Senin, 16/09/2024 15:55 WIB

Usai Dua Hari di Doha, Pembicaraan Gencatan Senjata Gaza Dilanjut Pekan Ini di Kairo

Usai Dua Hari di Doha, Pembicaraan Gencatan Senjata Gaza Dilanjut Pekan Ini di Kairo

Menteri Luar Negeri AS Blinken bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog, di Tel Aviv, Israel, 19 Agustus 2024. REUTERS

TEL AVIV - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Senin menyebut dorongan diplomatik terbaru oleh Washington untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza "mungkin yang terbaik, mungkin kesempatan terakhir" dan mendesak semua pihak untuk menyelesaikan kesepakatan tersebut.

Pembicaraan maraton menuju gencatan senjata yang telah berlangsung selama berbulan-bulan akan dilanjutkan minggu ini di Kairo, setelah pertemuan dua hari di Doha minggu lalu.

Blinken akan mengintensifkan tekanan diplomatik AS untuk memastikan negosiator mengamankan terobosan akhir minggu ini setelah AS mengajukan proposal jembatan minggu lalu yang diyakini negara-negara penengah akan menutup kesenjangan antara pihak-pihak yang bertikai.

"Ini adalah momen yang menentukan, mungkin yang terbaik, mungkin kesempatan terakhir untuk membawa pulang para sandera, untuk mencapai gencatan senjata dan menempatkan semua orang di jalur yang lebih baik menuju perdamaian dan keamanan yang langgeng," kata Blinken kepada wartawan, menjelang pertemuannya dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

"Saya di sini sebagai bagian dari upaya diplomatik intensif atas instruksi Presiden Biden untuk mencoba mencapai kesepakatan ini dan akhirnya mencapai kesepakatan... Sudah saatnya bagi semua orang untuk mengatakan ya dan tidak mencari alasan untuk mengatakan tidak," tambah Blinken.

Negara-negara yang menjadi penengah - Qatar, Amerika Serikat, dan Mesir - sejauh ini gagal mempersempit perbedaan yang cukup untuk mencapai kesepakatan dalam negosiasi yang berlangsung selama berbulan-bulan, dan kekerasan terus berlanjut di Gaza pada hari Minggu.

Beberapa jam setelah kedatangan Blinken, Hamas mengatakan bahwa mereka menganggap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertanggung jawab atas "menggagalkan upaya para mediator", menunda kesepakatan, dan mengekspos para sandera Israel di Gaza terhadap agresi yang sama yang dihadapi oleh warga Palestina.

Ada peningkatan urgensi untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di tengah kekhawatiran akan eskalasi di seluruh wilayah yang lebih luas. Iran mengancam akan membalas Israel setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli. Diplomat tinggi AS itu juga mengulangi peringatan AS terhadap eskalasi lebih lanjut.

"Sudah waktunya untuk memastikan bahwa tidak seorang pun mengambil langkah apa pun yang dapat menggagalkan proses ini, jadi kami berupaya untuk memastikan bahwa tidak ada eskalasi, tidak ada provokasi," tambahnya.

Perang meletus pada 7 Oktober ketika militan Hamas mengamuk di Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel. Kampanye militer Israel berikutnya telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, menurut otoritas kesehatan Palestina, dan menghancurkan sebagian besar Gaza menjadi puing-puing.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :