Rabu, 18/09/2024 15:06 WIB

Atasi Kenaikan Biaya Rumah Tangga AS, Harris Janji akan Bangun Perumahan saat Terpilih

Atasi Kenaikan Biaya Rumah Tangga AS, Harris Janji akan Bangun Perumahan saat Terpilih

Calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris berpidato di panggung pada Hari ke-4 Konvensi Nasional Demokrat di United Center di Chicago, Illinois, AS, 22 Agustus 2024. REUTERS

WASHINGTON - Calon presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris berjanji untuk membangun lebih banyak perumahan sebagai pusat upaya untuk mengatasi kenaikan biaya yang telah membebani rumah tangga AS. Hal tersebut membuat kepemilikan rumah di luar jangkauan banyak warga Amerika.

Meskipun Harris sengaja menghindari beberapa kebijakan khusus dalam pencalonan presidennya yang baru berjalan sebulan, ia telah menjabarkan rencana terperinci untuk memacu pembangunan baru dan mengurangi biaya bagi penyewa dan pembeli rumah, sebagian besar melalui insentif pajak.

"Kita akan mengakhiri kekurangan perumahan di Amerika," katanya saat menerima nominasi presiden dari Partai Demokrat minggu lalu.

Kampanye calon presiden dari Partai Republik Donald Trump juga telah berjanji untuk mengurangi biaya melalui keringanan pajak dan pengurangan regulasi. Namun, selama kampanye, ia telah membela pembatasan perumahan lokal yang mencegah banyak jenis perumahan terjangkau dibangun.

Pemilih menilai biaya perumahan sebagai kekhawatiran ekonomi terpenting kedua mereka, setelah kekhawatiran akan kenaikan harga dan pendapatan yang stagnan, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos pada bulan Mei.

Konstruksi perumahan anjlok selama krisis keuangan 2007-2009 dan lambat pulih pada tahun-tahun berikutnya, membuat Amerika Serikat kekurangan 2,9 juta unit, menurut Moody`s Analytics.

Kekurangan bahan bangunan akibat pandemi mendorong kenaikan harga perumahan baru, sementara kenaikan suku bunga membuat hipotek menjadi lebih mahal.
Harga rumah di AS telah naik 50% dalam lima tahun terakhir dan sewa telah naik 35%, menurut perusahaan real estat Zillow.

Rencana perumahan Harris dapat membantunya memenangkan hati para pemilih dalam pemilihan umum di mana masalah ekonomi menjadi yang terpenting, kata Alyssa Cass, seorang ahli strategi Demokrat yang mengatakan bahwa masalah tersebut merupakan perhatian utama dalam kelompok fokus.

"Apa pun yang dapat mengurangi biaya perumahan adalah musik di telinga para pemilih," katanya. Pada kampanye di North Carolina pada 16 Agustus, Harris menyerukan pembangunan 3 juta unit rumah lagi dalam empat tahun, di atas sekitar 1 juta unit yang dibangun setiap tahun oleh sektor swasta, melalui kredit pajak baru bagi pengembang yang membangun rumah yang ditujukan bagi pembeli rumah pertama kali dan kredit pajak sebesar $25.000 bagi pembeli tersebut.

Ia juga mengusulkan dana sebesar $40 miliar untuk mendorong pemerintah daerah membangun perumahan yang lebih terjangkau, menyederhanakan regulasi, dan memperluas bantuan sewa, di antara langkah-langkah lainnya.

Komite Anggaran Federal yang Bertanggung Jawab, sebuah kelompok pengawas nonpartisan, memperkirakan kebijakan tersebut akan menelan biaya sedikitnya $200 miliar selama 10 tahun.

Jika terpilih sebagai presiden, Harris mungkin akan kesulitan memberlakukan kebijakan tersebut menjadi undang-undang karena proposal serupa dari Presiden Joe Biden gagal lolos di Kongres.

Posisi Trump kurang jelas. Platform Partai Republik menyerukan peningkatan kepemilikan rumah melalui keringanan pajak dan penghapusan regulasi, meskipun tidak menguraikan secara spesifik. Namun, Trump juga menentang usulan untuk melonggarkan pembatasan zonasi lokal yang mencegah pembangunan apartemen, dupleks, dan bentuk perumahan terjangkau lainnya di lingkungan yang diperuntukkan bagi rumah keluarga tunggal.

"Saya terus mendengar tentang wanita pinggiran kota yang tidak menyukai Trump," katanya dalam acara kampanye di Howell, Michigan minggu lalu. "Saya menjaga pinggiran kota tetap aman. Saya menghentikan pembangunan menara-menara bagi orang berpenghasilan rendah di samping rumah mereka, dan saya menjauhkan para imigran ilegal dari pinggiran kota."

Calon wakil presiden Trump, Senator AS JD Vance, menyalahkan imigran atas kekurangan perumahan.

Jenny Schuetz, seorang pakar perumahan di Brookings Institution yang nonpartisan, mengatakan bahwa komentar itu merupakan "sinyal peringatan yang tidak terlalu halus" yang mengingatkan kita pada pertikaian perumahan yang bermuatan rasial pada tahun 1970-an, ketika penduduk kulit putih menolak upaya untuk mengintegrasikan daerah pinggiran kota.

"Mencoba membingkai keterjangkauan perumahan sebagai masalah sosial, bukan masalah ekonomi, tidak membantu untuk benar-benar mengatasi masalah tersebut," katanya.

Selama masa jabatan presiden Trump tahun 2017-2021, menteri perumahannya Ben Carson mengusulkan pelonggaran aturan zonasi tetapi tidak mengambil tindakan. Baru-baru ini, ia menyerukan penentangan terhadap segala upaya untuk melemahkan zonasi rumah keluarga tunggal dalam Proyek 2025, sebuah rencana kebijakan konservatif yang telah ditolak oleh kampanye Trump.

Harris belum mengatakan apakah dia akan mendorong pemerintah daerah untuk melonggarkan peraturan zonasi, tetapi dia telah terlibat dalam upaya pemerintahan Biden yang lebih luas untuk pembangunan perumahan.

Pada bulan Juni, ia mengumumkan hibah sebesar $85 juta kepada 21 pemerintah daerah untuk menghilangkan "hambatan terhadap perumahan yang terjangkau," termasuk mereformasi kebijakan penggunaan lahan di beberapa daerah. Pemerintahan Biden berencana untuk mendistribusikan $100 juta lagi akhir tahun ini.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Janjikan Perumahan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :