Jum'at, 20/09/2024 06:07 WIB

Sekjen PBB Mengeluarkan SOS untuk Kepulauan Pasifik yang Paling Parah Terdampak Pemanasan Air Laut

Sekjen PBB Mengeluarkan SOS untuk Kepulauan Pasifik yang Paling Parah Terdampak Pemanasan Air Laut

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres berbicara di Museum Sejarah Alam Amerika di New York City, AS, 5 Juni 2024. REUTERS

TONGA - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengatakan pada hari Selasa bahwa suhu laut di Kepulauan Pasifik meningkat tiga kali lipat dari tingkat di seluruh dunia. Padahal wilayah itu populasinya "sangat rentan" terhadap dampak kenaikan permukaan laut.

Berbicara kepada wartawan di Tonga tempat Forum Kepulauan Pasifik diadakan, Guterres menyoroti temuan laporan yang menunjukkan bahwa Pasifik Barat Daya paling parah dilanda kenaikan muka air laut, di beberapa tempat lebih dari dua kali lipat rata-rata global dalam 30 tahun terakhir.

"Saya di Tonga untuk mengeluarkan SOS global – Selamatkan Laut Kita – tentang kenaikan muka air laut," katanya.

"Naiknya muka air laut meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan gelombang badai dan banjir pesisir. Banjir ini membanjiri masyarakat pesisir. Merusak perikanan. Merusak tanaman. Mengontaminasi air tawar. Semua ini menempatkan negara-negara Kepulauan Pasifik dalam bahaya besar," katanya.
Air mengembang saat menghangat, yang berkontribusi terhadap kenaikan muka air laut, katanya.

Perubahan iklim dan keamanan mendominasi diskusi pada pertemuan tahunan para pemimpin selama seminggu, di mana 18 anggota Forum Kepulauan Pasifik mencakup negara-negara atol yang terancam oleh kenaikan muka air laut seperti tuan rumah Tonga, dan salah satu pengekspor batu bara terbesar di dunia, Australia.

Ketika ditanya oleh seorang reporter tentang ekspor bahan bakar fosil Australia, Guterres mengatakan bahan bakar fosil harus dihapuskan secara global, meskipun "situasi di berbagai negara berbeda" dan akan ada berbagai cara untuk melakukannya.

Tidak semua orang mampu atau ingin atau mungkin ingin memasang panel surya di rumah atau bisnis mereka.

Laporan yang dirilis pada hari Selasa oleh Organisasi Meteorologi Dunia menunjukkan suhu laut di Pasifik Barat Daya meningkat hingga tiga kali lipat dari tingkat di seluruh dunia.

"Kepulauan Pasifik sangat terekspos. Ini adalah wilayah dengan ketinggian rata-rata hanya satu hingga dua meter di atas permukaan laut," kata Guterres.

"Separuh infrastruktur berada dalam jarak 500 meter dari laut," tambahnya.
Tanpa pemangkasan emisi global, Kepulauan Pasifik dapat mengalami kenaikan muka air laut tambahan sebesar 15 cm (5,9 inci) pada tahun 2050 dan banjir pesisir selama 30 hari dalam setahun, katanya.

Ia menyerukan para pemimpin global untuk "secara besar-besaran meningkatkan investasi adaptasi iklim" di negara-negara yang rentan.

Dana "kerugian dan kerusakan" untuk membantu negara-negara miskin mengatasi bencana iklim yang mahal telah disetujui pada pertemuan puncak iklim PBB tahun lalu, setelah bertahun-tahun melobi oleh kelompok-kelompok termasuk Kepulauan Pasifik, membuka tab baru, tetapi tantangannya tetap untuk menarik kontribusi yang signifikan terhadap dana tersebut dari negara-negara yang lebih kaya.

"Negara-negara maju harus memenuhi komitmen keuangan mereka – termasuk komitmen untuk menggandakan keuangan adaptasi menjadi setidaknya $40 miliar per tahun pada tahun 2025," kata Guterres.

KEYWORD :

Pemanasan Air Laut Sekjen PBB Peringatan Darurat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :