Senin, 16/09/2024 15:53 WIB

Aktor Kebanggaan Prancis Alain Delon Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Aktor Kebanggaan Prancis Alain Delon Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Alain Delon pada tahun 1970. Aktor Kebanggaan Prancis Alain Delon Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun (FOTO: GETTY IMAGE)

JAKARTA - Aktor Prancis Alain Delon, yang dipandang sebagai pria pujaan hati oleh banyak orang dan seorang chauvinis oleh sebagian lainnya, meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Aktor film yang dikenal karena peran utama dalam film klasik seperti Purple Noon (1960) dan Le Samourai (1967), meninggal dunia pada Minggu pagi (18/8/2024), anak-anaknya mengatakan kepada media Prancis.

"Alain Fabien, Anouchka, Anthony, dan juga (anjingnya) Loubo, sangat sedih mengumumkan meninggalnya ayah mereka. Ia meninggal dengan tenang di rumahnya di Douchy, dikelilingi oleh ketiga anaknya dan keluarganya," demikian pernyataan keluarganya kepada kantor berita AFP, merujuk pada kota di Prancis utara-tengah tempat ia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron merupakan salah satu pihak yang memberikan penghormatan kepada mendiang aktor tersebut, dan menyebutnya bukan sekadar aktor legendaris, melainkan sebuah “monumen”.

"Alain Delon memainkan peran legendaris dan membuat dunia bermimpi. Meminjamkan wajahnya yang tak terlupakan untuk mengubah hidup kita," tulis Emmanuel Macron di X.

“Melankolis, populer, tertutup, dia lebih dari sekadar bintang: dia adalah monumen Prancis.”

Alain Delon menderita stroke pada tahun 2019.

Awal tahun ini, putranya Anthony mengatakan ayahnya telah didiagnosis menderita limfoma sel B, sejenis kanker.

Kesehatan mantan aktor yang menurun menjadi penyebab pertikaian keluarga di depan publik selama berbulan-bulan.

Meski jarang muncul di layar pada tahun 1990-an, Alain Delon menjadi berita utama pada tahun 2023 ketika ketiga anaknya mengajukan pengaduan terhadap asistennya, Hiromi Rollin, menuduhnya melakukan pelecehan dan perilaku mengancam.

Sebelum Alain Delon terserang stroke yang melemahkan, ia membuat penampilan publik besar terakhirnya di karpet merah untuk menerima penghargaan Palme d`Or kehormatan di Festival Film Cannes pada bulan Mei 2019.

"Ini semacam penghormatan anumerta, tapi dari masa hidup saya," katanya saat menerima penghargaan tersebut.

Dukungan sayap kanan

Penampilan fisik Alain Delon merupakan aset terbesarnya bagi para pembuat film pada tahun 1960-an dan 70-an, di puncak kariernya.

Ia menetapkan pola untuk salah satu kiasan favorit Hollywood – pembunuh bayaran yang misterius dan cerdas – dengan penampilannya sebagai pembunuh diam-diam dalam film Le Samourai karya Jean-Pierre Melville.

Sutradara dari Martin Scorsese dan Quentin Tarantino hingga John Woo dari Hong Kong semuanya memuji aktor tersebut, meskipun mantan aktor Prancis itu tidak pernah sukses besar di Hollywood.

Dan meskipun ia dikagumi banyak orang, ia juga menghadapi banyak kritik.

Ia mendukung politikus yang memecah belah Jean-Marie Le Pen, pemimpin Front Nasional sayap kanan (yang kemudian berganti nama menjadi National Rally), yang menganjurkan hukuman mati dan menentang homoseksualitas.

Ia juga menghadapi kontroversi atas hubungannya dengan wanita, sebelumnya putra-putranya menuduhnya melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

Orang yang menyebut dirinya sebagai penganut sayap kanan ini juga diejek karena egonya, di mana ia sering berbicara sebagai orang ketiga.

Pada acara gala penghormatan kepada Delon di Cannes tahun 2019, ia membuat pernyataan yang merangkum prestasinya.

“Satu hal yang saya yakini adalah jika ada sesuatu yang membuat saya bangga, sungguh, satu-satunya hal, itu adalah karier saya,” katanya. (*)

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis Alain Delon Prancis meninggal dunia Emmanuel Macron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :