Selasa, 17/09/2024 02:10 WIB

Kurang Terkenal 15 Hari Lalu di Amerika, Cawapres Tim Walz Bertekad Menangkan Pilpres AS Bersama Harris

Kurang Terkenal 15 Hari Lalu di Amerika, Cawapres Tim Walz Bertekad Menangkan Pilpres AS Bersama Harris

Calon wakil presiden Demokrat AS Gubernur Minnesota Tim Walz mendapat tepuk tangan riah pada Hari ke-3 Konvensi Nasional Demokrat di United Center, di Chicago, Illinois, AS, 21 Agustus 2024. REUTERS

CHICAGO - Calon wakil presiden Tim Walz memimpin sesama Demokrat dalam rapat umum politik pada Rabu malam, bersumpah bahwa ia dan calon presiden Kamala Harris akan menang atas Donald Trump dari Partai Republik dalam pemilihan umum AS bulan November.

Gubernur Minnesota, yang kurang dikenal di Amerika 15 hari yang lalu, mengakui bahwa ia belum pernah memberikan pidato sebesar itu tetapi mengatakan bahwa sebagai mantan pelatih sepak bola sekolah menengah, "Saya telah memberikan banyak ceramah penyemangat."

Kerumunan menanggapi dengan teriakan "Pelatih, Pelatih, Pelatih!"
Walz membawa gaya bicaranya yang lugas dan nilai-nilai kota kecil ke panggung nasional, bergabung dengan sejumlah tokoh politik dan penghibur bintang pada malam ketiga Konvensi Nasional Demokrat di Chicago. Walz, 60, menerima nominasi partainya untuk jabatan nomor 2.

Dia mengatakan Amerika seharusnya menjadi tempat di mana anak-anak tidak kelaparan, perawatan kesehatan dan perumahan adalah hak asasi manusia, "dan pemerintah tidak boleh ikut campur dalam urusan kamar tidur Anda," mengacu pada serangan Partai Republik terhadap hak aborsi dan pernikahan sesama jenis.

Dia berbicara tentang mempertahankan kebebasan yang menurut Demokrat diserang oleh Trump, 78, yang mencalonkan diri untuk ketiga kalinya dari partai besar untuk Gedung Putih. Walz mengatakan Gedung Putih Trump yang kedua tidak akan menguntungkan siapa pun kecuali orang kaya dan paling ekstrem.

Di antara hadirin di samping ibu dan saudara perempuannya, putra Walz, Gus, 17, berdiri saat ayahnya menyampaikan pidato, menunjuk ke panggung sambil tampak berteriak, "Itu Ayahku," dan meneteskan air mata.

Harris, 59, akan berpidato di hadapan para hadirin pada malam terakhirnya pada hari Kamis.

WINFREY DAN CLINTON BERGABUNG DALAM PERJUANGAN
Tokoh media Oprah Winfrey bergabung dengan mantan Presiden Demokrat Bill Clinton dan yang lainnya untuk menyampaikan pendapat bahwa Trump berpihak pada dirinya sendiri, sedangkan Harris berpihak pada negara.

"Lain kali Anda mendengarnya, jangan hitung kebohongannya. Hitung semua huruf I," kata Clinton, 78 tahun, kepada kerumunan yang bersorak-sorai di konvensi nasional, acara ke-12 yang pernah diikutinya.

Winfrey, yang menggambarkan dirinya sebagai pemilih independen, berkata, "Saya menyerukan kepada Anda semua, baik yang independen maupun yang belum menentukan pilihan. ... Kesopanan dan rasa hormat menjadi hal yang penting dalam pemilihan umum tahun 2024.” Para delegasi berdiri, bersorak keras saat ia memasuki panggung, sebuah kejutan tambahan pada program tersebut.

Wakil Presiden Harris muncul sebagai kandidat Demokrat 2024 bulan lalu setelah Presiden Joe Biden keluar dari perlombaan 5 November dan membawa Walz yang kurang dikenal tampil di panggung nasional 15 hari lalu.

Penyanyi-penulis lagu Amerika Stevie Wonder tampil, aktris Mindy Kaling bercanda tentang memasak dengan temannya Kamala.

Para pembelot dari Partai Republik bergabung dengan pendukung setia Partai Demokrat dalam mendukung pasangan Harris-Walz dengan sorotan pada hari Rabu pada tanggal 6 Januari 2021. Sebuah video menunjukkan Trump mendesak para pendukungnya hari itu untuk menjadi kuat dan berjuang sebelum mereka menyerbu Gedung Capitol AS untuk mencoba menghalangi kemenangan Biden pada tahun 2020.
Saat video diputar, para delegasi duduk dalam diam, sangat kontras dengan sorak-sorai dan tepuk tangan mereka sepanjang malam.

Olivia Troye, yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai petugas keamanan nasional di Gedung Putih di bawah Trump setelah tanggal 6 Januari, mengatakan bahwa kandidat dari Partai Republik itu sedang meletakkan dasar untuk merusak pemilihan umum tahun 2024.

Geoff Duncan, mantan wakil gubernur Georgia, berbicara langsung ke kamera untuk memberi tahu sesama anggota Partai Republik yang menonton dari rumah bahwa mereka perlu "menyingkirkan Trump." "Jika Anda memilih Kamala Harris pada tahun 2024, Anda bukan seorang Demokrat, Anda seorang patriot," katanya.

Nancy Pelosi dari Partai Demokrat, yang menjadi juru bicara DPR pada hari itu, berkata: "Jangan lupakan siapa yang menyerang demokrasi pada 6 Januari: Dia melakukannya. Namun, jangan lupakan siapa yang menyelamatkan demokrasi hari itu: Kita melakukannya."

Jajak pendapat menunjukkan Biden, 81 tahun, tertinggal dari Trump sebelum presiden dari Partai Demokrat itu menyerahkan posisi teratas partai itu kepada Harris; jajak pendapat sekarang menunjukkan dia mengalahkan saingannya dari Partai Republik di beberapa negara bagian yang akan menentukan hasil pemilu.

PERPECAHAN ATAS GAZA TETAP ADA
Dukungan Biden terhadap serangan Israel terhadap Gaza yang diperintah Hamas, salah satu isu yang paling memecah belah dalam partai, tidak menonjol di konvensi tersebut. Pejabat kesehatan Palestina mengatakan serangan itu telah menewaskan lebih dari 40.000 orang.

Orang tua sandera Israel Hersh Goldberg-Polin, Jon Polin dan Rachel Goldberg, menerima tepuk tangan meriah dan teriakan "Bawa Mereka Pulang" saat mereka naik panggung. Goldberg-Polin, 23 tahun, merupakan salah satu dari lebih dari 200 sandera yang disandera oleh militan Hamas Palestina dalam serangan mereka pada 7 Oktober di Israel.

"Memulangkan para sandera bukanlah masalah politik. Ini adalah masalah kemanusiaan," kata Polin.

Pimpinan Gerakan Nasional yang Tidak Berkomitmen, yang memobilisasi hampir 750.000 pemilih selama pemilihan pendahuluan untuk memprotes dukungan AS terhadap perang Israel di Gaza, mengatakan pada Rabu malam bahwa penyelenggara konvensi telah menolak permintaan mereka untuk menyertakan seorang pembicara Palestina dalam program tersebut.

Sejumlah sekutu memulai aksi duduk di luar pusat konvensi untuk memprotes pengecualian tersebut, bersumpah untuk tidak pindah sampai mereka mendapatkan kesempatan berbicara.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Tom Walz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :