Selasa, 17/09/2024 02:24 WIB

Kontras dengan Trump, Harris Akhiri Konvensi Partai Demokrat dengan Seruan Lawan Tirani di Seluruh Dunia

Kontras dengan Trump, Harris Akhiri Konvensi Partai Demokrat dengan Seruan Lawan Tirani di Seluruh Dunia

Calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris naik panggung pada Hari ke-4 Konvensi Nasional Demokrat di United Center di Chicago, Illinois, AS, 22 Agustus 2024. REUTERS

CHICAGO - Wakil Presiden Kamala Harris secara resmi menerima nominasi Demokrat untuk presiden pada hari Kamis. Dia membuat seruan yang menggembirakan untuk mengakhiri perang di Gaza dan melawan tirani di seluruh dunia, yang sangat kontras dengan Donald Trump dari Partai Republik.

"Dalam perjuangan abadi antara demokrasi dan tirani, saya tahu di mana saya berdiri dan saya tahu di mana Amerika Serikat berada," kata Harris, menuduh Trump tunduk pada para diktator.

Pada malam terakhir, dan yang paling dinanti-nantikan, dari konvensi Chicago selama empat hari, Harris, 59, berjanji untuk memetakan "Jalan Baru ke Depan" saat ia dan Trump, 78, memasuki 11 minggu terakhir dari kampanye yang sangat ketat.

Harris muncul sebagai kandidat Demokrat sedikit lebih dari sebulan yang lalu ketika sekutu Presiden Joe Biden, 81, memaksanya untuk keluar dari perlombaan.

Itu adalah pidato yang kuat untuk seorang kandidat yang, selama kampanye singkatnya, belum mengartikulasikan banyak visinya untuk negara dan menghadapi serangkaian serangan pribadi dari Trump, yang mengejek warisan Hitam dan Asia Selatannya dan menyebutnya lemah di panggung asing.

Pidato itu memaparkan beberapa prinsip kebijakan umum, dalam dan luar negeri, tetapi tidak menyebutkan rincian spesifik yang dalam beberapa minggu ke depan dapat ditekan untuk diberikannya. Setelah berhari-hari protes dari para pendukung Palestina yang kecewa karena tidak mendapat kesempatan berbicara di konvensi, Harris menyampaikan janji untuk mengamankan Israel, membawa pulang para sandera dari Gaza, dan mengakhiri perang di daerah kantong Palestina tersebut.

"Sekarang saatnya untuk menyelesaikan kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata," katanya disambut sorak sorai. "Dan izinkan saya tegaskan, saya akan selalu membela hak Israel untuk membela diri dan saya akan selalu memastikan Israel memiliki kemampuan untuk membela diri."

"Apa yang terjadi di Gaza selama 10 bulan terakhir sangat menghancurkan. Begitu banyak nyawa tak berdosa yang hilang, orang-orang yang putus asa dan kelaparan terus-menerus melarikan diri demi keselamatan. Skala penderitaan ini memilukan," katanya.

"Presiden Biden dan saya berupaya untuk mengakhiri perang ini sehingga Israel aman, para sandera dibebaskan, penderitaan di Gaza berakhir, dan rakyat Palestina dapat mewujudkan hak mereka atas martabat, keamanan, kebebasan, dan penentuan nasib sendiri."

Dalam beberapa pernyataan kebijakan luar negerinya yang paling kuat hingga saat ini, Harris mengatakan bahwa dia akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk membela kepentingan AS terhadap Iran dan tidak akan berpihak pada para tiran dan diktator.

Dia mengatakan bahwa para pemimpin seperti itu, termasuk Kim Jong Un dari Korea Utara, "mendukung Trump."
Dia berjanji untuk mendukung Ukraina dalam perangnya melawan Rusia dan sekutu NATO.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Harris Walz Konvensi Partai Demokrat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :