Selasa, 17/09/2024 02:48 WIB

Wamendes PDTT Dorong Masyarakat Desa Jadi Wirausahan Baru

Wamendes PDTT Dorong Masyarakat Desa Jadi Wirausahan Baru

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo dalam kegiatan Workshop Nasional Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT di Jakarta (Foto: Kemendes PDTT)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Paiman Raharjo mendorong masyarakat desa untuk menjadi wirausahawan baru melalui program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD).

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan `Workshop Nasional Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD)` yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT di Jakarta, Senin (26/8/2024).

"Esensi dari program (TEKAD) adalah untuk mewujudkan masyarakat desa yang mampu berkontribusi dalam mempercepat pembangunan ekonomi di desa dengan pendekatan berbasis potensi lokal," kata Wamendes Paiman.

Program TEKAD untuk sementara ini, sudah meliputi sembilan provinsi dan 25, kabupaten khususnya di Indonesia bagian timur, yang diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat desa mengenai pentingnya membangun ekonomi melalui potensi alam.

Program TEKAD yang melingkupi wilayah Indonesia Timur yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya dan Papua Barat.

Lebih lanjut, Wamendes Paiman mengatakan, Program TEKAD merupakan inisiatif yang mendukung prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Janka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Transformasi ekonomi masih menjadi agenda pembangunan sampai mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Saya menggaris bawahi bahwa Program TEKAD yang selama ini dijalankan sudah menunjukkan arah menuju transformasi ekonomi yang dimaksud," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa (PEID) Harlina Sulistyorini mengatakan, akan menggandeng pemerintah daerah (Pemda) dalam mendukung keberlanjutan Program TEKAD.

"Keberlanjutan ini seperti tadi kita saksikan bersama, kita sudah bersama-sama berkomitmen dengan pemerintah provinsi dan kabupaten bagaimana mengawal keberlanjutan ini kan, bisa melalui pengawalan provinsi, kabupaten, maupun dari desa," kata Dirjen Harlina.

Dalam agenda workshop nasional TEKAD Tahun 2024 meliputi Gubernur pada 9 Provinsi, Bupati pada 25 Kabupaten, Kepala Dinas PMK Provinsi atau sebutan lainnya, Kepala Dinas PMK Kabupaten atau sebutan lainnya, Kepala Bappeda Kabupaten.

Serta Tim Pelaksana Kegiatan Program TEKAD, Koordinator TPK Provinsi, Koordinator TPK Kabupaten, Peserta Pusat Kementerian / Lembaga, serta peserta lingkup Kementerian Desa PDTT.

KEYWORD :

Wamendes PDTT Paiman Raharjo Masyarakat Desa Wirausaha Baru Program TEKAD Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :