Selasa, 17/09/2024 02:20 WIB

Misi PBB Prihatin atas Mobilisasi Pasukan Bersenjata di Libya yang Timbulkan Kekhawatiran

Misi PBB Prihatin atas Mobilisasi Pasukan Bersenjata di Libya yang Timbulkan Kekhawatiran

Orang-orang menyeberang jalan di Lapangan Martir di Tripoli, Libya, 5 Juli 2021. REUTERS

TRIPOLI - Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Libya mengatakan bahwa mereka prihatin dengan laporan tentang pasukan yang dimobilisasi di Tripoli dan ancaman kekerasan untuk menyelesaikan krisis atas kendali bank sentral.

Wakil kepala misi, Stephanie Koury, mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada Senin bahwa situasi politik dan militer di Libya telah memburuk dengan cepat selama dua bulan sebelumnya, termasuk serangkaian mobilisasi oleh faksi-faksi bersenjata.

"Peragaan kekuatan militer dan konfrontasi bersenjata di lingkungan padat penduduk tidak dapat diterima dan mengancam nyawa dan keamanan warga sipil," kata misi tersebut dalam pernyataannya pada hari Kamis.

Putaran ketegangan terbaru muncul setelah upaya oleh faksi-faksi politik untuk menggulingkan kepala Bank Sentral Libya (CBL) Sadiq al-Kabir, dengan faksi-faksi bersenjata yang bersaing memobilisasi diri di setiap sisi.

Pada hari Jumat, orang yang diusulkan sebagai gubernur pengganti Kabir, Mohammed al-Shokri, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia hanya akan menerima pekerjaan tersebut jika kedua badan legislatif negara yang bersaing mendukungnya.

Libya, produsen minyak utama di Mediterania, memiliki sedikit stabilitas sejak pemberontakan yang didukung NATO pada tahun 2011. Negara itu terpecah pada tahun 2014 antara faksi-faksi timur dan barat yang bertikai, yang akhirnya menarik dukungan Rusia dan Turki. Pertempuran besar terhenti dengan gencatan senjata pada tahun 2020, tetapi upaya untuk mengakhiri krisis politik telah gagal, sehingga faksi-faksi besar tetap bertahan, terkadang terlibat dalam bentrokan bersenjata, dan bersaing untuk menguasai sumber daya ekonomi Libya yang substansial.

Para pemimpin politik negara tersebut diambil dari badan-badan yang dipilih satu dekade atau lebih yang lalu, atau dilantik selama upaya perdamaian internasional berkala untuk mengawasi transisi yang berulang kali gagal. Diplomasi yang ditujukan pada pemilihan nasional untuk menggantikan semua badan politik Libya telah terhenti.

Libya Timur, tempat parlemen bersidang, dikendalikan oleh Tentara Nasional Libya (LNA) milik komandan Khalifa Haftar.

Tripoli dan wilayah barat laut, tempat Pemerintah Persatuan Nasional (GNU) yang diakui secara internasional dan sebagian besar lembaga negara utama bermarkas, merupakan rumah bagi faksi-faksi bersenjata yang bersaing dan telah berulang kali bertempur.

Pada akhir Juli dan awal Agustus, kelompok-kelompok yang bersaing di Libya barat laut saling memobilisasi diri, sementara LNA mengerahkan pasukan ke Libya barat daya, yang memicu kekhawatiran akan terjadinya pertempuran timur-barat.

Sementara itu, parlemen DPR yang berbasis di timur juga telah memperbarui seruan untuk melengserkan GNU dan Dewan Kepresidenan. Kebuntuan juga terjadi di Dewan Tinggi Negara, salah satu badan legislatif yang diakui secara internasional, setelah pemungutan suara yang diperebutkan atas kepemimpinannya.

Ketegangan atas kendali bank sentral meningkat setelah kepala Dewan Kepresidenan Mohammed al-Menfi mengeluarkan keputusan untuk mengganti Kabir dan dewan, sebuah langkah yang ditolak oleh parlemen.

KEYWORD :

Kendali Bank Sentral Libya Pasukan Bersenjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :