Selasa, 17/09/2024 02:25 WIB

1.647 Mahasiswa Mahasiswa Baru Polimedia Jalani PKKMB

Seluruh mahasiswa baru tersebut berasal dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Seleksi Mandiri Bersama, dan Mandiri Reguler.

Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika dalam PKKMB di Polimedia (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 1.647 mahasiswa baru Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menjalani Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025, pada Senin (19/8).

Seluruh mahasiswa baru tersebut berasal dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Seleksi Mandiri Bersama, dan Mandiri Reguler.

"Polimedia saat ini menerima lebih dari 1.600 mahasiswa baru untuk di Kampus Jakarta, PSDKU Medan, dan PSDKU Makassar" kata Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika.

Setiap tahunnya, peminat calon mahasiswa yang mendaftar di Polimedia semakin meningkat, yakni 176 persen dari tahun sebelumnya. Selain itu, jumlah mahasiswa yang melakukan pendaftaran ulang juga meningkat 146 mahasiswa dari tahun sebelumnya.

"Kita patut berbangga diri bahwa dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Polimedia menempati posisi ke- 9 PTN Vokasi dengan jumlah Pendaftar Jalur SNBP terbanyak, posisi ke-15 PTN Vokasi dengan jumlah Pendaftar Terbanyak Jalur SNBT, dan posisi ke-12 dengan skor UTBK tertinggi dengan nilai rata-rata 524,32 dari 20 PTN Vokasi," ujar dia.

Tipri sekaligus mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang lulus dan diterima di Polimedia, melalui proses seleksi yang ketat dan dengan prestasi yang membanggakan.

"Jumlah ini tentunya telah memenuhi kapasitas Polimedia untuk melaksanakan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, secara optimal guna menghasilkan lulusan yang kreatif, kompeten dan kompetitif," dia menambahkan.

Politeknik Negeri Media Kreatif merupakan kampus vokasi yang dirancang untuk mempersiapkan SDM berkualitas di bidang industri kreatif, dan tidak asing dengan dunia kreativitas.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Tipri yang menyampaikan bahwa kreativitas dibangun dengan fasilitas melalui berbagai kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti magang, studi independen, wirausaha merdeka, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

"Sepanjang awal hingga Juli 2024, Polimedia memfasilitasi melalui berbagai kegiatan untuk pengembangan mahasiswa seperti kegiatan MBKM, study independent, wirausaha merdeka, IISMA, dan pertukaran mahasiswa. Setidaknya ada 142 mahasiswa mengikuti MBKM," kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kemenparekraf, Mohammad Amin. Menurut dia, mahasiswa Polimedia perlu mengembangkan keterampilan adaptif untuk menghadapi tantangan dan peluang di industri kreatif yang saat ini sangat dibutuhkan di masa mendatang.

"Mahasiswa saat ini diperlukan keterampilan adaptif, kreativitas, kemampuan wirausaha dan transformasi digital untuk memanfaatkan potensi yang ada menjadi produk kreatif unggulan yang mensejahterakan. Mahasiswa harus bisa menggali potensi diri," ujar Amin.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKKMB, Yayah Nurasiah mengatakan, tema PKKMB yang diusung tahun ini ialah CREARTION yang terdiri dari tiga suku kata yakni `Create`, `Art`, dan `Action`.

Tema ini melambangkan kreativitas, baik perseorangan ataupun kelompok, untuk terus berproses menghasilkan ide-ide kreatif, khususnya bagi para mahasiswa baru.

"Dari tema ini kami berharap dapat mencerminkan harapan agar calon mahasiswa baru dapat mengembangkan kreativitas dan menghasilkan karya inovatif," Yayah menerangkan.

KEYWORD :

Polimedia PKKMB Mahasiswa Tipri Rose Kartika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :