Selasa, 17/09/2024 02:23 WIB

Gagal Tumbuhkan Jenggot, 280 Anggota Pasukan Keamanan Dipecat oleh Kementerian Moral Taliban

Gagal Tumbuhkan Jenggot, 280 Anggota Pasukan Keamanan Dipecat oleh Kementerian Moral Taliban

Anggota Taliban membawa bendera mengendarai sepeda motor saat menandai peringatan tiga tahun jatuhnya Kabul, di Kabul, Afghanistan, 14 Agustus 2024. REUTERS

KABUL - Kementerian moral Taliban telah memecat lebih dari 280 anggota pasukan keamanan karena gagal menumbuhkan jenggot. Taliban juga menahan lebih dari 13.000 orang di Afghanistan karena "tindakan tidak bermoral" dalam setahun terakhir, kata pejabat pada hari Selasa.

Kementerian Pencegahan Kejahatan dan Penyebaran Kebajikan mengatakan dalam pembaruan operasi tahunannya bahwa sekitar setengah dari mereka yang ditahan telah dibebaskan setelah 24 jam. Tidak disebutkan jenis pelanggaran yang dituduhkan atau jenis kelamin para tahanan.

Mohibullah Mokhlis, Direktur Perencanaan dan Perundang-undangan di kementerian tersebut, mengatakan dalam konferensi pers bahwa para pejabat telah menghancurkan 21.328 alat musik tahun lalu dan mencegah ribuan operator komputer menjual film-film yang "tidak bermoral dan tidak etis" di pasar.

Kementerian tersebut telah mengidentifikasi 281 anggota pasukan keamanan karena tidak memiliki janggut dan mereka telah diberhentikan, katanya, sesuai dengan interpretasi mereka terhadap hukum Islam.

Kementerian moralitas, yang mengambil alih kantor kementerian perempuan yang dibubarkan di Kabul setelah Taliban mengambil alih pada tahun 2021, telah dikritik oleh organisasi-organisasi hak asasi manusia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa karena pembatasan terhadap perempuan dan menghambat kebebasan berekspresi.

Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan telah melaporkan kasus-kasus pejabat kementerian moralitas yang menghentikan dan menahan perempuan, terkadang selama beberapa jam, karena tidak memenuhi interpretasi mereka tentang busana Islami.

Taliban menyebut tuduhan penahanan itu "tidak berdasar" dan mengatakan aturan itu menerapkan interpretasi mereka terhadap hukum Islam dan adat istiadat Afghanistan.

Kementerian moral tidak memberikan angka terkait pengawasan pakaian wanita atau perjalanan mereka tanpa wali laki-laki, yang juga dilarang oleh pihak berwenang untuk jarak yang lebih jauh. Dikatakan bahwa rencana baru sedang disusun untuk memastikan aturan busana Islami dipatuhi, diawasi oleh pemimpin spiritual tertinggi yang bermarkas di kota selatan Kandahar.

"Berdasarkan arahan Pemimpin Tertinggi, rancangan rencana untuk mematuhi jilbab wanita (busana Islami) telah dirumuskan dan disetujui," kata Mokhlis.

Kementerian moral sebelumnya mengatakan bahwa wanita harus menutupi wajah mereka atau mengenakan burqa yang menutupi seluruh tubuh dan bahwa penegakannya akan melibatkan "dorongan" dengan anggota keluarga laki-laki wanita yang menjadi sasaran daripada wanita secara langsung.

Kebanyakan wanita Afghanistan menutupi rambut mereka di depan umum di negara konservatif itu bahkan sebelum Taliban mengambil alih, tetapi beberapa, terutama Kabul, biasanya tidak menutupi wajah mereka atau mengenakan burqa. Mokhlis mengatakan mereka telah mencegah lebih dari 200 kasus penjualan perempuan dan lebih dari 2.600 kasus kekerasan terhadap perempuan.

KEYWORD :

Taliban Afghanistan Polisi Moral Tumbuhkan Jenggot




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :