Selasa, 17/09/2024 02:39 WIB

AS Desak Proposal Gencatan Senjata Diterima, Hamas Khawatirkan Tuntutan Pasukan Israel Tetap di Gaza

AS Desak Proposal Gencatan Senjata Diterima, Hamas Khawatirkan Tuntutan Pasukan Israel Tetap di Gaza

Pengungsi Palestina berjalan setelah melarikan diri dari bagian barat Khan Younis, menyusul perintah evakuasi oleh tentara Israel, di Jalur Gaza selatan, 21 Agustus 2024. REUTERS

DOHA - Ketidaksepakatan atas kehadiran militer Israel di masa mendatang di Gaza dan atas pembebasan tahanan Palestina menghalangi gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan. Hal itu disebutkan oleh sepuluh sumber yang mengetahui putaran pembicaraan yang dimediasi AS yang berakhir minggu lalu.

Sumber-sumber tersebut, yang mencakup dua pejabat Hamas dan tiga diplomat Barat, mengatakan kepada Reuters bahwa ketidaksepakatan tersebut bermula dari tuntutan yang diajukan Israel sejak Hamas menerima versi proposal gencatan senjata yang diungkapkan oleh Presiden AS Joe Biden pada bulan Mei.

Semua sumber mengatakan Hamas khususnya prihatin dengan tuntutan terbaru untuk tetap menempatkan pasukan di sepanjang Koridor Netzarim, jalur timur-barat yang dibersihkan Israel selama perang saat ini yang mencegah pergerakan bebas warga Palestina antara Gaza utara dan selatan, serta di jalur perbatasan sempit antara Gaza dan Mesir yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

Sumber-sumber tersebut meminta untuk tidak disebutkan namanya agar dapat berbicara bebas tentang masalah-masalah sensitif.

Cengkeraman Israel saat ini di Koridor Philadelphia memberinya kendali atas perbatasan Gaza dengan Mesir, satu-satunya penyeberangan di daerah kantong itu yang tidak berbatasan dengan Israel.

Hamas menganggap Israel telah mengubah persyaratan dan parameternya "pada menit-menit terakhir," dan khawatir konsesi apa pun yang dibuatnya akan dipenuhi oleh lebih banyak tuntutan, salah satu sumber, yang dekat dengan perundingan tersebut, mengatakan kepada Reuters.

Kantor media untuk kelompok militan Palestina tersebut tidak menanggapi permintaan komentar untuk berita ini. Kantor Perdana Menteri Israel Netanyahu tidak menanggapi pertanyaan tentang perundingan tersebut.

Dalam pernyataan pers pada hari Minggu, Hamas mengatakan proposal yang muncul dari perundingan minggu lalu terlalu dekat dengan posisi Netanyahu baru-baru ini yang menetapkan persyaratan baru. Hamas mendesak para mediator untuk tetap berpegang pada implementasi versi Juli dari perjanjian kerangka kerja, daripada memulai perundingan baru.

Dalam sebuah pernyataan sebelum perundingan minggu lalu, kantor Netanyahu membantah membuat tuntutan baru, dengan mengatakan posisinya dibangun berdasarkan proposal sebelumnya.

Dalam pernyataan tersebut, kantor tersebut mengatakan proposal Israel pada bulan Mei menyatakan bahwa hanya warga sipil tak bersenjata yang akan diizinkan untuk kembali ke bagian utara Gaza, melintasi Koridor Netzarim. Kantor tersebut mengatakan usulan baru Israel, yang pertama kali disampaikan pada pertemuan mediator di Roma pada 27 Juli, adalah bahwa mekanisme yang disepakati harus ditetapkan untuk memastikan hal ini, yang menyiratkan tetapi tidak secara khusus menyebutkan kehadiran militer Israel di Netzarim untuk mencegah pergerakan pejuang Hamas.

Menurut sumber kedua yang dekat dengan pembicaraan tersebut, Israel mengusulkan agar kesepakatan untuk mengembalikan warga sipil ke bagian utara Gaza akan disepakati "di kemudian hari".

Hal itu dilihat oleh beberapa mediator dan Hamas sebagai Israel yang menarik kembali komitmen sebelumnya untuk menarik diri dari koridor Netzarim dan mengizinkan pergerakan bebas di dalam Gaza, kata sumber tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengakhiri perjalanan singkat ke wilayah tersebut pada hari Selasa, untuk mencari terobosan. Setelah bertemu Netanyahu, Blinken mengatakan Israel telah menerima usulan baru AS yang ditujukan untuk mempersempit perbedaan antara Israel dan posisi terkini Hamas. Ia mendesak Hamas untuk melakukan hal yang sama.

"Begitu itu terjadi, kami juga harus menyelesaikan perjanjian implementasi terperinci yang sejalan dengan pemberlakuan gencatan senjata," katanya dalam konferensi pers pada hari Selasa.

Kedua belah pihak belum merilis apa yang disebut Blinken sebagai proposal penghubung, dan Reuters belum melihat salinannya.

Seorang diplomat Barat, yang menjelaskan tuntutan terbaru Israel dalam perundingan yang dipimpin AS, mengatakan tampaknya Amerika Serikat telah menerima perubahan yang diusulkan oleh Netanyahu, termasuk pada pengerahan militer Israel yang berkelanjutan di dua koridor tersebut.

Seorang pejabat AS membantah saran itu, dengan mengatakan negosiasi tentang "implementasi" akan bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan mengenai koridor Philadelphia dan Netzarim, jumlah tahanan Palestina dan siapa yang akan dibebaskan di antara topik-topik lainnya.

Blinken juga menepis segala usulan mengenai pendudukan pasukan Israel di Gaza dalam jangka panjang, dengan mengatakan pada konferensi pers bahwa jadwal dan lokasi penarikan militer Israel sudah sangat jelas dalam perjanjian tersebut. eement.

PEMBICARAAN BARU
Putaran pembicaraan berikutnya diharapkan di Kairo dalam beberapa hari mendatang, berdasarkan proposal penghubung AS.

Pimpinan negosiator AS, direktur CIA Bill Burns, mitranya dari Israel, kepala Mossad David Barnea, Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dan pimpinan negosiator Mesir diharapkan hadir, kata sumber yang dekat dengan pembicaraan tersebut. Sheikh Mohammed dari Qatar diharapkan mengunjungi Teheran sebelum menuju Kairo, kata sumber tersebut. Sumber Iran mengatakan Sheikh Mohammed akan berkunjung pada hari Senin.

Kementerian luar negeri Iran tidak menanggapi pertanyaan. CIA menolak berkomentar sesuai dengan kebijakannya untuk tidak mengungkapkan perjalanan Burns.

Dua pejabat Hamas mengatakan proposal AS berisi beberapa perubahan Israel yang mereka tolak, termasuk mengizinkan "keberlanjutan kehadiran militer Israel" di sepanjang penyeberangan dan membebaskan beberapa tahanan Palestina ke pengasingan, daripada ke Gaza atau Tepi Barat, dalam pertukaran sandera.

Namun, seorang pejabat senior pemerintahan AS mengatakan tidak ada apa pun dalam proposal penghubung yang mengubah komitmen yang disepakati sebelumnya pada Koridor Netzarim. Pejabat itu mengatakan setiap pengaturan sementara pada Koridor Philadelphia harus konsisten dengan teks Israel tanggal 27 Mei dan garis besar yang diajukan oleh Biden, sebagaimana didukung oleh Dewan Keamanan PBB. Usulan tersebut mencakup "manfaat besar dan langsung" bagi rakyat Gaza dan menggabungkan sejumlah tuntutan Hamas sebelumnya, kata pejabat tersebut.

Dua sumber, pejabat keamanan di Mesir, mengatakan Israel dan Hamas tampaknya bersedia menyelesaikan perbedaan di semua bidang selain penarikan pasukan Israel.

Tujuan perang Israel termasuk "mengamankan perbatasan selatan," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, mengacu pada Koridor Philadelphia.

Menanggapi pertanyaan Reuters tentang perbedaan pendapat atas usulan gencatan senjata terbaru, layanan informasi negara Mesir merujuk pada pernyataan resmi baru-baru ini yang menekankan dorongan berkelanjutan untuk mencapai kesepakatan dalam pembicaraan di Kairo dan Doha.

Kantor media internasional Qatar tidak berkomentar, tetapi merujuk pada pernyataan yang dikeluarkan Selasa malam setelah perdana menteri Qatar berbicara dengan Blinken, yang mendesak upaya untuk mengamankan gencatan senjata di Gaza. Menanggapi pertanyaan dari Reuters, Departemen Luar Negeri AS merujuk pada pernyataan publik Blinken.

KORIDOR PHILADELPHI
Kontrol atas wilayah perbatasan Koridor Philadelphi antara Gaza dan Mesir, beserta perlintasan perbatasan Rafah, sangat sensitif bagi Kairo.
Mesir siap mengambil lebih banyak langkah keamanan di koridor Philadelphi tetapi menolak kehadiran pasukan Israel di sana, kata sumber keamanan Mesir.

Israel merebut kendali koridor strategis pada bulan Mei, dengan mengatakan bahwa koridor tersebut digunakan oleh Hamas untuk menyelundupkan senjata dan material terlarang ke dalam terowongannya menuju Gaza.

Kemajuan Israel mengakibatkan penutupan penyeberangan Rafah, yang secara drastis mengurangi jumlah bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza, menghentikan sebagian besar evakuasi medis, dan berpotensi menghilangkan peran Mesir sebagai perantara akses di satu-satunya penyeberangan perbatasan menuju Gaza yang tidak dikontrol langsung oleh Israel.

Mesir mengatakan bahwa terowongan yang digunakan untuk penyelundupan ke Gaza telah ditutup atau dihancurkan, bahwa keberadaan Palestina di Rafah harus dipulihkan, dan bahwa zona penyangga koridor Philadelphia dijamin oleh perjanjian damai Mesir-Israel tahun 1979.

Kehadiran pasukan Israel di sepanjang koridor, kata sumber Hamas, akan berarti pendudukan Israel yang berkelanjutan yang akan menghentikan pergerakan bebas warga sipil.

TAHANAN DAN PERDAMAIAN
Kedua pejabat Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa rencana jembatan AS "tidak mencakup gencatan senjata permanen". Dalam usulan bulan Mei, Biden mengatakan gencatan senjata sementara akan menjadi penghentian permusuhan secara permanen, "selama Hamas menepati komitmennya." Para pejabat Hamas mengatakan Israel juga telah memberlakukan hak veto atas pembebasan sekitar 100 tahanan Palestina yang namanya diusulkan Hamas, lanjut usia dan dengan sisa masa hukuman lebih dari 20 tahun.

Masalah tahanan Palestina yang akan dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran sandera yang telah ditahan Hamas di Gaza sejak 7 Oktober sebelumnya dianggap tidak terlalu sulit.

Poin utama yang menjadi perdebatan saat ini adalah posisi Israel bahwa banyak tahanan yang dibebaskan harus segera dideportasi dan diasingkan ke luar Israel, Tepi Barat atau Gaza, kata diplomat Barat dan dua pejabat Hamas.

"Mengingat hal ini, Hamas menolak menerima surat kabar Amerika-Israel," kata salah satu pejabat. Kerangka kerja tiga fase untuk kesepakatan gencatan senjata telah dibahas sejak akhir Desember, tetapi berbagai pertikaian antara Israel dan Hamas mengenai perincian penting telah membuat kesepakatan menjadi mustahil.

Amerika Serikat, bersama dengan mediator Qatar dan Mesir, berupaya agar negosiasi tetap berjalan untuk mengakhiri operasi militer Israel selama 10 bulan di Gaza dan memulangkan para sandera yang ditawan oleh Hamas dan sekutunya pada 7 Oktober.

Perang dimulai pada 7 Oktober ketika orang-orang bersenjata Hamas menyerbu komunitas dan pangkalan militer Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik sekitar 250 sandera, menurut penghitungan Israel. Lebih dari 40.000 orang telah tewas di Gaza, menurut otoritas kesehatan Palestina.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :