Sabtu, 14/09/2024 11:11 WIB

Donald Trump Hadapi Dakwaan Federal AS yang Direvisi dalam Kasus Subversi Pemilu 2020

Donald Trump Hadapi Dakwaan Federal AS yang Direvisi dalam Kasus Subversi Pemilu Tahun 2020

Calon presiden dari Partai Republik AS Donald Trump berpidato di sebuah rapat umum di Glendale, Arizona, AS, 23 Agustus 2024. REUTER

WASHINGTON - Donald Trump menghadapi dakwaan federal yang direvisi pada hari Selasa yang menuduhnya secara ilegal mencoba untuk membatalkan kekalahannya dalam pemilu 2020, dengan jaksa mempersempit pendekatan mereka setelah putusan Mahkamah Agung AS bahwa mantan presiden memiliki kekebalan luas dari tuntutan pidana.

Tim Penasihat Khusus AS Jack Smith memperoleh dakwaan pengganti dalam kasus Washington, meskipun sangat tidak mungkin untuk melanjutkan ke pengadilan sebelum pemilihan 5 November ketika Trump dari Partai Republik menghadapi Wakil Presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris.

Dakwaan yang direvisi tersebut memaparkan empat dakwaan yang sama yang diajukan jaksa terhadap mantan presiden tahun lalu, tetapi dakwaan ini berfokus pada peran Trump sebagai kandidat politik yang ingin dipilih kembali, bukan sebagai presiden saat itu.

Mahkamah Agung memutuskan pada tanggal 1 Juli bahwa Trump setidaknya dianggap kebal dari tuntutan pidana atas tindakan yang berada dalam kewenangan konstitusionalnya sebagai presiden.

Hakim Distrik AS Tanya Chutkan di Washington diperkirakan akan memutuskan dalam beberapa minggu mendatang aspek mana dari kasus tersebut yang harus dibatalkan berdasarkan keputusan kekebalan Mahkamah Agung.

Pengacara Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar.
Trump dalam sebuah pernyataan di platform media sosial Truth miliknya mengatakan bahwa putusan kekebalan Mahkamah Agung seharusnya menyebabkan seluruh kasus dibatalkan, dengan mengatakan, "Smith menulis ulang kasus yang sama persis dalam upaya untuk menghindari Keputusan Mahkamah Agung."

Trump mengaku tidak bersalah atas dakwaan awal, mengecam kasus ini dan kasus-kasus lain yang dihadapinya sebagai upaya bermotif politik untuk mencegahnya kembali berkuasa.

Jajak pendapat menunjukkan Harris unggul tipis secara nasional atas Trump sejak Presiden Demokrat Joe Biden mengakhiri upaya pemilihannya kembali bulan lalu.

Dakwaan ini, seperti dakwaan awal, menuduh Trump melakukan konspirasi multi-bagian untuk memblokir sertifikasi kekalahan pemilunya terhadap Biden.

Berkas ini berisi tuduhan bahwa Trump menekan Wakil Presiden Mike Pence saat itu untuk menggunakan perannya dalam memimpin sertifikasi kongres atas pemilihan umum pada 6 Januari 2021, guna menolak suara elektoral dari negara bagian medan pertempuran yang dikalahkan Trump.

"Terdakwa tidak memiliki tanggung jawab resmi terkait dengan proses sertifikasi, tetapi ia memiliki kepentingan pribadi sebagai kandidat untuk ditetapkan sebagai pemenang pemilihan umum," demikian bunyi dakwaan yang direvisi, bahasa yang tidak muncul dalam dokumen dakwaan asli.

Sekelompok pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol AS pada tanggal 6 Januari dalam upaya menghentikan sertifikasi kongres, yang masih menjadi bagian dari kasus terhadap Trump.

FOKUS PADA KAMPANYE
Dakwaan yang direvisi tidak lagi memuat tuduhan bahwa Trump berusaha menekan Departemen Kehakiman AS saat ia mencoba membatalkan kekalahannya dalam pemilu, sebuah upaya yang jelas untuk mempertahankan penuntutan setelah pengadilan tinggi memutuskan bahwa Trump tidak dapat dituntut atas tindakan tersebut.

Dakwaan tersebut menghapus referensi kepada Jeffrey Clark, seorang pejabat senior Departemen Kehakiman pemerintahan Trump yang diduga berusaha membantu upayanya untuk merusak hasil pemilu, sebagai rekan konspirator, dan kepada mantan Jaksa Agung AS Bill Barr, yang diduga memberi tahu Trump bahwa klaimnya tentang kecurangan pemilih yang meluas tidak benar.

Bradley Moss, seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam keamanan nasional, mengatakan dakwaan yang direvisi mencerminkan "upaya yang jelas oleh Departemen Kehakiman untuk mempersempit cakupan informasi faktual" untuk menanggapi putusan Mahkamah Agung tentang kekebalan.

Dakwaan yang direvisi setebal 36 halaman, sembilan halaman lebih pendek dari aslinya, bergantung pada kesaksian dan bukti utama dari para saksi yang sebagian besar berada di luar pemerintah federal, seperti mantan Ketua DPR Arizona Rusty Bowers. Menurut dakwaan tersebut dia ditekan oleh Trump dan seorang rekan konspirator untuk mengadakan sesi khusus untuk mengadakan sidang berdasarkan pernyataan palsu tentang kecurangan pemilih.

Kasus tersebut, salah satu dari empat tuntutan pidana yang dihadapi Trump, telah ditunda selama berbulan-bulan sementara Trump mengajukan klaim kekebalannya. Keputusan Mahkamah Agung 6-3 didukung oleh mayoritas konservatif yang mencakup tiga hakim yang dicalonkan oleh Trump.

Pada bulan Mei, Trump dihukum oleh juri New York karena memalsukan dokumen untuk menutupi pembayaran uang tutup mulut kepada seorang bintang porno. Ia akan dijatuhi hukuman pada tanggal 18 September meskipun ia telah meminta hakim untuk menunda hukuman hingga setelah pemilihan umum tanggal 5 November.

Langkah Smith diambil menjelang batas waktu hari Jumat atau kantornya dan pengacara Trump untuk mengusulkan jalan ke depan dalam kasus subversi pemilu menyusul putusan kekebalan Mahkamah Agung.

KEYWORD :

Donald Trump Konspirasi Batalkan Pemilu Presiden Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :