Senin, 16/09/2024 17:50 WIB

DPR Dukung Penuh Target Indonesia Bebas TBC 2029

Kami ingin kasus (penyakit TBC) ini bisa ditekan. Komisi IX sebagai ‘leading sector’ akan mendukung dan mempersiapkan berbagai kemungkinan agar setiap langkah nyata yang dilakukan menjadi efektif terlaksana. Jadi, konkret.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena usai peluncuran Kaukus Tuberkulosis di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/8). (Foto: Dok. Parlementaria)

 

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia Bebas Tuberkulosis (TBC) pada tahun 2030. Selaras dengan hal itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menyatakan akan mendukung penuh setiap usaha untuk memerangi TBC di Indonesia.

Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi penyumbang terbesar kasus penyakit TBC di dunia. Secara global, korban TBC yang meninggal dunia mencapai 1,3 juta orang, di mana dua pertiganya berasal dari Indonesia.

“Kami ingin kasus (penyakit TBC) ini bisa ditekan. Komisi IX sebagai ‘leading sector’ akan mendukung dan mempersiapkan berbagai kemungkinan agar setiap langkah nyata yang dilakukan menjadi efektif terlaksana. Jadi, konkret,” ungkap dia usai peluncuran Kaukus Tuberkulosis di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

Dirinya pun menekankan program pemberantasan kasus TBC ini, juga akan berlanjut pada pemerintahan baru mendatang, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Bahkan, pemerintahan baru ini menargetkan bahwa akan tidak ada kasus TBC pada tahun 2029.

“Pembentukan kaukus ini bukan sekadar seremonial saja. Kami akan mendukung pemerintah dan menjalin (koordinasi) lintas sektor supaya target ini bisa tercapai. Kami selaku Komisi IX DPR akan mengawasi setiap kebijakan yang dibuat dan diterapkan,” demikian Politisi Fraksi Golkar itu.

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena TBC kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :