Selasa, 17/09/2024 02:17 WIB

Biden Desak Netanyahu tentang Perlunya Mencapai Kesepakatan Gencatan Senjata

Biden Desak Netanyahu tentang Perlunya Mencapai Kesepakatan Gencatan Senjata

Asap mengepul menyusul serangan Israel, di tengah konflik Israel-Hamas, di Kota Gaza, 21 Agustus 2024. REUTERS

KAIRO - Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenai urgensi untuk menyegel kesepakatan gencatan senjata di Gaza dan pembebasan sandera, kata Gedung Putih, tetapi Israel dan Hamas tetap teguh pada tuntutan mereka.

Panggilan telepon antara para pemimpin, yang juga melibatkan Wakil Presiden Kamala Harris, dilakukan setelah pejabat kesehatan Palestina melaporkan sedikitnya 50 warga Palestina tewas akibat serangan udara Israel selama periode 24 jam.

Biden menekankan kepada Netanyahu "urgensi untuk mengakhiri gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera dan membahas pembicaraan mendatang di Kairo untuk menghilangkan hambatan yang tersisa," kata pernyataan Gedung Putih.

Negosiator AS, Israel, Mesir, dan Qatar, yang diperkirakan akan bertemu di Kairo akhir pekan ini, telah berjuang selama berbulan-bulan untuk menjembatani
perbedaan antara Israel dan Hamas. Namun, Israel dan Hamas pada hari Rabu tetap pada tuntutan mereka.

"Israel akan bersikeras pada pencapaian semua tujuannya untuk perang, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kabinet Keamanan, termasuk bahwa Gaza tidak akan pernah lagi menjadi ancaman keamanan bagi Israel," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Menyangkal laporan televisi Israel, kantor itu mengatakan Israel tidak setuju untuk mencabut tuntutannya untuk mempertahankan pasukan di Koridor Philadelphia, jalur perbatasan antara Gaza dan Mesir, sebuah isu yang telah menjadi titik perdebatan utama.

Sebuah pernyataan Hamas mengatakan para pejabatnya, yang bertemu dengan kepala Jihad Islam Palestina tentang kemajuan dalam pembicaraan, menegaskan kembali tuntutan utama Hamas. Tuntutan ini termasuk diakhirinya operasi Israel di Gaza, penarikan penuh Israel, dan kesepakatan untuk menukar sandera Israel dengan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Panggilan telepon antara Biden dan Netanyahu menyusul perjalanan singkat ke wilayah tersebut oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang berakhir pada hari Selasa tanpa menghasilkan terobosan dalam perang yang telah berlangsung selama 10 bulan.

Di Gaza sendiri, militer Israel mengatakan jet-jet tempur menyerang sekitar 30 target di seluruh wilayah kantong itu, termasuk terowongan, lokasi peluncuran, dan pos pengamatan.

Dikatakan bahwa pasukan menewaskan puluhan pejuang bersenjata dan menyita senjata termasuk bahan peledak, granat, dan senapan otomatis.

Militer Israel menyerang sebuah sekolah dan sebuah rumah di dekatnya di Kota Gaza, menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 15 orang, termasuk beberapa anak-anak, kata Dinas Darurat Sipil Gaza.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menyerang militan Hamas yang beroperasi di sebuah pusat komando di dalam kompleks yang sebelumnya berfungsi sebagai sekolah.

Mereka menuduh Hamas terus beroperasi dari fasilitas dan area sipil, sebuah tuduhan yang dibantah oleh kelompok militan Islamis dominan di Gaza.

Mengomentari serangan Israel terhadap sekolah yang dikelola PBB, kepala badan pengungsi Palestina PBB, Philippe Lazzarini, menulis di X bahwa "anak-anak dilaporkan tewas dan terluka. Beberapa terbakar sampai mati."

"Gaza bukan lagi tempat bagi anak-anak. Mereka adalah korban pertama dari perang tanpa ampun ini," tulisnya. "Gencatan senjata sudah sangat terlambat."

Di kota Bani Suhaila dekat Khan Younis di Jalur Gaza selatan, serangan udara Israel menewaskan tujuh warga Palestina di sebuah tenda perkemahan untuk orang-orang yang mengungsi, kata petugas medis.

ISRAEL PERINTAHKAN WARGA SIPIL UNTUK PINDAH
Militer Israel mengeluarkan perintah evakuasi baru di daerah Deir Al-Balah yang sangat padat penduduknya di Gaza tengah, tempat ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi akibat pertempuran mencari perlindungan.

Perintah tersebut, yang menurut militer diperlukan untuk membersihkan warga sipil dari apa yang telah menjadi "zona pertempuran berbahaya", segera diikuti oleh tembakan tank yang mengakibatkan sedikitnya satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka oleh tembakan senapan mesin, kata petugas medis dan warga.

Kampanye militer Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 orang di Gaza sejak Oktober, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Perang dimulai pada 7 Oktober ketika orang-orang bersenjata Hamas menyerbu komunitas dan pangkalan militer Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik sekitar 250 sandera, menurut penghitungan Israel.

Penderitaan orang-orang di Deir Al-Balah, yang kembali berpindah tempat tinggal karena berusaha menghindari pertempuran, diperparah oleh penantian yang sejauh ini sia-sia untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

"Sayangnya, kami mungkin mati sebelum melihat berakhirnya perang ini. Semua pembicaraan tentang gencatan senjata adalah kebohongan," Aburakan, 55 tahun, yang telah pindah tempat tinggal lima kali sejak Oktober akibat serangan Israel, kata Reuters melalui aplikasi obrolan.

Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi beberapa kali sejak dimulainya operasi Israel. Bahkan di daerah yang ditetapkan sebagai zona aman, ada laporan rutin tentang korban akibat serangan Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :