Selasa, 17/09/2024 00:43 WIB

Gus Imin Umumkan Formasi DPP PKB 2024-2029 Senin Besok

Gus Imin mengatakan dirinya akan mengumumkan formasi tersebut pada Senin (26/8) besok di Jakarta.

Ketua Umum DPP PKB 2024-2029, Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Muti/Jurnas.com)

Denpasar, Jurnas.com - Pasca terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2024-2029 secara aklamasi, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin dituntut mengatur formasi kepengurusan, guna menjalankan roda kepemimpinan selama lima tahun ke depan.

Saat ditemui media usai penutupan Muktamar PKB 2024 di Nusa Dua, Bali, pada Minggu (25/8), Gus Imin mengatakan dirinya akan mengumumkan formasi tersebut pada Senin (26/8) besok di Jakarta.

"Malam ini tuntas, Insya Allah kami akan umumkan besok hari Senin di Jakarta," kata Gus Imin.

Dalam kepengurusan kali ini, Gus Imin akan berduet dengan KH Ma`ruf Amin yang juga terpilih untuk menjadi Ketua Dewan Syuro PKB. Dalam jangka pendek, Gus Imin dan Kiai Ma`ruf akan mulai menggodok persiapan guna menghadapi konstelasi politik selama lima tahun mendatang.

"Pemilu ini sistemnya harus diubah total. Pemilu ini sistemnya betul-betul memakan sesama warga bangsa, kompetisinya sadis, uang menjadi panglima, sehingga kami harus bekerja all-out pada orang-orang yang tidak memiliki biaya," ujar Gus Imin.

Adapun mengenai absennya presiden terpilih, Prabowo Subianto dalam penutupan Muktamar PKB 2024, dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Gus Imin mengklaim Prabowo melalui ajudannya sudah berkomunikasi akan berhalangan hadir karena kondisi tubuh yang kurang fit.

"Beliau tiba-tiba kondisinya agak masuk angin, kurang sehat, sehingga beliau titip salam untuk semuanya," kata dia.

Penunjukan Gus Imin sebagai Ketum DPP PKB secara aklamasi lahir setelah 38 DPW dan 514 DPC PKB se-Indonesia kompak menerima laporan pertanggungjawaban Gus Imin untuk periode 2019-2024.

Pasca terpilih, dirinya tak terlalu khawatir mengenai rumor Muktamar PKB tandingan yang disuarakan oleh PBNU. Sebab, Muktamar PKB di Bali sah secara konstitusional.

"Itu liar, tidak ada aturan hukum Indonesia yang memberikan keleluasaan kepada orang-orang yang enggak jelas dari mana," ujar Gus Imin.

KEYWORD :

Muktamar PKB Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :