Sabtu, 14/09/2024 11:11 WIB

Kekeringan di Sisilia Italia Makin Parah, Warga Keluarkan 300 Euro per Bulan untuk Beli Air

Kekeringan di Sisilia Italia Makin Parah, Warga Keluarkan 300 Euro per Bulan untuk Beli Air

Seorang pria memasang pipa air ke truk tangki di tengah kekurangan air di kota Sisilia, Alcamo, Italia, 8 Agustus 2024. REUTERS

CALTANISSETTA - Kekeringan di pulau Sisilia, Italia, telah menjadi begitu parah sehingga banyak penduduk kota Caltanissetta telah dua bulan tidak mendapatkan air bersih, yang menghasilkan keuntungan besar bagi penjual swasta yang tidak berizin.

Dalam situasi yang lebih mudah dikaitkan dengan negara berkembang daripada ekonomi Eropa yang maju, ribuan warga Sisilia mendapatkan air dari individu dan kelompok yang mendistribusikannya dari truk tangki yang dioperasikan sendiri dengan harga yang meningkat.

Setelah empat tahun curah hujan jauh di bawah rata-rata historis, pemerintah Italia mengumumkan keadaan darurat pada bulan Mei untuk mencoba mengelola sumber daya dengan lebih baik hingga musim hujan musim gugur, tetapi sejak itu keadaan menjadi semakin buruk.

Air dijatah di puluhan kota di Sisilia bagian tengah, membuat warga bergantung pada pasokan dari truk tangki yang dapat menghabiskan biaya rata-rata 300 euro ($333) per bulan bagi keluarga dan bisnis.

"Setiap 15 atau 20 hari saya harus memanggil truk air untuk mengisi tangki yang saya miliki di rumah," kata Alberto Micciche, yang tinggal di distrik Poggio Fiorito di pinggiran Caltanissetta. Biaya truk bermuatan 8.000 liter telah berlipat ganda dari tahun lalu menjadi sekitar 100 euro, kata Micciche. Ia kemudian harus membayar biaya listrik tambahan untuk memompa air dari tangki ke dapur atau kamar mandinya.

"Hanya menyalakan keran saja sudah mahal," katanya.

Di wilayah Caltanissetta lainnya, pihak berwenang memastikan pasokan air rutin hanya selama beberapa jam per minggu atau setiap dua minggu, tergantung pada lingkungannya.

Kekurangan air kronis bukanlah hal baru bagi warga Sisilia. Banyak di antaranya memiliki tangki penyimpanan di atap atau di bawah tanah untuk menghadapi periode kelangkaan. Tetapi kini terbukti tidak cukup karena kekeringan menjadi lebih lama dan lebih parah.

`SEPERTI DIPERAS`
Perusahaan yang membutuhkan pasokan air minum yang konstan, seperti restoran, jengkel karena permintaan melebihi pasokan dan harga melambung tinggi.

"Banyak pemilik truk tangki tahu bahwa kami dalam masalah dan memanfaatkan situasi ini, seperti diperas," kata Michele Tornatore, pemilik restoran bernama `Sale e Pepe` (garam dan merica) di Caltanissetta.

"Jika truk tangki bisa mendapatkan air, mengapa tidak ada air?" katanya.

Secara resmi, air dianggap sebagai barang publik dan tidak dapat dijual oleh perorangan, yang dapat memiliki sumur pribadi hanya untuk penggunaan pribadi.

Hanya truk tangki swasta yang memiliki izin yang dapat mendistribusikan air yang mereka ambil dari sumber publik, dengan mengenakan biaya transportasi. Untuk melakukannya, mereka sendiri harus membayar tarif kepada perusahaan air resmi setempat.

Namun, aturan tersebut sering dilanggar, dengan potensi risiko terhadap kesehatan masyarakat. Banyak truk tangki tidak terdaftar dan beroperasi tanpa pengawasan atau regulasi, mengalirkan air dari sumber yang tidak terkontrol dan kualitasnya tidak pasti.

Pihak berwenang di beberapa kota Sisilia telah mendenda ribuan euro tahun ini karena mendistribusikan air yang tidak sah dan menjual air yang terkontaminasi.
Salvatore Cocina, direktur departemen perlindungan sipil Sisilia, mengatakan pulau itu tengah mencari sumber air baru dan memperbaiki sumur-sumur yang terbengkalai, tetapi situasinya begitu kritis sehingga dalam kasus-kasus luar biasa, wali kota harus menggunakan kewenangan mereka untuk menyita sumur-sumur pribadi untuk sementara.

"Seperti dalam kasus darurat COVID-19, semua orang harus melakukan bagian mereka," katanya kepada Reuters.

Oscar Aiello, anggota dewan kota Caltanissetta, menggunakan wortel daripada tongkat dengan mencoba membujuk pemilik sumur untuk berbagi air berharga mereka secara sukarela. Ia mengunggah di Facebook bulan ini bahwa kemurahan hati mereka "akan dihargai".

KEYWORD :

Sisilia Italia Kekeringan Tanpa Air




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :