Selasa, 17/09/2024 02:09 WIB

Jenderal Tertinggi AS Lakukan Perjalanan Mendadak ke Timur Tengah saat Ancaman Iran Membayangi

Jenderal Tertinggi AS Lakukan Perjalanan Mendadak ke Timur Tengah saat Ancaman Iran Membayangi

Jenderal Angkatan Udara AS C.Q. Brown, berpidato di sebuah konferensi kepala pertahanan Afrika di Gaborone, Botswana pada 25 Juni 2024. REUTERS

AMMAN - Jenderal tertinggi AS memulai kunjungan mendadak ke Timur Tengah pada Sabtu untuk membahas cara-cara menghindari eskalasi baru dalam ketegangan yang dapat berubah menjadi konflik yang lebih luas, saat kawasan itu bersiap menghadapi ancaman serangan Iran terhadap Israel.

Jenderal Angkatan Udara C.Q. Brown, ketua Kepala Staf Gabungan, memulai perjalanannya di Yordania dan mengatakan dia juga akan melakukan perjalanan ke Mesir dan Israel dalam beberapa hari mendatang untuk mendengar perspektif para pemimpin militer.

Kunjungannya dilakukan saat Amerika Serikat berupaya mencapai kesepakatan gencatan senjata untuk sandera di Gaza yang sulit dicapai antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas, yang menurut Brown akan "membantu meredakan ketegangan," jika tercapai.

"Pada saat yang sama, saat saya berbicara dengan rekan-rekan saya, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah segala jenis eskalasi yang lebih luas dan memastikan kita mengambil semua langkah yang tepat untuk (menghindari) ... konflik yang lebih luas," kata Brown kepada Reuters sebelum mendarat di Yordania.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah berupaya membatasi dampak dari perang di Gaza antara Hamas dan Israel, yang kini telah berlangsung selama 11 bulan. Konflik tersebut telah meratakan sebagian besar wilayah Gaza, memicu bentrokan perbatasan antara Israel dan gerakan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran, dan memicu serangan oleh Houthi Yaman terhadap pengiriman barang di Laut Merah.

Sementara itu, pasukan AS telah diserang oleh milisi yang berpihak pada Iran di Suriah, Irak, dan Yordania. Dalam beberapa minggu terakhir, militer AS telah memperkuat pasukannya di Timur Tengah untuk berjaga-jaga terhadap serangan besar baru oleh Iran atau sekutunya, dengan mengirimkan kelompok penyerang kapal induk Abraham Lincoln ke wilayah tersebut untuk menggantikan kelompok penyerang kapal induk Theodore Roosevelt.

Amerika Serikat juga telah mengirimkan skuadron Angkatan Udara F-22 Raptor ke wilayah tersebut dan mengerahkan kapal selam rudal jelajah.

"Kami membawa kemampuan tambahan untuk mengirim pesan yang kuat guna mencegah konflik yang lebih luas ... tetapi juga untuk melindungi pasukan kami jika mereka diserang," kata Brown, dengan mengatakan bahwa menjaga keamanan pasukan Amerika adalah "yang terpenting."

TANGGAPAN IRAN
Iran telah bersumpah untuk memberikan tanggapan keras terhadap pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, yang terjadi saat ia mengunjungi Teheran akhir bulan lalu dan yang dituduhkan kepada Israel. Israel tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya.

Hizbullah juga telah mengancam akan memberikan tanggapan setelah Israel membunuh seorang komandan senior Hizbullah di Beirut bulan lalu. Iran belum secara terbuka mengindikasikan apa yang akan menjadi target tanggapan akhir terhadap pembunuhan Haniyeh, tetapi pejabat AS mengatakan mereka memantau dengan saksama tanda-tanda bahwa Iran akan menepati ancamannya.

"Kami tetap bersikap, mengamati pergerakan (intelijen) dan pasukan," kata Brown.
Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri Iran yang baru Abbas Araqchi mengatakan kepada mitranya dari Prancis dan Inggris dalam percakapan telepon bahwa merupakan hak negaranya untuk membalas, menurut kantor berita resmi IRNA.

Pada tanggal 13 April, dua minggu setelah dua jenderal Iran tewas dalam serangan terhadap kedutaan Teheran di Suriah, Iran melepaskan rentetan ratusan pesawat tanpa awak, rudal jelajah, dan rudal balistik ke arah Israel, merusak dua pangkalan udara. Israel, Amerika Serikat, dan sekutu lainnya berhasil menghancurkan hampir semua senjata sebelum mencapai target mereka.

Brown tidak berspekulasi tentang apa yang mungkin dilakukan Iran dan sekutunya, tetapi mengatakan ia berharap untuk membahas berbagai skenario dengan mitranya dari Israel. "Khususnya, saat saya berinteraksi dengan mitra saya di Israel, bagaimana mereka akan menanggapi, tergantung pada tanggapan yang datang dari Hizbullah atau dari Iran," kata Brown.

Perang saat ini di Jalur Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023, ketika orang-orang bersenjata Hamas menyerbu komunitas Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik sekitar 250 sandera, menurut penghitungan Israel.

Sejak itu, kampanye militer Israel telah mengusir hampir seluruh 2,3 juta penduduk daerah kantong Palestina itu dari rumah mereka, yang menyebabkan kelaparan dan penyakit yang mematikan serta menewaskan sedikitnya 40.000 orang, menurut otoritas kesehatan Palestina.

KEYWORD :

Israel Iran Lebanon Amerika Eskalasi Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :