Senin, 16/09/2024 15:22 WIB

Demokrat Waspadai Kehadiran Kelompok pro-Palestina yang Tuntut Embargo Senjata dalam Konvensi

Demokrat Waspadai Kehadiran Kelompok pro-Palestina yang Tuntut Embargo Senjata dalam Konvensi

Kelompok pro-Palestina berunjuk rasa di Chicago, 18 Agustus 2024. REUTERS

CHICAGO - Puluhan delegasi Muslim dan sekutu mereka, yang marah atas dukungan AS terhadap serangan Israel di Gaza, tengah mencari perubahan dalam platform Demokrat dan berencana untuk menekan embargo senjata minggu ini. Hal itu membuat partai waspada terhadap gangguan terhadap pidato-pidato penting di konvensi nasionalnya di Chicago.

Kelompok pro-Palestina yang menyebut dirinya "Delegasi Melawan Genosida" itu mengatakan akan menggunakan hak kebebasan berbicara selama acara utama di Konvensi Nasional Demokrat selama empat hari yang diselenggarakan pada hari Senin untuk secara resmi mencalonkan Wakil Presiden Kamala Harris sebagai presiden dalam pemilihan umum 5 November melawan mantan Presiden Republik Donald Trump.

Penyelenggara kelompok menolak memberikan rincian, tetapi mengatakan mereka mendorong para pendukung untuk mengenakan keffiyeh Palestina, atau syal, dan membawa bendera Palestina, dan akan mencari perubahan dalam platform partai, sambil mendesak para delegasi untuk berbicara di lantai konvensi.

Presiden Joe Biden akan berpidato pada hari Senin dan Harris pada hari Kamis.
Delegasi pro-Palestina mengatakan mereka layak mendapatkan peran yang lebih besar dalam penulisan platform partai.

Kelompok tersebut ingin memasukkan bahasa yang mendukung penegakan hukum yang melarang pemberian bantuan militer kepada individu atau pasukan keamanan yang melakukan pelanggaran berat hak asasi manusia.

"Kami akan menyuarakan aspirasi kami," kata Liano Sharon, konsultan bisnis dan delegasi Yahudi yang menandatangani platform alternatif bersama 34 delegasi lainnya. "Kebebasan berekspresi tentu saja mencakup hak untuk berdiri dan didengar, bahkan ketika otoritas di ruangan itu meminta untuk diam."

"Mereka ingin konvensi berjalan lancar. Mereka tidak ingin ada gangguan atau pernyataan apa pun atau semacamnya," katanya kepada Reuters di sebuah acara yang diselenggarakan oleh populasi Palestina yang besar di Chicago. "Maaf. Konvensi adalah sarana keterlibatan politik, oke? Dan jika kita tidak menggunakannya untuk itu, maka itu hanyalah kontes kecantikan."

Tim kampanye Harris menolak berkomentar.

BIDEN UPAYAKAN GENCATAN SENJATA
Rancangan platform partai yang dirilis pada pertengahan Juli menyerukan "gencatan senjata segera dan langgeng" dalam perang dan pembebasan sandera yang tersisa yang dibawa ke Gaza selama serangan pada 7 Oktober oleh pejuang militan Islam Hamas yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang.

Platform tersebut tidak menyebutkan lebih dari 40.000 orang yang menurut otoritas kesehatan Palestina di Gaza telah tewas dalam serangan Israel berikutnya. Platform tersebut juga tidak menyebutkan rencana untuk membatasi pengiriman senjata AS ke Israel.

Amerika Serikat menyetujui penjualan senjata tambahan senilai $20 miliar ke Israel pada hari Selasa.

Para mediator termasuk AS telah berupaya menjadi penengah gencatan senjata antara Israel dan Hamas, yang menguasai Gaza, berdasarkan rencana yang diajukan Biden pada bulan Mei tetapi sejauh ini belum berhasil.

Perang Israel-Hamas, yang kini memasuki bulan ke-11, mengurangi dukungan untuk Demokrat di antara para pemilih Muslim dan Arab-Amerika, yang mewakili suara penting di negara bagian medan pertempuran pemilihan seperti Arizona, Michigan, dan Pennsylvania.

Meskipun para aktivis merupakan sebagian kecil dari delegasi konvensi, gangguan di dalam aula dan protes besar di luar dapat merusak rencana partai untuk menyatukan Demokrat di sekitar Harris setelah Biden keluar dari perlombaan pada tanggal 21 Juli di bawah tekanan dari sesama Demokrat.

`SAYA TAK AKAN DIAM,` KATA HARRIS
Aktivis pro-Palestina mengatakan Harris lebih simpatik kepada warga Gaza daripada Biden. Penasihat keamanan nasionalnya mengatakan pada X bulan ini bahwa dia tidak mendukung embargo senjata terhadap Israel.

Namun setelah bertemu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bulan lalu, Harris mengatakan kepada wartawan bahwa Israel tidak hanya berhak membela diri, tetapi juga terkait Gaza: "Kita tidak boleh membiarkan diri kita mati rasa terhadap penderitaan dan saya tidak akan diam.” Sekitar 40.000 pengunjuk rasa diperkirakan akan berkumpul di luar konvensi pada hari Senin untuk berdemonstrasi menentang posisi pemerintahan Biden terhadap Israel.

Penyelenggara mengatakan jumlah tersebut dapat membengkak hingga lebih dari 100.000.

Nadia Ahmad, seorang profesor hukum di Universitas Barry Florida dan seorang delegasi, mengatakan ada sekitar 60 delegasi Muslim, sebagian kecil dari 5.000 secara keseluruhan. Namun, kekhawatiran mereka juga dirasakan oleh yang lain, terutama pemilih muda, yang beberapa di antaranya telah memutuskan hubungan dengan partai, katanya.

Gerakan Nasional yang Tidak Berkomitmen, sebuah upaya terpisah yang mendorong Demokrat untuk mengubah kebijakan tentang Israel yang memenangkan lebih dari 30 delegasi dalam pemilihan pendahuluan, juga menginginkan embargo senjata.

Gerakan ini telah berfokus, sejauh ini tidak berhasil, untuk memenangkan slot pidato di panggung utama bagi seorang warga Amerika Palestina atau pekerja kemanusiaan Gaza, meskipun penyelenggara sepakat pada hari Sabtu untuk menambahkan diskusi panel siang hari tentang isu-isu Arab dan Palestina ke acara hari Senin enda dan satu tentang antisemitisme.

Warga Amerika Yahudi, yang secara tradisional merupakan pemilih Demokrat, telah menyuarakan kekhawatiran tentang meningkatnya aktivitas anti-Yahudi dan warga Muslim telah mengecam meningkatnya Islamofobia di Amerika.

Layla Elabed, wakil ketua Uncommitted National, Jaksa Agung Minnesota Keith Ellison, sekutu Muslim Biden, dan seorang dokter yang telah bekerja di garis depan Gaza akan menjadi pembicara di panel pertama, kata beberapa sumber.
Uncommitted, yang mengatakan tidak berencana untuk mengganggu proses konvensi, mendesak Harris untuk membuat pernyataan tentang penggunaan senjata AS untuk membunuh warga Palestina.

KEYWORD :

Israel Palestina Pemilihan Amerika Embargo Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :