Selasa, 17/09/2024 02:57 WIB

Militer Israel Masih Kuasai Perbatasan, Hamas Kritik Prposal AS yang Ambigu

Militer Israel Masih Kuasai Perbatasan, Hamas Kritik Prposal AS yang Ambigu

Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, di El-Alamein, Mesir, 20 Agustus 2024. REUTERS

ALAMEIN - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendorong kemajuan menuju gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pembebasan sandera saat ia mengunjungi Mesir pada hari Selasa. Tetapi area utama perselisihan masih harus diselesaikan dalam pembicaraan yang direncanakan akhir minggu ini.

Blinken terbang ke Mesir dari Tel Aviv, di mana ia mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menerima "proposal penghubung" AS yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan antara kedua belah pihak setelah pembicaraan minggu lalu terhenti tanpa terobosan. Ia mendesak Hamas untuk juga menerima proposal tersebut sebagai dasar untuk lebih banyak pembicaraan.

Kelompok militan Palestina tersebut tidak secara tegas menolak proposal tersebut, tetapi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka membatalkan apa yang telah disetujui sebelumnya, tanpa menyebutkan bagaimana, dan menuduh Israel dan sekutunya AS memutarbalikkan negosiasi dengan itikad buruk.

Di Mesir, Blinken bertemu dengan Presiden Abdel-Fattah El-Sisi, yang negaranya telah membantu memediasi pembicaraan Gaza yang terputus-putus selama berbulan-bulan bersama dengan AS dan Qatar. Sisi mengatakan setelah pertemuan tersebut bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri perang dan memperingatkan tentang konflik yang meluas di wilayah tersebut.

Yang dipertaruhkan adalah nasib Gaza yang kecil dan padat, tempat operasi militer Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 orang sejak Oktober menurut otoritas kesehatan Palestina, dan para sandera yang tersisa yang ditahan di sana.

Perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023, ketika orang-orang bersenjata Hamas menyerbu komunitas Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik sekitar 250 sandera, menurut penghitungan Israel.

Pada hari Selasa, militer Israel mengatakan telah menemukan jenazah enam sandera dari Gaza selatan. Menurut otoritas Israel, 109 sandera kini masih berada di wilayah Palestina, yang sekitar sepertiganya diyakini telah meninggal.

Di Gaza, pasukan Israel memerangi militan yang dipimpin Hamas di wilayah tengah dan selatan, dan otoritas kesehatan Palestina mengatakan sedikitnya 21 orang telah tewas pada Selasa pagi dalam serangan Israel, termasuk di sebuah sekolah yang menampung orang-orang terlantar.

Militer Israel mengatakan telah menyerang militan Hamas yang bersembunyi di sekolah tersebut. Kementerian kesehatan di Gaza yang dikelola Hamas mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka masih menunggu vaksin polio tiba setelah penyakit itu ditemukan di wilayah tersebut, tempat sebagian besar orang sekarang tinggal di tenda atau tempat penampungan tanpa sanitasi yang layak. Kementerian itu menggemakan seruan PBB minggu lalu untuk gencatan senjata guna memungkinkan kampanye vaksinasi.

USULAN
Blinken menyebut dorongan terbaru untuk kesepakatan itu "mungkin yang terbaik, mungkin kesempatan terakhir", dan mengatakan pertemuannya dengan Netanyahu bersifat konstruktif, seraya menambahkan bahwa Hamas berkewajiban untuk menerima usulan penghubung itu.

Pejabat dari AS, Hamas, Israel, Mesir, atau Qatar belum menjelaskan apa isi usulan itu atau bagaimana usulan itu berbeda dari versi sebelumnya. "Ada pertanyaan tentang implementasi dan memastikan bahwa dipahami dengan jelas apa yang akan dilakukan masing-masing pihak untuk melaksanakan komitmennya," kata Blinken pada hari Senin.

Hamas menolak pernyataan AS bahwa mereka menarik diri dari kesepakatan, dengan mengatakan bahwa mediator Mesir dan Qatar tahu bahwa mereka telah bersikap positif terhadap negosiasi dan bahwa Netanyahu-lah yang selalu menghalangi kesepakatan dengan tuntutan baru.

Mereka mengatakan bahwa mereka masih berkomitmen pada ketentuan yang disetujui dengan mediator pada bulan Juli berdasarkan proposal yang diajukan oleh AS pada bulan Mei.

Netanyahu membantah telah menghalangi kesepakatan.
Perundingan yang berlangsung selama berbulan-bulan telah membahas isu yang sama, dengan Israel mengatakan perang hanya dapat berakhir dengan penghancuran Hamas sebagai kekuatan militer dan politik dan Hamas mengatakan bahwa mereka hanya akan menerima gencatan senjata permanen, bukan sementara.

Ada ketidaksepakatan mengenai keberadaan militer Israel yang berkelanjutan di Gaza, khususnya di sepanjang perbatasan dengan Mesir, kebebasan bergerak warga Palestina di dalam wilayah tersebut, dan identitas serta jumlah tahanan yang akan dibebaskan dalam pertukaran tahanan.

Mesir secara khusus berfokus pada mekanisme keamanan untuk Koridor Philadelphia, jalur perbatasan sempit antara Mesir dan Gaza yang direbut pasukan Israel pada bulan Mei. Baik Hamas maupun Mesir menentang Israel menempatkan pasukan di sana, tetapi Netanyahu mengatakan pasukan dibutuhkan di perbatasan untuk menghentikan penyelundupan senjata ke Gaza. Sumber keamanan Mesir mengatakan AS telah mengusulkan kehadiran internasional di wilayah tersebut, sebuah usulan yang menurut sumber tersebut dapat diterima oleh Kairo jika dibatasi hingga maksimal enam bulan.

"Gencatan senjata di Gaza harus menjadi awal dari pengakuan internasional yang lebih luas terhadap negara Palestina dan penerapan solusi dua negara, karena ini adalah penjamin dasar stabilitas di kawasan tersebut," kata Sisi setelah bertemu Blinken.

KEYWORD :

Presiden Ukraina Gereja Ortodoks Pelarangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :