Senin, 16/09/2024 17:57 WIB

Yasonna Laoly Sudah Bertemu Jokowi Sebelum Dicopot dari Menkumham

Posisi Yasonna sebagai Menkumham digantikan Supratman Andi Agtas.

Menkumham, Yasonna H. Laoly. (Foto: Dok Kemenkumham).

Jakarta, Jurnas.com - Yasonna H. Laoly mengaku sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi satu hari sebelum perombakan (reshuffle) kabinet, yaitu pada Minggu, 19 Agustus 2024,

Posisi Yasonna sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) digantikan oleh politikus Partai Gerindra, Supratman Andi Agtas.

"Kemarin usai salat magrib, saya bertemu dengan presiden. Beliau memanggil saya. Saya sampaikan, Bapak Presiden, terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan kepada saya sebagai menteri Kemenkumham," ucap Yasonna usai Upacara dan Syukuran Hari Pengayoman ke-79 di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Senin 19 Agustus 2024.

Yasonna mengatakan bahwa dalam pertemuan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mempercayakan jabatan Menkumham kepada dirinya selama hampir 10 tahun.

Menurut dia, pertemuan dengan Jokowi berjalan santai. Jokowi juga bertanya perihal hal-hal yang masih tertunda atau pending matters di Kemenkumham.

“Hanya canda-canda saja, kami ketawa-ketawa saja. Beliau menanyakan pending matters, beberapa saya sampaikan ada yang perlu saya titip nanti ke menteri yang baru,” ucapnya ditemui usai upacara.

Selain itu, Yasonna menyebut bahwa ia sudah siap dan menerima digantikan oleh Supratman.  Terlebih, reshuffle atau penggantian jajaran kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Saya dari kemarin sudah lebih siap, bahkan saya sudah menyampaikan ke ajudan, ke beberapa staf yang kayak `Be ready, siap-siap`. Barang-barang saya sudah sedikit kemas-kemas," tutur Yasonna.

"Harusnya saya pertengahan September saya sudah harus mengundurkan diri karena saya harus menyiapkan diri untuk segala surat-surat dokumen yang diperlukan untuk menjadi anggota DPR. Sudah sangat siap lahir batin," ucapnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi resmi melakukan perubahan kabinet dengan melantik sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024. 

Presiden Jokowi melantik politikus Gerindra Supratman Andi Atgas sebagai Menkumham RI yang menggantikan Yasonna Laoly di Istana Negara, Jakarta, Seni.

Supratman dilantik bersamaan dengan dua menteri lainnya, yakni Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/BPKM dan Bahlil Lahaladia sebagai Menteri ESDM.

KEYWORD :

Menkumham Yasonna Laoly Kemenkunham Supratman Andi Agtas Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :