Selasa, 17/09/2024 01:49 WIB

Serangan ke Kursk Hancurkan Tiga Jembatan, Presiden Ukraina Sebut Pembalasan Rusia hanya Gertakan

Serangan ke Kursk Hancurkan Tiga Jembatan, Presiden Ukraina Sebut Pembalasan Rusia hanya Gertakan

Citra satelit menunjukkan jembatan runtuh di atas sungai Seym di distrik Glushkovo, Rusia, 17 Agustus 2024. Handout via REUTERS

KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada hari Senin bahwa serangan negaranya terhadap wilayah Kursk Rusia menunjukkan bahwa ancaman Kremlin pembalasan itu hanya gertakan. Dia mendesak sekutu Kyiv untuk melonggarkan pembatasan penggunaan senjata yang dipasok asing.

Zelensky mengatakan pasukan Ukraina kini menguasai lebih dari 1.250 kilometer persegi (483 mil persegi) dan 92 permukiman di wilayah Kursk, sementara Rusia mengatakan Ukraina telah menyerang jembatan ketiga di wilayah tersebut, yang mempersulit upaya Rusia untuk menangkal serangan Ukraina.

Ukraina melancarkan serangan mendadaknya di wilayah Rusia pada 6 Agustus, invasi terbesar Rusia sejak Perang Dunia Kedua, dalam operasi yang menurut Kyiv ditujukan untuk mengukir zona penyangga dan melemahkan mesin perang Rusia.

Berbicara kepada sekelompok diplomat Ukraina, Zelenskiy secara khusus menyoroti sekutu yang telah memasok senjata jarak jauh tetapi mengatakan kepada Kyiv bahwa mereka tidak dapat menggunakannya jauh di dalam Rusia karena takut melewati "garis merah" yang ditetapkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Kita menyaksikan pergeseran ideologis yang signifikan – konsep naif dan ilusif tentang apa yang disebut garis merah mengenai Rusia, yang mendominasi penilaian perang oleh beberapa mitra, telah hancur berantakan akhir-akhir ini," kata Zelenskiy.

Ia mengatakan Ukraina, karena pembatasan yang diberlakukan oleh sekutu, tidak dapat menggunakan senjata yang dimilikinya untuk menyerang beberapa target militer Rusia. Ia mendesak sekutu untuk lebih berani dalam keputusan mereka tentang cara membantu Kyiv dalam perang.

"Dunia melihat bahwa segala sesuatu dalam perang ini hanya bergantung pada keberanian - keberanian kita, keberanian mitra kita. Pada keputusan yang berani untuk Ukraina, pada keberanian dalam mendukung Ukraina," kata Zelenskiy.

Meskipun telah memasuki Rusia, pasukan Ukraina berada dalam posisi bertahan di tempat lain. Mereka menghadapi pertempuran untuk melindungi kota strategis di timur Pokrovsk, tempat Rusia terus maju dalam beberapa minggu terakhir dalam pertempuran sengit lebih dari dua tahun sejak invasi skala penuh Rusia.

Militer Ukraina mengatakan pada Senin malam bahwa pasukannya telah bertempur dalam 63 pertempuran kecil sepanjang hari melawan pasukan Rusia di garis depan Pokrovsk, dan mereka memperkirakan daerah itu akan tetap menjadi fokus serangan Rusia.

Rusia mengatakan jembatan ketiga telah diserang dan rusak di Sungai Seym yang mengalir melalui wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina timur laut.
Ukraina belum mengomentari serangan itu, tetapi kepala angkatan udara Kyiv mengatakan pasukannya telah menghancurkan dua jembatan untuk melemahkan logistik musuh.

Analis militer mengatakan jembatan itu merupakan bagian dari jalur pasokan penting bagi pasukan Rusia yang mempertahankan daerah itu. Reuters tidak dapat secara independen mengonfirmasi kerusakan pada jembatan atau situasi medan perang di Kursk.

Zelensky mengatakan pada Minggu bahwa pasukannya melepaskan apa yang ia gambarkan sebagai "tindakan serangan balik maksimum" yang bertujuan untuk menciptakan zona penyangga dan merusak potensi militer Moskow.

Lebih dari 121.000 orang telah dievakuasi dari sembilan distrik perbatasan di wilayah Kursk, kata kementerian darurat Rusia. Ajudan presiden Rusia Yuri Ushakov mengatakan Moskow belum siap mengadakan perundingan damai dengan Ukraina untuk saat ini, mengingat serangan Kursk di Kyiv. Ukraina menuntut penarikan penuh pasukan Rusia dari wilayahnya sebelum duduk untuk perundingan apa pun.

DORONG KE POKROVSK
Pasukan Ukraina menghadapi pertempuran sengit di dekat Pokrovsk, pusat transportasi bagi pasukan Ukraina. Pasukan Rusia kini berada sekitar 10 km (6 mil) dari pinggiran kota, kata Serhiy Dobriak, kepala administrasi militer setempat.

Ia mengatakan hingga 600 orang meninggalkan kota setiap hari, dan layanan kota dapat diputus dalam waktu seminggu karena pasukan Rusia mendekat.
Gubernur daerah Vadym Filashkin mengatakan jam malam di permukiman dekat Pokrovsk telah diperketat dan situasinya "sangat sulit".

Jenderal tertinggi Ukraina mengatakan Kyiv juga "melakukan segala yang diperlukan" untuk mempertahankan kota Toretsk di timur saat Moskow mencoba mengancam jalur pasokan Ukraina. Rusia mengatakan pasukannya telah merebut kota Zalizne di dekatnya.

Perang yang telah menewaskan puluhan ribu orang dan menghancurkan kota-kota di seluruh Ukraina, tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Kyiv memperkirakan Moskow akan menambah pasukannya di Ukraina hingga akhir tahun menjadi 800.000, naik dari sekitar 600.000 saat ini, kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Ivan Havryliuk kepada media Ukraina.

Ukraina Jerman telah didukung oleh persenjataan dari sekutunya tetapi khawatir dukungan tersebut dapat menurun seiring berlanjutnya perang.

Saham pertahanan Jerman turun pada hari Senin setelah sebuah surat kabar mengatakan kementerian keuangan tidak akan menyetujui permohonan tambahan untuk bantuan militer Ukraina karena keterbatasan anggaran.

Seorang juru bicara kementerian keuangan Jerman kemudian mengatakan Berlin bekerja secara intensif dengan mitra-mitranya di Kelompok Tujuh dalam sebuah rencana untuk menyediakan pinjaman bagi dukungan militer bagi Ukraina, yang didanai oleh hasil aset Rusia yang dibekukan.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :