Jum'at, 20/09/2024 01:14 WIB

Demo Pengemudi Ojol, Polda Metro Kawal dan Terjunkan 1784 Personel

Ribuan pengemudi ojek online (ojol) diinformasikan melakukan aksinya di depan Istana Merdeka

Mobil Patroli Kepolisian Polda Metro Jaya. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Hari ini diinformasikan ribuan pengemudi ojek online (ojol) se-Jabodetabek bersama pengantar kurir akan menggelar aksi demo di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mempersiapkan timnya untuk melakukan pengamanan mengawal jalannya aksi dengan menerjunkan 1.784 personel.

"Pengamanan untuk kegiatan unjuk rasa diturunkan sebanyak 1.784 personel," kata Kombes Pol Susatyo melalui keterangan tertulis, Kamis (29/8/2024).

Dikatakannya, personel gabungan yang dikerahkan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda Jakarta dan instansi terkait.

Ia menambahkan, kepolisian turut menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas. Pemberlakuan bersifat situasional. Artinya, pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas tergantung dinamika di lapangan.

"Bila nanti di sekitar obyek vital ada massa cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," jelasnya.

Dijelaskan Susatyo, seluruh personel yang terlibat pengamanan diimbau untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi dan pelayanan secara humanis.

Selain itu, Susatyo mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan peserta aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi dapat berjalan aman dan tertib sesuai harapan semua.

"Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya." Pungkas Susatyo.

KEYWORD :

Ojek Online Polda Metro Istana Merdeka aksi demo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :