Senin, 16/09/2024 13:20 WIB

Masjid Punya Peran Khusus Rawat Kemerdekaan RI

Perayaan HUT Republik Indonesia ke-79 melahirkan keseruan dan kebahagiaan khusus di kalangan masyarakat setiap tahunnya.

Kajian di Masjid Attaufiq Cempaka Putih Jakarta Pusat (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Perayaan HUT Republik Indonesia ke-79 melahirkan keseruan dan kebahagiaan khusus di kalangan masyarakat setiap tahunnya. Lomba-lomba tingkat kelurahan, RW, hingga RT semarak di sudut-sudut kota, gang, hingga dusun terpencil.

Masjid pun tak ikut ketinggalan. Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid juga memegang peranan penting dalam perayaan HUT RI ke-79, sebagaimana yang dilakukan Masjid Attaufiq Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Tahun ini, pengurus Masjid Attaufiq Cempaka Putih Jakarta Pusat menggelar berbagai perlombaan untuk anak-anak dan dewasa. Di sela-sela peringatan, ada pula kajian kemerdekaan bertajuk `Peran Masjid dalam Merawat Kemerdekaan`.

Ustaz Akhyar Mahyudin selaku pengisi ceramah menekankan bahwa masjid sebagai sebuah bangunan memang benda mati. Namun, para pengurus dan jemaahnya yang berperan menghidupkan.

"Sehingga masjid selama ini berperan penting dalam merawat kemerdekaan," kata Ustaz Akhyar dalam keterangan pers kepada Jurnas.com pada Senin (19/8).

"Menjadikan kemerdekaan sebagian anugerah Allah Yang Maha Kuasa, menjaga moral bangsa hingga masjid memakmurkan masyarakat yang menjadi cita-cita kemerdekaan," dia menambahkan.

Selepas kajian, jemaah dan masyarakat sekitar masjid melanjutkan kegiatan dengan makan soto bersama. Menurut Ustaz Akhyar, yang terpenting ialah persatuan dan ukhuwah warga tetap terjaga.

KEYWORD :

HUT RI ke-79 Kemerdekaan Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :