Rabu, 18/09/2024 21:54 WIB

CIA Ungkap Rencana Teroris akan Bunuh Puluhan Ribu Orang di Konser Taylor Swift di Austria

CIA Ungkap Rencana Teroris akan Bunuh Puluhan Ribu Orang di Konser Taylor Swift di Austria

CIA Ungkap Rencana Teroris akan Bunuh Puluhan Ribu Orang di Konser Taylor Swift di Austria. (FOTO: KEVIN MAZUR/GETTY)

JAKARTA - "Puluhan ribu" penggemar menjadi sasaran upaya teroris/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">teroris yang digagalkan pada pertunjukan Taylor Swift di Wina baru-baru ini, seorang pejabat CIA mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu (28/8/2024).

Wakil Direktur CIA David S. Cohen berbagi rincian baru tentang rencana teror yang digagalkan yang membatalkan ketiga konser Eras Tour yang direncanakan bintang pop berusia 34 tahun itu di Austria awal bulan ini selama KTT Intelijen tahunan di luar Washington, DC, lapor The New York Times dan NBC News.

"Mereka berencana membunuh sejumlah besar orang, puluhan ribu orang di konser ini, saya yakin banyak warga Amerika," kata Cohen.

"Pihak Austria berhasil melakukan penangkapan tersebut karena badan intelijen dan mitra kami di komunitas intelijen memberi mereka informasi tentang rencana kelompok yang terkait ISIS ini," lanjutnya.

Promotor konser Barracuda Music mengumumkan pembatalan tersebut pada tanggal 7 Agustus, dengan menuliskan bahwa mereka “tidak punya pilihan selain membatalkan” pertunjukan pada tanggal 8, 9 dan 10 Agustus untuk memprioritaskan keselamatan semua peserta.

Selama pertemuan puncak hari Rabu, Cohen tidak mengungkapkan bagaimana CIA mengetahui dugaan rencana tersebut, meskipun lembaga tersebut telah waspada terhadap negara lain mengenai rencana teroris/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">teroris, Times melaporkan.

Tiga orang telah ditangkap, termasuk seorang warga Austria berusia 19 tahun yang dianggap sebagai tersangka utama.

Tersangka lain yang ditangkap adalah seorang warga Austria berusia 17 tahun dan seorang warga Irak berusia 18 tahun. Nama-nama tersangka belum dirilis. Pihak berwenang mengatakan bahwa rencana tersebut terinspirasi oleh kelompok ISIS, menurut Associated Press.

Dalam konferensi pers pada 8 Agustus, Omar Haijawi-Pirchner, kepala Direktorat Keamanan Negara dan Intelijen Austria, mengatakan tersangka Austria berusia 19 tahun itu mengaku bermaksud "melakukan serangan" di konser Taylor Swift "dengan menggunakan bahan peledak dan pisau ," menurut NBC News, CNN dan Le Monde.

"Tujuannya adalah untuk membunuh dirinya sendiri dan sejumlah besar orang selama konser hari ini atau besok," tambahnya, menurut Le Monde.

Times melaporkan bahwa sekitar 200.000 orang diperkirakan menghadiri ketiga pertunjukan tersebut.

Dalam unggahan panjang di Instagram setelah rangkaian Eras Tour di Eropa selesai, penyanyi itu menceritakan mengapa awalnya ia memilih untuk bungkam.

“Pembatalan pertunjukan kami di Wina sungguh menghancurkan. Alasan pembatalan itu membuat saya takut dan sangat bersalah karena begitu banyak orang yang berencana datang ke pertunjukan itu,” tulisnya dalam sebuah posting pada 21 Agustus.

“Namun, saya juga sangat berterima kasih kepada pihak berwenang karena berkat mereka, kami berduka atas konser dan bukan nyawa.”

Taylor Swift dan timnya bekerja sama erat dengan pihak berwenang Inggris untuk memastikan bahwa lima malamnya di Stadion Wembley London berjalan tanpa insiden, tulisnya.

"Saya tegaskan: Saya tidak akan berbicara di depan umum jika menurut saya hal itu dapat memancing orang-orang yang ingin menyakiti penggemar yang datang ke pertunjukan saya," lanjutnya.

"Dalam kasus seperti ini, `diam` sebenarnya menunjukkan pengendalian diri, dan menunggu untuk mengekspresikan diri di saat yang tepat. Prioritas saya adalah menyelesaikan tur Eropa kami dengan aman, dan saya merasa sangat lega karena kami berhasil melakukannya." (*)

 

 

KEYWORD :

Seputar Musik Kabar Artis Taylor Swift Eras Tour Austria teroris teror




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :