Rabu, 18/09/2024 21:49 WIB

DPR Sambut Positif Kerjasama Pertahanan Indonesia dan Australia

Kerjasama ini menunjukkan pentingnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia dalam menghadapi tantangan keamanan regional maupun global.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid menyambut positif penandatanganan kerjasama pertahanan Indonesia dan Australia. Penandatangan kerjasama kedua negara diwakili oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Australia, Richard Donald Marles di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/8).

Menurut dia, kesepakatan ini mencerminkan komitmen kuat prinsip good neighbor kedua negara untuk mengembangkan kemitraan pertahanan yang mendukung stabilitas global.

"Kerjasama ini menunjukkan pentingnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia dalam menghadapi tantangan keamanan regional maupun global," kata Meutya Hafid dalam keterangan resminya, Jumat (30/8).

Dia menjelaskan, kedua negara berkomitmen bekerja sama dengan prinsip good neighbor bersama mitra regional lainnya untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang sejahtera dan damai.

"Kerja sama ini bukanlah aliansi militer ataupun pakta militer, Indonesia dan Australia yang ingin meneruskan dan memelihara hubungan erat dan persahabatan yang sudah sangat baik," jelasnya.

Di samping itu, Politikus Golkar ini menuturkan, kerjasama yang terjalin akan memperkuat stabilitas dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik yang merupakan salah satu wilayah dengan potensi konflik yang tinggi.

"Melalui kerjasama ini, Indonesia dan Australia sebagai "good neighbor dapat berkolaborasi dalam menghadapi tantangan keamanan modern seperti terorisme, kejahatan lintas negara, konflik maritim, dan potensi tantangan lainnya," demikian Meutya Hafid.

 

KEYWORD :

Warta DPR Ketua Komisi I Meutya Hafid kerjasama pertahanan Indonesia Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :