Selasa, 17/09/2024 02:10 WIB

Jumlah Sumbangan Perusahaan Makanan yang Diterima Partai Demokrat Meningkat Menjelang Pilpres AS

Jumlah Sumbangan Perusahaan Makanan yang Diterima Partai Demokrat Meningkat Menjelang Pilpres AS

Presiden Joe Biden berjalan dengan Anggota DPR AS Steven Horsford saat singgah di sebuah toko kelontong di Las Vegas, Nevada, AS, 16 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Tingkat sumbangan politik dari perusahaan makanan besar yang diterima oleh anggota parlemen Demokrat telah meningkat pada siklus pemilihan kongres ini, bahkan ketika banyak Demokrat menuduh jaringan grosir AS dan pemasok mereka menaikkan harga dengan mengorbankan konsumen, analisis Reuters terhadap data Komisi Pemilihan Federal menunjukkan.

Demokrat punya alasan untuk fokus pada harga pangan, yang telah naik 25% antara tahun 2019 dan 2023. Jajak pendapat Reuters/Ipsos menunjukkan ekonomi adalah perhatian utama pemilih dan mereka memiliki kepercayaan yang lebih tinggi pada Partai Republik untuk mengelolanya.

Puluhan Demokrat telah meningkatkan seruan mereka sejak Kroger (KR.N), toko grosir terbesar di negara itu berdasarkan pendapatan, mengusulkan merger senilai $24,6 miliar dengan pesaing yang lebih kecil Albertsons (ACI.N). Tantangan Komisi Perdagangan Federal terhadap kesepakatan tersebut, yang menurutnya buruk bagi pembeli dan pekerja, akan diadili di pengadilan federal Oregon mulai hari Senin.

PAC Albertsons sejauh ini telah menyumbang $291.500, lebih dari tiga kali lipat dari $90.000 selama siklus pemilihan 2021-2022. PAC Kroger juga berjalan lebih cepat, setelah menyumbangkan $141.000 sejauh ini, naik dari $140.500 untuk keseluruhan siklus 2021-2022.

Setidaknya 154 anggota parlemen Demokrat atau organisasi penggalangan dana mereka telah menerima sumbangan dari beberapa perusahaan makanan terkemuka selama siklus kampanye saat ini. Itu termasuk 51 anggota Kongres Demokrat - satu dari lima - yang telah melakukannya sambil secara terbuka mengecam keserakahan perusahaan dalam industri makanan.

Beberapa anggota Senat Demokrat yang paling rentan - Sherrod Brown dari Ohio, Bob Casey dari Pennsylvania, dan Tammy Baldwin dari Wisconsin - termasuk di antara mereka yang mengkritik taktik perusahaan makanan dan menerima sumbangan mereka.

Enam puluh lima anggota Kongres Demokrat dan komite penggalangan dana afiliasinya telah menerima 94 sumbangan dari komite aksi politik Kroger dan Albertsons dengan total $185.000, menurut data FEC hingga Juni 2024.
Sumbangan kedua perusahaan itu dikerdilkan oleh Walmart (WMT.N), yang PAC-nya telah menyumbang setidaknya $441.500 untuk Demokrat dalam pemilihan ini.

PAC perusahaan secara hukum diizinkan untuk memberikan hingga $10.000 untuk kampanye dan biasanya menyumbang untuk kedua partai. Secara keseluruhan, 58% dari gabungan sumbangan Kroger dan Albertsons diberikan kepada kampanye kongres Partai Republik pada siklus ini.

Enam puluh delapan anggota Kongres saat ini telah bersumpah untuk tidak menerima uang PAC perusahaan, menurut kelompok End Citizens United, naik dari 59 dua tahun lalu. Para aktivis mengatakan para anggota parlemen perlu menyadari bahwa hal itu mungkin disertai dengan syarat.

"Perusahaan besar seperti ini tidak hanya memberikan uang kepada pejabat terpilih untuk kesehatan mereka, mereka melakukannya untuk mengharapkan semacam keuntungan," kata Morgan Harper, direktur kebijakan di Fight Corporate Monopolies. "Keuntungan itu sering kali dapat berupa upaya untuk menghentikan roda pemerintahan agar tidak bergerak untuk menegakkan hukum terhadap mereka."

Wakil Presiden Kamala Harris juga menjadikan tindakan keras terhadap penimbunan harga sebagai fokus pidato ekonomi utama pertama dalam kampanye presidennya.

MENGECAM `KESERAKAHAN`
Casey, yang menghadapi pertarungan pemilihan ulang yang ketat di Pennsylvania, mengatakan Mondelez International (MDLZ.O), memicu "keserakahan" dengan mengecilkan kerupuk Wheat Thins dan Double Stuf Oreos, dan mengkritik Procter & Gamble (PG.N), untuk harga tisu toilet, sabun cuci piring, dan pasta gigi.

Kampanyenya menerima sumbangan $1.000 dari PAC untuk kedua perusahaan, yang memasok pengecer termasuk Kroger dan Albertsons.

Kampanye Casey mengatakan mengkritik para donor menunjukkan independensi.
"Bob Casey adalah pejuang independen yang akan selalu membela para pekerja melawan keserakahan perusahaan dan perusahaan yang menipu warga Pennsylvania," kata seorang juru bicara kampanye.

Seorang juru bicara Mondelez mengatakan perusahaan mempertimbangkan "berbagai kriteria termasuk posisi pada isu kebijakan publik yang penting bagi bisnis kami, keberadaan karyawan atau fasilitas kami di distrik atau negara bagian kandidat dan keanggotaan komite kunci atau posisi kepemimpinan" saat memberikan sumbangan kampanye.

Brown, yang upayanya untuk terpilih kembali di Ohio dinilai sebagai salah satu yang paling menantang bagi Demokrat karena mereka berusaha mempertahankan mayoritas Senat mereka 51-49, tahun lalu menerima $2.500 dari PAC Kroger yang berpusat di Cincinnati dan $5.000 dari PAC Albertsons. Brown juga merupakan satu-satunya anggota parlemen yang menerima sumbangan dari CEO dari kedua jaringan toko grosir tersebut, yang keduanya menyumbang maksimum $6.600.

Ia secara umum menyalahkan pengeluaran perusahaan untuk pembelian kembali saham dan bonus eksekutif sebagai penyebab kenaikan harga bahan makanan. Ia mendukung kesepakatan Kroger-Albertsons karena perusahaan-perusahaan tersebut tergabung dalam serikat pekerja.

"Jika penggabungan ini dilakukan dengan benar, dan Kroger memastikan bahwa para pekerja memiliki hak untuk berunding, perusahaan tersebut berpotensi menjadi salah satu perusahaan dengan serikat pekerja terbesar dalam industri yang semakin didominasi oleh perusahaan-perusahaan raksasa yang tidak tergabung dalam serikat pekerja," kata juru bicara Brown, Kevin Donohoe.

Serikat Pekerja Makanan dan Komersial Internasional, yang mewakili para pekerja di kedua jaringan tersebut, menentang penggabungan tersebut.

Baldwin dari Wisconsin menuduh General Mills (GIS.N), tentang harga yang "menipu" karena mengecilkan kotak sereal Cocoa Puffs sebanyak 1,2 ons tetapi mengenakan harga yang sama. Sejak saat itu, kampanye Baldwin menerima total $7.500 dari PAC General Mills.

Kampanye Baldwin tidak menanggapi permintaan komentar.
Anggota Kongres dari Partai Demokrat juga mengecam kenaikan harga di industri pengemasan daging tetapi masih menerima setidaknya $286.000 dalam bentuk sumbangan kampanye pada siklus ini dari JBS USA, Tyson Foods (TSN.N), dan Cargill.
Albertsons menolak berkomentar. Perusahaan lain yang disebutkan tidak menanggapi permintaan komentar.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Harris Walz Konvensi Partai Demokrat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :