Senin, 16/09/2024 15:23 WIB

Harris Memimpin, Partai Demokrat Berubah Drastis dan Miliki Harapan Baru

Harris Memimpin, Partai Demokrat Berubah Drastis dan Miliki Harapan Baru

Wakil Presiden Kamala Harris berbicara di markas besar Kampanye Kepresidenannya di Wilmington, DE, AS, 22 Juli 2024. Foto via REUTERS

WASHINGTON - Dalam lima minggu sejak Presiden AS Joe Biden meninggalkan upayanya untuk terpilih kembali, peruntungan Partai Demokrat telah berubah secara dramatis, dan minggu ini perubahan tersebut akan terlihat sepenuhnya.

Wakil Presiden Kamala Harris, yang sekarang menjadi kandidat partai, menuju Konvensi Nasional Demokrat dengan penuh semangat: kampanyenya telah memecahkan rekor pengumpulan dana, memenuhi arena dengan pendukung, dan mengubah jajak pendapat di beberapa negara bagian medan pertempuran untuk mendukung Demokrat.

Harris dan pasangannya, Gubernur Minnesota Tim Walz - telah mengubah "kegembiraan" menjadi kata kunci kampanye, pengingat singkat tentang keputusasaan yang dirasakan partai beberapa minggu lalu. Keduanya secara terbuka menerima pencalonan partai mereka di konvensi di Chicago yang dimulai pada hari Senin.

"Ini merupakan transformasi bersejarah," kata Joseph Foster, mantan ketua Partai Demokrat berusia 71 tahun di pinggiran kota Philadelphia yang tetap aktif di partai tersebut. "Orang-orang bersemangat, orang-orang muda terlibat. Saya belum pernah melihat yang seperti ini."

Dengan waktu kurang dari 80 hari menjelang Hari Pemilihan, partai tersebut berharap untuk memanfaatkan gelombang antusiasme itu menuju kemenangan.
Itu akan menjadikan Harris, orang kulit hitam dan orang keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai wakil presiden, presiden wanita pertama di negara itu.

Namun, para pencatat jajak pendapat dan ahli strategi dari kedua partai besar memperingatkan bahwa "rasa gembira" dari lonjakan awal Harris akan memudar, meninggalkan perpecahan yang membara di antara Demokrat pada isu-isu seperti ekonomi dan perang Israel-Hamas bersama dengan pertempuran sengit melawan kandidat Republik Donald Trump.

Kisah pribadi Harris yang bersejarah "indah dan bagus, tetapi isu-isu itulah yang pada akhirnya akan menentukan pemilihan ini. Isu-isu tersebut meliputi inflasi, keamanan, kepemimpinan, dan panggung dunia," menurut pencatat jajak pendapat Republik Adam Geller.

Harris menyampaikan pidato pertamanya yang berfokus pada ekonomi pada hari Jumat dan memaparkan proposal untuk memangkas pajak bagi sebagian besar warga Amerika, melarang "peningkatan harga" oleh pedagang grosir, dan meningkatkan perumahan yang terjangkau, yang merupakan bentuk dukungan awal bagi kubu progresif partai tersebut.

Dia akan menghadapi tekanan publik yang meningkat untuk memberikan lebih banyak rincian tentang kebijakan dalam beberapa minggu mendatang. Para ajudannya telah mengisyaratkan bahwa dia tidak mungkin memberikan banyak hal spesifik di beberapa bidang seperti energi untuk menghindari keterasingan dari kubu moderat dan progresif di partainya.

Harris mungkin juga harus mengatasi pertikaian internal partai mengenai dukungan AS untuk perang Israel melawan Hamas dan perpecahan yang sudah biasa terjadi antara kaum progresif dan moderat pada sejumlah pertanyaan kebijakan seperti energi, perawatan kesehatan, dan imigrasi.

Sekitar 200 organisasi keadilan sosial berencana untuk berbaris di Konvensi Nasional Demokrat pada hari Senin untuk memprotes dukungan berkelanjutan pemerintahan Biden terhadap Israel dalam perang yang telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina di Gaza.

PETA BARU MENUJU KEMENANGAN
Harris, yang akan berpidato di konvensi pada hari Kamis, memasuki minggu perayaan yang didorong oleh serangkaian jajak pendapat yang menunjukkan bahwa ia telah menggambar ulang peta elektoral yang sangat menguntungkan Trump pada minggu-minggu terakhir pencalonan Biden.

Harris unggul atau imbang dengan Trump di enam dari tujuh negara bagian yang diperkirakan akan menentukan hasil pemilu pada tanggal 5 November, menurut laporan terbaru yang dikeluarkan pada hari Rabu dari Cook Political Report yang nonpartisan.

Pemantau pemilu mengalihkan peringkatnya untuk negara bagian Arizona, Georgia, dan Nevada ke Harris setelah mengubah ketiga negara bagian menjadi "cenderung Republik" pada awal Juli ketika Biden masih menjadi kandidat Demokrat.

"Saya pikir yang kita miliki adalah perlombaan ulang di mana kandidat Demokrat sekarang telah menghidupkan kembali, atau setidaknya menyusun kembali, koalisi Biden 2020, tidak sepenuhnya, tetapi jauh lebih terpadu daripada saat Biden berada di puncak," kata Amy Walter, editor Cook, dalam panggilan telepon yang merinci temuan jajak pendapat tersebut.

Biden memenangkan Gedung Putih pada tahun 2020 dengan dukungan kuat dari pemilih kulit hitam, Hispanik, dan muda Amerika, tetapi antusiasme mereka terhadapnya kali ini jauh lebih rendah.

Ia akhirnya mengundurkan diri pada tanggal 21 Juli, di bawah tekanan dari sekutu lama dan pemimpin senior Demokrat di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang ketajaman mentalnya dan peluang untuk mengalahkan Trump.

Biden mendukung Harris dan ia dengan cepat memenangkan dukungan partai. Perubahan tersebut dengan cepat membingkai ulang perlombaan, memberikan dorongan bagi Demokrat dan memaksa tim kampanye Trump untuk bergegas mencari rencana pertempuran baru.

Sebuah jajak pendapat Universitas Monmouth yang dirilis pada hari Rabu menemukan lonjakan antusiasme yang substansial di antara pemilih Demokrat terdaftar dan lonjakan yang cukup besar di antara pemilih independen. Pada bulan Juni, hanya 46% dari Demokrat terdaftar yang mengatakan bahwa mereka bersemangat tentang pertandingan ulang Biden-Trump -- angka tersebut melonjak menjadi 85% dalam survei Monmouth terbaru yang dilakukan awal bulan ini.

Lonjakan antusiasme di kalangan independen meningkat dari 34% pada bulan Juni menjadi 53% dalam jajak pendapat terbaru.

Namun, Walter mengatakan kekhawatiran atas imigrasi dan ekonomi membantu Trump kali ini setelah ia kalah dalam pemilihan presiden melawan Biden pada tahun 2020.
"Ini seperti lemparan koin," katanya tentang persaingan antara Harris dan Trump.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Gantikan Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :