Selasa, 17/09/2024 18:14 WIB

Rusia Bantah Laporan tentang Pembicaraan Tidak Langsung dengan Ukrainan soal Serangan

Rusia Bantah Laporan tentang Pembicaraan Tidak Langsung dengan Ukrainan soal Serangan

Sebuah kawah besar bekas serangan di luar Kyiv, 18 Agustus 2024. REUTERS

MOSKOW - Rusia pada hari Minggu membantah laporan bahwa serangan Ukraina di wilayah Kursk telah menggagalkan pembicaraan tidak langsung dengan Kyiv untuk menghentikan serangan terhadap target energi dan listrik. Rusia mengatakan tidak ada pembicaraan dengan Kyiv tentang fasilitas infrastruktur sipil.

The Washington Post melaporkan pada hari Sabtu, bahwa Ukraina dan Rusia akan mengirim delegasi ke Qatar bulan ini untuk merundingkan perjanjian penting yang menghentikan serangan terhadap infrastruktur energi dan listrik di kedua pihak yang bertikai.

The Post mengatakan perjanjian itu akan menjadi gencatan senjata sebagian tetapi pembicaraan itu digagalkan karena serangan Ukraina terhadap wilayah kedaulatan Rusia.

"Tidak ada yang membatalkan apa pun karena tidak ada yang perlu dibatalkan," kata Maria Zakharova, juru bicara kementerian luar negeri Rusia, tentang laporan Post.

"Tidak ada negosiasi langsung atau tidak langsung antara Rusia dan rezim Kyiv mengenai keselamatan fasilitas infrastruktur penting sipil."

Pemerintah Ukraina tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters. The Post melaporkan bahwa kantor kepresidenan Ukraina mengatakan bahwa pertemuan puncak di Doha telah ditunda karena situasi di Timur Tengah dan akan berlangsung dalam format konferensi video pada 22 Agustus.

Rusia dan Ukraina sama-sama menuduh satu sama lain menyerang infrastruktur sipil dalam perang tersebut. Keduanya membantah telah melakukannya.

Zakharova kemudian mengutip Presiden Vladimir Putin yang pada 12 Agustus mempertanyakan pembicaraan apa yang mungkin dilakukan dengan Ukraina setelah serangan daratnya terhadap Rusia, dan apa yang dikatakannya sebagai serangan terhadap infrastruktur sipil Rusia.

"Tidak ada yang perlu dibicarakan dengan orang-orang yang melakukan hal-hal seperti itu," kata Zakharova.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022 dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" dan sekarang menguasai sekitar 18 persen wilayah negara itu. Serangan lintas batas Ukraina ke wilayah Kursk pada 6 Agustus adalah serangan militer pertama ke wilayah Rusia sejak Perang Dunia Kedua.

KEYWORD :

Serangan Balasan Rusia Ukraina Infrastruktur Energi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :