Minggu, 29/09/2024 06:29 WIB

Riyanta Harap Pemindahan Ibu Kota Negara Sesuai Rencana

Penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh Indonesia.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI-P, Riyanta. Foto: dok jurnas

JAKARTA, Jurnas.com - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI-P, Riyanta berharap pemindahan Ibu Kota Negara sesuai rencana karena itu sudah merupakan keputusan politik yang melibatkan antara DPR dan pemerintah.

Demiikian menurut Riyanta usai mengikuti Sidang Bersama DPR-DPD RI,di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

“Penting bagi semua pihak untuk bersinergi dan memastikan bahwa proses pemindahan dan pembangunan ibukota baru ini dapat berjalan sesuai rencana. Hal ini penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh Indonesia,” kata Ryanta melalui keterangan resminya, Minggu (18/8/2024).

Riyanta menjelaskan, DPR RI juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas berbagai prestasi dalam pembangunan infrastruktur, seperti bendungan dan jalan, yang bertujuan meningkatkan kedaulatan pangan dan infrastruktur nasional.

“Kami berharap Presiden terpilih Prabowo Subianto akan melanjutkan dan mengoptimalkan inisiatif-inisiatif yang telah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi,” ungkap Riyanta.

Dalam kesempatan tersebut, Riyanta juga menyoroti persoalan mafia tanah yang hingga kini belum tuntas  Dirinya menegaskan perlunya penanganan tegas terhadap mafia tanah.

“Negara harus hadir untuk melawan praktik kejahatan dan penipuan di sektor ini. Regulasi yang ada perlu diperbaiki untuk menghilangkan tumpang tindih dan menciptakan kepastian hukum yang lebih baik,” tegasnya.

Dirinya mencontohkan persoalan tanah yang terjadi di  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dimana ada tantangan yang cukup signifikan terkait masalah pertanahan, dimana sejumlah warga yang kesulitan memperpanjang Hak Guna Bangunan (HGB).

“Masalah tanah Kesultanan dan perpanjangan HGB yang belum diselesaikan memerlukan klarifikasi dari pihak BPN. Penyelesaian isu ini penting untuk memastikan kepastian hukum bagi masyarakat,” ujarnya.

KEYWORD :

Riyanta Ibu Kota Negarq IKN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :