Sabtu, 14/09/2024 11:11 WIB

Telegram Sebut CEO Pavel Durov Tidak Sembunyikan Apapun tentang Penangkapan Dirinya di Paris

Telegram Sebut CEO Pavel Durov Tidak Sembunyikan Apapun tentang Penangkapan Dirinya di Paris

Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov menyampaikan pidato utama selama Kongres Dunia Seluler di Barcelona, ​​Spanyol, 23 Februari 2016. REUTERS

PARIS - Pavel Durov, pendiri Telegram kelahiran Rusia yang ditangkap di Paris, tidak menyembunyikan apa pun dan tidak masuk akal untuk meminta pertanggungjawaban pemilik atas penyalahgunaan platform perpesanan dan media sosial tersebut, kata Telegram dalam sebuah pernyataan.

Durov, seorang miliarder berusia 39 tahun, ditangkap di bandara Le Bourget di luar Paris tak lama setelah mendarat dengan jet pribadi pada Sabtu malam dari Azerbaijan.

Penangkapan CEO Telegram tersebut memicu peringatan dari Moskow ke Paris bahwa ia harus diberikan hak-haknya, dan kritik dari pemilik X Elon Musk yang mengatakan bahwa kebebasan berbicara di Eropa sedang diserang.

Telegram, dalam pernyataan singkat, membuka tab baru yang dirilis setelah tengah malam waktu Paris, tidak memberikan perincian penangkapan tersebut tetapi mengatakan perusahaan yang berpusat di Dubai tersebut mematuhi hukum Uni Eropa dan moderasinya "sesuai standar industri dan terus ditingkatkan."

"CEO Telegram Pavel Durov tidak menyembunyikan apa pun dan sering bepergian ke Eropa," kata Telegram. "Tidak masuk akal untuk mengklaim bahwa suatu platform atau pemiliknya bertanggung jawab atas penyalahgunaan platform tersebut."

"Kami sedang menunggu penyelesaian segera dari situasi ini. Telegram bersama Anda semua."

Durov, yang memiliki kewarganegaraan ganda Prancis dan Uni Emirat Arab, ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan awal polisi atas dugaan mengizinkan berbagai kejahatan karena kurangnya moderator di Telegram dan kurangnya kerja sama dengan polisi, kata sumber polisi Prancis.

Unit polisi keamanan siber dan unit polisi antipenipuan nasional Prancis memimpin penyelidikan, kata sumber tersebut, seraya menambahkan bahwa hakim investigasi tersebut memiliki spesialisasi dalam kejahatan terorganisasi.

Telegram didirikan oleh Durov, yang meninggalkan Rusia pada tahun 2014 setelah ia menolak untuk memenuhi tuntutan untuk menutup komunitas oposisi di platform media sosial VK miliknya, yang telah ia jual.

Aplikasi terenkripsi tersebut, dengan hampir 1 miliar pengguna, sangat berpengaruh di Rusia, Ukraina, dan negara-negara bekas Uni Soviet. Aplikasi ini menduduki peringkat sebagai salah satu platform media sosial utama setelah Facebook, YouTube, WhatsApp, Instagram, TikTok, dan WeChat.

Durov, yang lahir di Leningrad Soviet dan lulus dari Universitas Negeri St. Petersburg, mencantumkan pandangan politiknya sebagai "libertarian" dan mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh Steve Jobs, salah satu pendiri Apple.

Diperkirakan oleh Forbes memiliki kekayaan sebesar $15,5 miliar, Durov mengatakan pada bulan April bahwa beberapa pemerintah telah berusaha untuk menekannya, tetapi aplikasi tersebut harus tetap menjadi platform yang netral dan bukan "pemain dalam geopolitik".

Durov, yang penangkapannya menjadi berita utama di Rusia, muncul dengan ide untuk aplikasi pengiriman pesan terenkripsi saat menghadapi tekanan dari otoritas Rusia. Adik laki-lakinya, Nikolai, merancang enkripsi tersebut.

"Saya lebih suka bebas daripada menerima perintah dari siapa pun," kata Durov pada bulan April tentang kepergiannya dari Rusia dan pencarian rumah untuk perusahaannya, yang mencakup tugas di Berlin, London, Singapura, dan San Francisco.

Anggota parlemen Rusia Maria Butina, yang menghabiskan 15 bulan di penjara AS karena bertindak sebagai agen Rusia yang tidak terdaftar, mengatakan Durov "adalah tahanan politik - korban perburuan oleh Barat."

KEYWORD :

CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :