Senin, 16/09/2024 15:46 WIB

Blinken Tiba di Timur Tengah untuk Upayakan Pembicaraan Gencatan Senjata di Gaza

Blinken Tiba di Timur Tengah untuk Upayakan Pembicaraan Gencatan Senjata di Gaza

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melambaikan tangan saat turun dari pesawatnya, di Tel Aviv, Israel, 18 Agustus 2024. REUTERS

TEL AVIV - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Tel Aviv pada hari Minggu dalam lawatan ke Timur Tengah lainnya untuk mendorong gencatan senjata di Gaza. Tetapi Hamas meragukan misi tersebut beberapa jam setelah ia mendarat dengan menuduh Israel merusak upayanya.

Kelompok militan Palestina tersebut mengatakan bahwa mereka menganggap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertanggung jawab atas "menggagalkan upaya mediator", menunda kesepakatan, dan mengekspos sandera Israel di Gaza terhadap agresi yang sama yang dihadapi oleh warga Palestina.

Dalam lawatannya yang kesembilan ke wilayah tersebut sejak perang dimulai pada bulan Oktober, Blinken akan bertemu pada hari Senin dengan para pemimpin senior Israel termasuk Netanyahu, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri.

Setelah Israel, Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Mesir. Pembicaraan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pemulangan sandera yang ditawan di Gaza kini berada pada "titik kritis", kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden kepada wartawan dalam perjalanan ke Tel Aviv. "Kami pikir ini adalah saat yang kritis," kata pejabat itu.

Negara-negara yang menjadi penengah - Qatar, Amerika Serikat, dan Mesir - sejauh ini gagal mempersempit perbedaan yang cukup untuk mencapai kesepakatan dalam negosiasi yang berlangsung selama berbulan-bulan, dan kekerasan terus berlanjut di Gaza pada hari Minggu.

Serangan Israel menewaskan sedikitnya 21 orang di Gaza pada hari Minggu, kata otoritas kesehatan Palestina, termasuk enam anak dan ibu mereka dalam serangan udara di sebuah rumah di pusat kota Deir Al-Balah. Yang termuda berusia 18 bulan, kata kakek mereka Mohammed Khattab kepada Reuters saat kerabat kemudian berkumpul di sekitar jenazah, yang dibungkus kain kafan putih.

"Apa kejahatan mereka? ... Apakah mereka membunuh seorang Yahudi? Apakah mereka menembak orang Yahudi? Apakah mereka meluncurkan roket ke orang Yahudi? ... Apa yang mereka lakukan hingga pantas menerima ini?" tanya Khattab. Tidak ada komentar langsung dari militer Israel. Israel membantah telah menargetkan warga sipil saat memburu militan Hamas, menuduh kelompok itu beroperasi dari fasilitas sipil termasuk sekolah dan rumah sakit. Hamas membantahnya.

Militer Israel mengatakan telah menghancurkan peluncur roket yang digunakan untuk menyerang Israel dari kota Khan Younis di Gaza selatan, tempat pertempuran sengit dalam beberapa minggu terakhir, dan menewaskan 20 militan Palestina.

Di Tepi Barat yang diduduki, tempat kekerasan meningkat sejak perang di Gaza meletus pada Oktober tahun lalu, seorang pria Israel meninggal karena luka yang dideritanya dalam sebuah serangan, menurut juru bicara rumah sakit.

MENUTUP KESENJANGAN
Pembicaraan menuju gencatan senjata akan dilanjutkan minggu ini di Kairo, setelah pertemuan dua hari di Doha minggu lalu. Blinken akan mencoba mengamankan terobosan setelah AS mengajukan proposal penjembatan yang diyakini negara-negara penengah akan menutup celah antara pihak-pihak yang bertikai.

Perang meletus pada 7 Oktober ketika militan Hamas mengamuk di Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Kampanye militer Israel berikutnya telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, menurut otoritas kesehatan Palestina, dan menghancurkan sebagian besar Gaza menjadi puing-puing. Israel mengatakan telah menewaskan 17.000 pejuang Hamas.

Ada peningkatan urgensi untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di tengah kekhawatiran eskalasi di seluruh wilayah yang lebih luas. Iran telah mengancam akan membalas terhadap Israel setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli.

Israel tetap berkomitmen teguh pada prinsip-prinsip yang ditetapkan untuk keamanannya dalam garis besar proposal 27 Mei, kantor Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan kabinet. "Saya ingin menekankan: Kami sedang melakukan negosiasi dan bukan skenario di mana kami hanya memberi dan memberi," kata Netanyahu dalam pertemuan tersebut.

"Ada hal-hal yang dapat kami fleksibelkan dan... hal-hal yang tidak dapat kami fleksibelkan, yang akan kami tegaskan." Kantor Netanyahu mengatakan bahwa ia masih bersikeras agar pasukan Israel tetap berada di jalur perbatasan yang membentang antara Gaza dan Mesir yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia, untuk mencegah penyelundupan senjata ke Gaza.

Kantor tersebut mengatakan bahwa Netanyahu akan terus berupaya untuk memajukan kesepakatan yang memaksimalkan jumlah sandera yang masih hidup yang dibebaskan dan memungkinkan tujuan perang Israel tercapai, termasuk tidak mengizinkan Hamas mempertahankan kendali atas Gaza.

Hamas mengatakan bahwa komentar optimistis AS tersebut "menipu" dan menuduh Netanyahu membuat persyaratan baru dalam upaya untuk "menghancurkan" negosiasi tersebut.

Ketidaksepakatan tersebut mencakup apakah pasukan Israel harus tetap berada di Gaza setelah pertempuran berakhir, terutama di sepanjang perbatasan dengan Mesir, dan mengenai pemeriksaan terhadap orang-orang yang masuk ke Gaza utara dari selatan yang menurut Israel diperlukan untuk menghentikan militan bersenjata. Hamas telah mendorong kesepakatan gencatan senjata untuk mengakhiri perang, sementara Israel belum bersedia menyetujui untuk melakukan lebih dari sekadar jeda sementara dalam pertempuran.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :