Minggu, 15/09/2024 10:18 WIB

KPK Ingatkan Kaesang Pangarep Hidup Sederhana

Ketua PSI itu seharusnya bisa menjadi role model dalam upaya pencegahan korupsi.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata memberikan keterangan dalam konferensi pers.

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengingatkan kepada putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep untuk hidup sederhana.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu seharusnya bisa menjadi role model dalam upaya pencegahan korupsi. Terlebih PSI pernah ikut program Pendidikan Politik Cerdas Berintegritas.

“Kami mendorong saudara Kaesang itu supaya di dalam perilaku kehidupan sehari-hari maupun selaku ketua partai politik juga bisa menjadi role model, nilai antikorupsi. Salah satunya apa? Hidup sederhana,” kata Alexander kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu, Alex menyatakan KPK akan segera meminta klarifikasi terkait dugaan gratifikasi berupa fasilitas pesawat jet pribadi dari PT Shopee Internasional Indonesia saat Kaesang dan istrinya, Erina Gudono bepergian ke Amerika Serikat.

Alexander mengatakan surat undangan klarifikasi sedang disiapkan untuk dikirim kepada Kaesang yang juga merupakan adik dari Gibran Rakabuming Raka selaku mantan Wali Kota Solo.

“Kenapa kami membutuhkan penjelasan dari saudara Kaesang terkait hal ini, karena kami menduga patut diduga, ada kaitannya dengan penyelenggara negara. Kan kita tahu orang tua dari saudara Kaesang seperti itu,” ucapnya.

Lembaga antikorupsi itu juga terbuka apabila Kaesang ingin lebih dulu menjelaskan soal penggunaan jet pribadi tersebut. Namun, proses klarifikasi bisa terus berjalan sesuai kebutuhan.

KPK bisa mengklarifikasi Kaesang meskipun yang bersangkutan saat ini bukan sebagai penyelenggara negara. KPK dimandatkan Undang-undang untuk mengusut kasus dugaan korupsi termasuk gratifikasi.

"Kalau KPK tidak melakukan klarifikasi, ini bisa jadi modus untuk melakukan pencucian uang atau apa pun tentunya atau aset. Kalau kami mendapat informasi dari masyarakat seperti itu dan kami tidak mengklarifikasi, ya enggak benar juga," kata Alex.

Sebelumnya Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun telah melaporkan Kaesang ke KPK atas dugaan penerimaan gratifikasi berupa fasilitas jet pribadi pada Rabu 28 Agustus 2024.

Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono tengah menjadi sorotan publik karena menaiki pesawat jet pribadi saat perjalanan ke Amerika Serikat.

Erina ketika itu mengunggah momen menaiki pesawat jet pribadi di akun media sosialnya. Dia juga mengunggah foto makan roti seharga Rp400 ribu dan stroller bayi diduga seharga puluhan juta rupiah.

Keduanya kemudian disoroti juga usai diduga membawa belanjaan mewah dari Amerika Serikat tanpa pemeriksaan Bea Cukai.

Dalam video yang beredar, keduanya turun dari jet Gulfstream N568SE langsung menuju ke mobil Toyota Alphard yang diparkirkan di apron pesawat.

KEYWORD :

KPK Kaesang Pangarep Pesawat Jet Pribadi Shopee Indonesia Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :