Kamis, 19/09/2024 01:31 WIB

Protes Kecurangan Pemilu Venezuela Berlanjut, Badan Internasional Serukan Rilis Penghitungan Suara

Protes Kecurangan Pemilu Venezuela Berlanjut, Badan Internasional Serukan Rilis Penghitungan Suara

Pemimpin oposisi Venezuela Maria Corina Machado memimpin pawai di tengah pemilihan presiden yang disengketakan, di Caracas, Venezuela, 17 Agustus 2024. REUTERS

CARACAS - Protes jalanan yang damai dan tekanan internasional masih berpotensi untuk menggulingkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro, kata pemimpin oposisi Maria Corina Machado. Protes sengketa pemilu kini mencapai satu bulan dan jalan oposisi untuk mengklaim kekuasaan tampak sempit.

Perselisihan mengenai kontes 28 Juli telah memicu seruan internasional untuk merilis penghitungan suara lengkap, protes mematikan, dan langkah jaksa penuntut negara untuk menyelidiki oposisi dan menangkap wartawan.

Machado mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Reuters bahwa oposisi memiliki "strategi yang kuat" untuk mengklaim kemenangan. Dia tidak memberikan rincian tetapi menambahkan bahwa dia dan mantan kandidat oposisi Edmundo Gonzalez bersatu.

"Koordinasi antara kekuatan internal dan eksternallah yang akan mencapai perubahan," kata Machado, yang telah muncul dalam pawai tetapi bersembunyi sejak pemungutan suara, melalui panggilan video. "Apa yang tersisa bagi Maduro hari ini? Sekelompok prajurit berpangkat tinggi yang sangat sedikit, kendali hakim dari (pengadilan tinggi) dan senjata ... dia menebar ketakutan."

Otoritas pemilihan umum nasional Venezuela dan pengadilan tingginya menobatkan Maduro sebagai pemenang pemilu, dengan mengatakan ia hanya memperoleh lebih dari setengah suara dalam pemilu tersebut.

Namun, penghitungan dari sekitar 80% kotak suara yang diunggah di situs web oposisi menunjukkan kemenangan gemilang bagi Gonzalez, yang memberinya dukungan 67%.

Beberapa negara Barat, hampir semua negara demokrasi di Amerika, dan badan-badan internasional seperti panel ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan agar penghitungan suara lengkap dirilis, dengan beberapa menuduh adanya kecurangan langsung oleh partai yang berkuasa.

Dewan pemilihan umum belum mengunggah penghitungan terperinci, dengan mengatakan serangan siber pada hari pemilihan memengaruhi sistemnya.

Ketika ditanya apakah Maduro, yang mengatakan Machado dan Gonzalez harus dipenjara karena memicu kekerasan dalam protes, dapat tetap berkuasa dengan dukungan kendali militer, Machado berkata "tidak, sama sekali tidak." Beberapa jam setelah Machado berbicara kepada Reuters, ia mengunggah di media sosial bahwa "rezim Nicolas Maduro telah menculik" Perkins Rocha, seorang pengacara untuk gerakan Vente Venezuela dan teman pribadinya.

"Kami terus bergerak maju, untuk Perkins, untuk semua yang dipenjara dan dianiaya, dan untuk seluruh Venezuela," kata Machado di X.

PANGGILAN YANG DIABAIKAN
Wawancara itu dilakukan pada hari yang sama ketika Gonzalez mengabaikan, untuk kedua kalinya, panggilan untuk hadir di kantor jaksa agung guna memberikan kesaksian tentang situs web oposisi.

Gonzalez, seorang mantan diplomat berusia 74 tahun, mengabaikan panggilan pertamanya pada hari Senin dan surat perintah penangkapan dapat dikeluarkan untuknya jika ia mengabaikan panggilan ketiga.

Warga Venezuela merasa marah dan sakit hati atas penindasan dan kesengsaraan ekonomi yang mendalam di negara itu, kata Machado.

Ketika ditanya apakah perasaan itu dapat menyebabkan protes keras, Machado mengatakan ia yakin warga Venezuela memahami cara "mengelola kekuasaan kami." "Ada strategi kuat yang kami majukan secara bersamaan di banyak bidang: opini publik nasional, menjaga agar rakyat kami tetap fokus pada tujuan," katanya. "Kita tidak boleh meremehkan rakyat... Rakyat diberi informasi, selaras, saling melindungi, dan mengecam penyalahgunaan kekuasaan rezim."

Protes sejak pemungutan suara telah menyebabkan sedikitnya 27 kematian dan 2.400 penangkapan, dan baik oposisi maupun partai yang berkuasa telah meminta para pendukung untuk berdemonstrasi pada hari Rabu, peringatan satu bulan pemungutan suara.

Pejabat partai yang berkuasa menuduh oposisi mempromosikan kekerasan dan Jaksa Agung Tarek Saab meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap pemimpin oposisi Machado, Gonzalez, dan situs web tersebut bulan ini. Penahanan tokoh oposisi dan pengunjuk rasa terus berlanjut dalam beberapa minggu sejak itu, karena majelis nasional yang dikendalikan partai yang berkuasa meloloskan undang-undang yang memperketat aturan tentang organisasi nonpemerintah, dan serikat pekerja mengecam dugaan pengunduran diri paksa pegawai negeri yang menganut pandangan pro-oposisi.

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Oposisi Maduro Klaim Menang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :