Kamis, 19/09/2024 10:26 WIB

Gus Halim: Dana Desa Tingkatkan Ekonomi dan Kualitas Hidup Warga Desa

Gus Halim: Dana Desa Tingkatkan Ekonomi dan Kualitas Hidup Warga Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) dalam Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendataan Desa Bagi Pendamping Desa di Jakarta (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar membeberkan manfaat Dana Desa terhadap pembangunan desa-desa di seluruh pelosok Indonesia.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini menjelaskan, selama periode 2015 hingga 2023, pemerintah telah mengucurkan Dana Desa sebesar Rp 539 triliun, yang telah berhasil meningkatkan status desa dan berdampak positif pada ekonomi serta kualitas hidup warga desa.

“Capaian output yaitu 350.777 km jalan desa, 6.706 embung, 603.348 unit irigasi, 33.897 unit sarana olahraga, 536.907 unit MCK dan 1.742.886 sarana air bersih,” papar Gus Halim dalam Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendataan Desa Bagi Pendamping Desa di Jakarta, Selasa (27/08/2024).

Gus Halim menegaskan bahwa capaian ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah dalam mempercepat pembangunan desa. Diharapkan, hal ini dapat memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional serta pemerataan kesejahteraan di Indonesia.

Di penghujung masa jabatannya, Gus Halim kembali menekankan pentingnya mengukur kemajuan desa melalui berbagai indikator yang mencerminkan peningkatan kualitas hidup, ekonomi, infrastruktur, dan kesejahteraan masyarakat.

Indikator-indikator tersebut lanjut Gus Halim, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing desa serta digunakan untuk evaluasi dan perencanaan program pembangunan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

“Indeks Desa harus menjadi sebuah jawaban alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan dan kemandirian di suatu desa. Itulah pentingnya acara sosialisasi dan bimtek ini,” ujar Gus Halim sembari meminta maaf kepada jajarannya selama menjabat sebagai Mendes PDTT.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Gus Halim Dana Desa Pembangunan Desa Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :


TERKINI