Jum'at, 13/09/2024 12:09 WIB

PKB Bakal Umumkan Sikap Politik 2024-2029 di Muktamar

Sikap politik menjadi salah satu butir rekomendasi yang akan disampaikan di penghujung Muktamar PKB

Presiden terpilih Prabowo Subianto temui Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4).

Denpasar, Jurnas.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengumumkan secara resmi sikap politik terhadap pemerintah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam Muktamar yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 24-25 Agustus 2024.

Sikap politik menjadi salah satu butir rekomendasi yang akan disampaikan di penghujung Muktamar PKB, meski sebelumnya Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, sudah menyatakan bakal merapat ke koalisi Partai Gerindra.

"Walau secara informal ketua umum kami sudah menyatakan dalam berbagai forum bahwa PKB menjadi bagian dari pemerintahan Prabowo Subianto, Muktamar ini akan melembagakan sikap politik final dalam pemerintah baru pasca Pak Joko Widodo," kata Wasekjen DPP PKB, Saiful Huda, dalam konferensi pers pada Sabtu (24/8).

Selain penyampaian sikap politik 2024-2029, Muktamar PKB 2024 juga turut membahas penguatan konsolidasi internal, serta mendorong para kader untuk mengambil kepemimpinan eksekutif, termasuk maju sebagai calon gubernur, bupati, dan wali kota.

Khusus mengenai pengusungan calon kepala daerah, Huda mengakui bahwa ada sejumlah perubahan menyusul Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu.

"Ada beberapa perubahan, walaupun tidak drastis. Ada sebagian keputusan pengusungan calon dari PKB, termasuk menyesuaikan apa yang sudah diputuskan oleh MK di beberapa kabupaten/kota. Nanti dalam rekomendasi akan kita lihat," ujar dia.

Muktamar merupakan forum musyawarah tertinggi PKB. Agenda ini akan diawali dengan laporan pertanggungjawaban Gus Muhaimin terkait capaian dan prestasi yang menjadi target Muktamar PKB sebelumnya.

Huda bersyukur di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin, PKB mampu melaksanakan berbagai mandat dengan baik, di antaranya mendorong Gus Muhaimin maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres), serta kenaikan kursi legislatif.

"PKB mengantarkan kader terbaiknya 68 kursi dari 58 kursi periode sebelumnya. Kami sangat bangga dan bersyukur muktamar kali ini dengan capaian dan prestasi yang ditorehkan PKB sesuai mandat muktamar lima tahun sebelumnya," kata dia.

KEYWORD :

Muktamar PKB Sikap Politik Partai Kebangkitan Bangsa Saiful Huda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :