Selasa, 17/09/2024 02:23 WIB

Rusia Klaim Gagalkan Serangan Pesawat Nirawak Ukraina di Atas Wilayah Moskow, Tidak Ada Kerusakan

Rusia Klaim Gagalkan Serangan Pesawat Nirawak Ukraina di Atas Wilayah Moskow, Tidak Ada Kerusakan

Seorang petugas polisi lalu lintas bekerja di sebuah jalan di pusat kota Moskow, Rusia 21 Agustus 2024. REUTERS

MOSKOW - Ukraina menyerang Moskow pada hari Rabu dengan sedikitnya 11 pesawat nirawak yang ditembak jatuh oleh pertahanan udara di yang disebut pejabat Rusia sebagai salah satu serangan pesawat nirawak terbesar di ibu kota sejak perang di Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Perang tersebut, yang sebagian besar berupa pertempuran artileri dan pesawat nirawak di ladang, hutan, dan desa-desa di Ukraina timur, meningkat pada 6 Agustus ketika Ukraina mengirim ribuan tentara melintasi perbatasan ke wilayah Kursk barat Rusia.

Selama berbulan-bulan, Ukraina juga telah memerangi perang pesawat nirawak yang semakin merusak terhadap kilang minyak dan lapangan udara Rusia, eksportir minyak terbesar kedua di dunia, meskipun serangan pesawat nirawak besar di wilayah Moskow - dengan populasi lebih dari 21 juta - lebih jarang terjadi.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pertahanan udaranya menghancurkan total 45 pesawat nirawak di wilayah Rusia, termasuk 11 di wilayah Moskow, 23 di wilayah perbatasan Bryansk, enam di wilayah Belgorod, tiga di wilayah Kaluga, dan dua di wilayah Kursk.

Beberapa pesawat nirawak ditembak jatuh di atas kota Podolsk, kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin. Kota di wilayah Moskow itu berjarak sekitar 38 km (24 mil) di selatan Kremlin.

"Ini adalah salah satu upaya terbesar untuk menyerang Moskow menggunakan pesawat nirawak yang pernah ada," kata Sobyanin di aplikasi perpesanan Telegram pada dini hari Rabu. "Pertahanan berlapis Moskow yang dibuat memungkinkan untuk berhasil menangkis semua serangan dari UAV musuh."

Di sepanjang jalan raya Moskow, kafe, restoran, dan toko-toko di ibu kota - yang telah diisolasi dengan hati-hati dari perang - dipenuhi dengan sedikit tanda-tanda kekhawatiran, sementara Presiden Vladimir Putin bertemu dengan perdana menteri Tiongkok Li Qiang di Kremlin.

Dua warga negara Rusia yang berbicara kepada Reuters dengan syarat anonim mengatakan serangan pesawat nirawak yang digagalkan itu hanya menunjukkan betapa baik pertahanan Moskow sekarang, dan bahwa Ukraina "bermain api" dengan menyerang Rusia baik di Kursk maupun di Moskow.

Sementara itu Rusia maju di Ukraina timur, tempat ia menguasai sekitar 18% wilayah, dan berjuang untuk menangkis serangan Ukraina ke wilayah Kursk, serangan asing terbesar di wilayah Rusia sejak Perang Dunia Kedua.

Media Rusia menunjukkan rekaman yang belum diverifikasi dari pesawat tanpa awak yang terbang di atas langit fajar wilayah Moskow dan kemudian ditembak jatuh dalam bola api oleh pertahanan udara.

Bandara Moskow, Vnukovo, Domodedovo, dan Zhukovsky, membatasi penerbangan selama empat jam tetapi memulai kembali operasi normal mulai pukul 03.30 GMT, kata pengawas penerbangan Rusia.

Sobyanin mengatakan bahwa menurut informasi awal, tidak ada cedera atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan tersebut. Tidak ada juga korban atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan di Bryansk di barat daya Rusia, gubernur wilayah tersebut, Alexander Bogomaz, menulis di Telegram.

Kantor berita negara Rusia, RIA, melaporkan bahwa dua pesawat tanpa awak dihancurkan di atas wilayah Tula, yang berbatasan dengan wilayah Moskow di utara. Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov di barat daya Rusia, mengatakan pasukan pertahanan udara menghancurkan rudal yang diluncurkan Ukraina di atas wilayah tersebut, tanpa ada cedera yang dilaporkan.

Kementerian pertahanan Rusia tidak menyebutkan Tula atau Rostov dalam pernyataannya yang mencantumkan senjata udara Ukraina yang dihancurkan. Militer Ukraina mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka menyerang sistem rudal antipesawat S-300 yang bermarkas di wilayah Rostov.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen. Serangan pesawat nirawak di Moskow itu setara dengan serangan pada bulan Mei 2023 ketika sedikitnya delapan pesawat nirawak dihancurkan di atas ibu kota, sebuah serangan yang menurut Putin merupakan upaya Ukraina untuk menakut-nakuti dan memprovokasi Rusia. Di Kursk, para blogger perang Rusia mengatakan pertempuran sengit sedang berlangsung di sepanjang garis depan di wilayah tempat Ukraina telah menguasai sedikitnya 450 km persegi (175 mil persegi) wilayah Rusia.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Pesawat Nirawak Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :