Selasa, 17/09/2024 02:10 WIB

Rusia Klaim Gagalkan Serangan Lintas Batas Ukraina di Wilayah Baru Bagian Selatan

Rusia Klaim Gagalkan Serangan Lintas Batas Ukraina di Wilayah Baru Bagian Selatan

Seorang prajurit Ukraina berpatroli di jalan di samping bangunan, yang rusak selama pertempuran di kota Sudzha, wilayah Kursk, Rusia yang dikuasai oleh tentara Ukraina, 16 Agustus 2024. REUTERS

MOSKOW - Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah memukul mundur upaya pasukan Ukraina untuk menyusup ke perbatasannya di wilayah yang berbeda dengan Kyiv serangan ke wilayah Rusia, sementara pesawat nirawak Ukraina menyerang dekat pangkalan udara di Rusia selatan.

Gubernur wilayah Bryansk, Alexander Bogomaz, mengatakan serangan oleh tim sabotase dan pengintaian Ukraina pada hari Rabu digagalkan oleh penjaga perbatasan dan unit militer Rusia.

Serangan itu terjadi sekitar 240 km (150 mil) dari lokasi serangan Ukraina ke wilayah tetangga Kursk di Rusia barat, yang menunjukkan bahwa pemerintah Kyiv bermaksud untuk membawa perang ke lebih banyak wilayah perbatasan.

Pihak berwenang di Kursk mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah mulai memasang tempat perlindungan beton untuk membantu melindungi warga sipil di tengah serangan Ukraina.

Pasukan Ukraina berbaris melalui perbatasan Rusia menuju Kursk pada 6 Agustus dalam serangan mendadak setelah pasukannya gagal memperoleh kemajuan signifikan di wilayah mereka sendiri sejak akhir 2022.

Kyiv telah mengumumkan serangkaian keberhasilan di medan perang sejak melancarkan aksi tersebut, tetapi sementara itu Moskow terus maju di Ukraina timur, menekan pasukan yang kelelahan akibat pertempuran keras selama bertahun-tahun setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa serangan Ukraina telah dihentikan. Ukraina juga terus menggembar-gemborkan kemajuan.

Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov mengatakan kepada delegasi anggota kongres AS yang berkunjung pada hari Rabu bahwa serangan Kyiv terhadap Kursk dimaksudkan untuk melindungi Ukraina.

Umerov mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Tujuan kami di sana (di Kursk) adalah untuk membersihkan perbatasan dari ancaman militer Rusia dan membuat penembakan dan serangan musuh terhadap kota-kota dan desa-desa kami menjadi mustahil."

Serangan itu telah meningkatkan moral warga Ukraina saat mereka bersiap untuk memperingati 33 tahun kemerdekaan dari Uni Soviet pada hari Sabtu.

Namun, Kedutaan Besar AS di Kyiv memperingatkan pada hari Kamis bahwa ada risiko yang meningkat dari serangan rudal dan pesawat nirawak Rusia di seluruh Ukraina dalam beberapa hari mendatang yang terkait dengan Hari Kemerdekaan.

GEROMBOLAN DRONE
Di wilayah Volgograd selatan Rusia, kebakaran terjadi di sebuah fasilitas militer setelah sebuah pesawat nirawak Ukraina menabraknya pada hari Kamis, kata gubernur daerah Andrei Bocharov.

Bocharov, yang memposting di Telegram, mengatakan tidak ada yang terluka dan dia tidak menyebutkan fasilitas apa yang diserang, tetapi mengatakan serangan itu difokuskan pada wilayah desa Marinovka, tempat pangkalan udara militer berada.

Pengawas penerbangan Rosaviatsia mengatakan pembatasan sementara diberlakukan pada hari Kamis di bandara Volgograd, yang tidak menerima atau mengirim pesawat.
Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah menembak jatuh 28 pesawat nirawak di wilayah Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada hari Kamis bahwa ia dan kepala angkatan daratnya telah mengunjungi wilayah perbatasan Sumy di dekat perbatasan dengan Rusia. Pasukan Ukraina telah menguasai satu desa lagi di wilayah Kursk, katanya. Pejabat Ukraina sebelumnya mengatakan Kyiv menguasai lebih dari 90 permukiman di sana.

Staf Umum militer Ukraina mengatakan pertempuran di garis depan timur tetap intens dan bahwa pasukan Rusia telah melancarkan 53 serangan dan tindakan ofensif di garis depan di sebelah timur pusat transportasi Pokrovsk dalam 24 jam terakhir.

Angkatan Laut Ukraina mengatakan pasukannya melakukan serangan terhadap tempat penyimpanan amunisi dan bahan bakar Rusia di Kinburn Spit yang dikuasai Moskow yang menjorok ke Laut Hitam di Ukraina selatan yang diduduki.

Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukannya telah maju di Ukraina timur dan telah mulai memukul mundur pasukan Ukraina di wilayah Kursk, meskipun seorang komandan senior memperingatkan bahwa pasukan Ukraina sedang berkumpul kembali untuk kemungkinan serangan lain.

Ukraina telah menjaga ketat tujuan utamanya di wilayah Kursk tetapi mengatakan telah membentuk zona penyangga dari wilayah yang telah digunakan Rusia untuk menggempur target di Ukraina dengan serangan lintas batas.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :