ditetapkan, menyelamatkan nyawa, membawa kelegaan bagi rakyat Gaza, dan meredakan ketegangan regional," kata mereka dalam pernyataan tersebut.

Pada hari Kamis, Israel dan para mediator memulai putaran terakhir dalam pembicaraan selama berbulan-bulan untuk mengakhiri perang di Gaza, yang telah menewaskan puluhan ribu warga Palestina. Kelompok militan Palestina Hamas tidak terlibat langsung tetapi terus diberi pengarahan tentang pembicaraan tersebut.

Seorang pejabat senior Hamas, Izzat al-Rishq, mengatakan kepada Reuters bahwa Israel "tidak mematuhi apa yang disepakati" dalam pembicaraan sebelumnya, mengutip apa yang telah dikatakan para mediator kepada mereka.

BIDEN MENGATAKAN KESEPAKATAN `JAUH, JAUH LEBIH DEKAT`
Di Washington, Biden mengatakan bahwa kesepakatan itu "jauh, jauh lebih dekat" daripada sebelum pembicaraan dimulai.

Seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan bahwa negosiasi terbaru adalah yang paling produktif dalam beberapa bulan, dan para negosiator akan berkumpul kembali minggu depan di Kairo dengan harapan untuk menyelesaikannya.

"Semua peserta sepakat selama 48 jam terakhir bahwa benar-benar ada semangat baru di sini untuk mendorongnya menuju kesimpulan," kata pejabat itu kepada wartawan dengan syarat anonim.

"Tim Israel yang ada di sini diberi wewenang...Kami membuat banyak kemajuan dalam sejumlah isu yang telah kami tangani," kata pejabat itu.

Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia telah mengarahkan tim negosiasinya untuk mengajukan proposal penghubung komprehensif yang diajukan pada hari Jumat, yang katanya menawarkan dasar untuk kesepakatan akhir tentang gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera.

Presiden AS mengatakan ia berbicara dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang katanya menyatakan dukungan kuat terhadap proposal AS.

Tim akan tetap berada di lapangan untuk melanjutkan pekerjaan teknis dan pejabat senior akan bertemu di Kairo "sebelum akhir minggu," katanya.

Biden menambahkan bahwa ia akan mengirim Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Israel untuk menegaskan kembali komitmen AS terhadap Israel dan "untuk menggarisbawahi bahwa dengan gencatan senjata komprehensif dan kesepakatan pembebasan sandera yang kini sudah di depan mata, tidak seorang pun di kawasan itu boleh mengambil tindakan untuk merusak proses ini."

Pada Jumat malam, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa ia optimis tentang prospek kesepakatan gencatan senjata tetapi memperingatkan bahwa itu "masih jauh dari selesai."

Ketika ditanya kapan gencatan senjata akan dimulai jika kesepakatan tercapai, Biden berkata: "Itu masih harus dilihat." Item 1 dari 7 Asap mengepul menyusul serangan Israel terhadap sebuah bangunan tempat tinggal, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di Khan Younis, di Jalur Gaza selatan, 16 Agustus 2024. REUTERS/Hatem Khaled

Israel bersikeras bahwa perdamaian hanya akan mungkin terjadi jika Hamas dihancurkan. Sementara Hamas mengatakan hanya akan menerima gencatan senjata permanen, bukan gencatan senjata sementara.

Kesulitan lain termasuk urutan kesepakatan, jumlah dan identitas tahanan Palestina yang akan dibebaskan bersama sandera Israel, kendali atas perbatasan Gaza-Mesir, dan kebebasan bergerak bagi warga Palestina di dalam Gaza.

Seorang pejabat Israel mengatakan delegasinya di Doha sedang dalam perjalanan pulang dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diperkirakan akan bertemu Blinken pada hari Senin.

Pada hari Jumat, pasukan Israel menggempur target-target di Gaza yang kecil dan padat serta mengeluarkan perintah baru bagi orang-orang untuk meninggalkan area yang sebelumnya ditetapkan sebagai zona aman sipil, dengan mengatakan Hamas telah menggunakannya untuk menembakkan mortir dan roket ke Israel.

Ketika ratusan keluarga melarikan diri dengan barang-barang yang diselamatkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan jeda selama seminggu dalam memperjuangkan kampanye vaksinasi polio dengan penyakit yang menyebar di antara para pengungsi.
Kementerian kesehatan Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mendeteksi kasus polio pertama yang dikonfirmasi di Jalur Gaza.

Permusuhan terbaru dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun dipicu pada tanggal 7 Oktober ketika Hamas menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Kampanye militer Israel berikutnya telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, menurut otoritas kesehatan Palestina. Kampanye ini juga telah mengungsikan hampir seluruh populasi yang berjumlah 2,3 juta orang, menyebabkan krisis kelaparan, dan menyebabkan tuduhan genosida di Pengadilan Dunia yang dibantah Israel.

Israel mengatakan telah melenyapkan 17.000 pejuang dari Hamas sambil juga menambahkan bahwa kelompok tersebut menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

KEKHAWATIRAN DAERAH

Delegasi Israel termasuk kepala mata-mata David Barnea, kepala dinas keamanan dalam negeri Ronen Bar, dan kepala sandera militer Nitzan Alon, kata pejabat pertahanan.

Gedung Putih mengirim Direktur CIA Bill Burns dan utusan AS untuk Timur Tengah Brett McGurk. Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel juga turut ambil bagian.

Washington berharap perjanjian gencatan senjata di Gaza dapat meredakan risiko perang yang lebih luas. Iran mengancam akan membalas Israel setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli.

AS telah mengirim kapal perang, kapal selam, dan pesawat tempur ke wilayah tersebut untuk membela Israel dan mencegah penyerang potensial.

Ketika ditanya pada hari Jumat apakah Iran akan terus menunda pembalasan terhadap Israel sekarang setelah perundingan gencatan senjata diperpanjang, misi Iran untuk PBB di New York mengatakan, "Kami berharap demikian."

Pejabat senior pemerintahan Biden mengatakan Washington memperingatkan Teheran tentang melakukan serangan rudal besar-besaran terhadap Israel, "karena konsekuensinya bisa sangat dahsyat, terutama bagi Iran."

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :